HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

8 Gerakan Olahraga untuk Melatih Kekuatan Otot Tubuh Inti

Dipublish tanggal: Jun 19, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
8 Gerakan Olahraga untuk Melatih Kekuatan Otot Tubuh Inti

Tidak hanya tubuh sehat saja yang menjadi dambaan semua orang. Akan tetapi memiliki tubuh yang six pack pun juga banyak diincar oleh hampir semua orang yang ingin tampil dengan tubuh yang gagah. Untuk menciptakan tubuh yang six pack dan sehat, dibutuhkan pelatihan khusus untuk bisa melatih kekuatan pada otot tubuh inti.

Susah ada banyak tempat fitness yang menyediakan berbagai jenis dan macam alat untuk berolahraga. Anda bisa menggunakan berbagai jenis alat olahraga sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin melatih kekuatan otot inti dalam tubuh, Anda bisa melakukan 8 gerakan olahraga seperti berikut ini:

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Gerakan seated leg lift

Gerakan yang pertama yaitu seated leg lift yaitu dengan duduk dilantai dan kedua kaki diluruskan ke depan. Kemudian kencangkan otot inti sambil bersandar sedikit, sehingga akan menempatkan kedua tangan Anda pada kedua sisi bokong. 

Anda dapat mengambil napas dalam-dalam kemudian angkat kaki satu Anda sehingga 15 cm dari permukaan. Tahan kaki hingga 5 detik setelah itu daratkan kaki ke lantai. Ulangi gerakan ini menggunakan kaki yang satunya.

Gerakan tubuh chair dips

Chair dips dilakukan untuk membentuk otot pada bagian dada, bahu dan trisep. Anda bisa memposisikan tangan sesuai dengan lebar bahu kursi, lalu angkat badan perlahan menggunakan tangan, tekuk bagian lutut pada arah belakang, kemudian turunkan tubuh secara perlahan. Anda bisa mengulangi gerakan ini berulang-ulang.

Gerakan Bird-Dog Crunch

Gerakan yang ketiga ini yaitu dengan memposisikan tubuh merangkak di kaki, kemudian tangan ditempatkan di bawah pinggul dan bahu sejajar dengan lutut. Kemudian angkat tangan kanan dan rentangkan lengan ke depan setinggi bahu. Secara bersamaan, Anda dapat mengangkat kaki kiri kemudian merentangkan ke belakang secara langsung. 

Semua tubuh harus terentang lurus, yaitu dari ujung jari kanan ke jari kaki kiri. Setelah itu, bawa kaki kiri menyentuh hingga siku kanan pada perut bagian bawah. Lalu kembalikan lengan dan kaki di posisi awal.

Gerakan Standing Bicycle Crunch

Gerakan ini mengharuskan Anda untuk berdiri menggunakan kedua kaki selebar pinggul dengan kedua tangan diletakkan pada bagian kepala belakang. Setelah itu Anda mengencangkan otot inti dengan punggung dan bahu dengan lurus. Angkat siku kiri dan kaki kanan agar lutut kanan bisa menyentuh siku kiri.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Gerakan Sit-up

Untuk memulai gerakan sit up, Anda bisa duduk dilantai, menekuk lutut dan tumit menyentuh bagian lantai. Letakkan kedua tangan di kepala. Pastikan kaki tetap menginjak lantai dan rebahkan tubuh hingga punggung bisa rata dengan lantai. Angkat tubuh ke atas dan turunkan kembali.

Gerakan Spider Plank Crunch

Letakkan tangan menapak ke tanah di bawah bahu, kaki diluruskan dan jari kaki menunjuk ke tanah. Angkat kaki kanan dan bawa lutut ke arah siku kanan bagian luar. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang.

Gerakan Pull up

Pull up bisa dilakukan dengan mengangkat bagian badan menggunakan tangan yang sudah bertumpu pada palang. Posisikan tangan agar bisa selebar bahu kemudian genggam palang pull up. Naikkan tubuh hingga dada agar bisa sejajar dengan palang. Tahan dan turunkan.

Gerakan Plyometric push up

Tekuk kedua tangan dan angkat ke atas dengan satu tangan secara bergantian menggunakan tangan yang lainnya. Dalam 3 set, Anda bisa mengulangi gerakan ini sebanyak 10 kali.

Kekuatan untuk inti tubuh setiap masing-masing orang dapat dilatih. Oleh karena itu, lakukan ke 8 gerakan seperti di atas untuk memperkuat otot inti tubuh.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Best Core Exercises: Top 10 Moves, from Beginner to Advanced. Healthline. (https://www.healthline.com/health/best-core-exercises)
Hip flexor exercises: Stretches to strengthen. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/320489.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app