6 Kebiasaan yang Bisa Merusak Kesehatan Tulang Belakang

Dipublish tanggal: Jul 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
6 Kebiasaan yang Bisa Merusak Kesehatan Tulang Belakang

Masalah punggung menjadi lebih umum di abad ke-21 dan biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang kurang beraktivitas dan terlalu sering memegang / melihat gadget. 

Mungkin ada banyak alasan untuk postur tubuh yang buruk dan rasa sakit kronis, tetapi para ilmuwan mengungkapkan penyebab utama yang menyebabkan tulang belakang mengalami kelainan adalah kebiasaan yang kita lakukan sendiri. 

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Sakit Leher 5 Kali Visit Di NK Health

Untuk pemulihan pasien yang mengalami keluhan pada leher, seperti tightness pada otot-otot sekitar leher sampai ke pundak, timbul gejala neurologis yang terjadi pada penjalaran saraf cervical pada vertebrae dengan menggunakan exercise dan manipulasi. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang (Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi sakit leher 5x visit di nk health

Berikut adalah 6 kebiasaan yang dapat merusak kesehatan tulang belakang yang perlu Anda hindari

1. Salah Posisi Saat Mengangkat Barang

Begitu banyak orang membuat kesalahan ini! Kita lupa memeriksa posisi tubuh saat kita mengangkat barang, namun terlalu banyak gerakan seperti ini bisa sangat merusak punggung Anda. Saat mengangkat barang berat yang ada di lantai, upayakan punggung tetap lurus dan upayakan beban bertumpu pada paha bukan pada punggung.

2. Sering Duduk atau Berdiri Dengan Postur yang Buruk

Seberapa sering Anda memikirkan postur Anda? Jika Anda seperti kebanyakan orang, makan Anda jarang memperhatikan postur tubuh Anda. Contoh postur tubuh yang buruk adalah bahu yang membungkuk, kepala menunduk, lutut terkunci, memberikan banyak tekanan pada tulang belakang.

Postur yang baik menjaga tubuh Anda seimbang dan membantu menghindari penekanan pada tulang belakang yang dapat menyebabkan trauma dalam jangka panjang. Seperti apa postur yang baik ketika berdiri:

  • Kaki sedikit terpisah
  • Lutut lurus
  • Kepala sedikit agak menunduk
  • Bahu tegap

Postur yang baik membuat tubuh Anda seimbang. Pastikan untuk memeriksa dan memperbaiki postur tubuh Anda saat menjalani aktivitas sehari-hari. Setelah Anda memperbaiki postur tubuh Anda, Anda akan menemukan tulang belakang Anda terasa lebih nyaman.

3. Jarang Olahraga dan Berat Badan Berlebih

Gaya hidup yang kurang gerak telah menjadi hal yang biasa di masyarakat kita saat ini. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidak berolahraga secara teratur dan kelebihan berat badan lebih mungkin menderita cedera punggung dan mengalami rasa sakit kronis. Untuk mencegah hal itu terjadi pada Anda, Anda dapat mulai berolahraga saat ini juga! 

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Pasca Stroke 5 Kali Visit di NK Health

Untuk Pemulihan Pasien, pasca pemulihan dari rawat inap stroke. Latihan termasuk Anamnesa dan Tes Khusus, dengan terapi Bobath Method, Breathing Exercise, PNF (Procioceptive Neuromuscular Stabilization), Modality dan Exercise Therapy. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi pasca stroke 1x visit di nk health

Anda perlu memasukan aktivitas olahraga ke dalam aktivitas harian Anda. Dengan rajin berolahraga juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang belakang dan akan membantu Anda menurunkan berat badan yang tidak diinginkan.

4. Mengabaikan Rasa Sakit

Tidak seorang pun dari kita suka pergi ke dokter, tetapi sakit punggung yang persisten tidak boleh diabaikan. Jika Anda menderita sakit punggung yang persisten, kronis, atau berulang, segera periksakan diri Anda ke dokter. 

Dalam kebanyakan kasus, nyeri punggung kronis dapat ditangani dengan perawatan non-bedah sederhana. Namun, jika tidak diobati atau dibiarkan berkembang, nyeri punggung dapat menyebabkan kecacatan serius yang parah.

5. Merokok

Di antara banyak efek berbahaya dari merokok pada tubuh, kerusakan tulang punggung yang lebih awal dan lebih parah semakin menarik perhatian. Nikotin dalam bentuk apa pun dapat menghalangi pengangkutan oksigen dan nutrisi penting ke cakram tulang belakang. 

Karena kekurangan oksigen, cakram-cakram pada tulang belakang akan kesulitan memperbaiki diri dan cenderung mengalami kerusakan pada usia yang jauh lebih awal daripada yang bukan perokok. 

Kerusakan pada cakram ini dikenal dengan istilah penyakit cakram degeneratif yang dapat menyebabkan nyeri punggung kronis. Selain itu, jika diperlukan pembedahan, perokok memiliki waktu penyembuhan yang lebih lambat dan tingkat kegagalan penyembuhan yang lebih tinggi.

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Keseleo 5 Kali Visit Di NK Health

Keseleo adalah suatu kondisi dimana ligament pada pergelangan kaki robek atau teregang. Masalah yang dialami adalah adanya bengkak pada pergelangan kaki, nyeri, kelemahan otot-otot ankle dan keterbatasan gerak pada pergelangan kaki. Dengan fisioterapi dapat membantu memulihkan pergelangan kaki yang keseleo menggunakan modalitas seperti ultrasound, tens, ice, dan latihan menggunakan elastic band. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi keseleo 5x visit di nk health

6. Ponsel

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa membaca pesan teks sederhana dapat menambah hingga 20kg tekanan pada sumsum tulang belakang. Pikirkan saja: tekanan 20 kg pada tulang belakang hanya karena Anda mengirim pesan!

Menggunakan ponsel setiap hari menyebabkan hilangnya kelengkungan alami tulang belakang leher dan beban yang lebih berat pada bagian punggung lain, terutama pada remaja.

Para ilmuwan memperkirakan bahwa orang yang menggunakan ponsel rata-rata 2-4 jam sehari akan membengkokan leher dan memberikan tekanan sebanyak 20 kg pada tulang belakang selama 700 hingga 1.400 jam setahun.

Jika hal ini terus berlanjut, dokter bedah akan memiliki lebih banyak pasien, terutama remaja. Karena postur yang kurang baik dapat menyebabkan kerusakan kelengkungan tulang belakang yang serius dan kronis. Jadi, pada titik tertentu, Anda akan menyadari bahwa Anda tidak dapat berdiri tegak, dan ini semua disebabkan oleh  ponsel Anda!

Tentu saja, kita tidak bisa berhenti menggunakan teknologi yang membuat hidup kita jauh lebih mudah. Tapi setidaknya kita bisa memperhatikan bagaimana kita memposisikan tubuh kita. Paling tidak yang bisa Anda lakukan adalah memperbaiki postur saat menggunakan ponsel.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
8 Tips for a Healthy Spine. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/back-pain/healthy-spine-tips.aspx)
Spinal health and smoking. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19877386)
Encouraging healthy spine habits to prevent low back pain in children: an observational study of adherence to exercise . National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26404895)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app