6 Cara Mudah Turunkan Kolesterol

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Tinjau pada Agu 23, 2019 Waktu baca: 2 menit
6 Cara Mudah Turunkan Kolesterol

Kolesterol adalah unsur yang diperlukan oleh tubuh namun juga bisa membahayakan. Kadar kolesterol jahat yang terlalu tinggi dapat meningkatkan resiko terserang penyakit jantung dan stroke

Jika kadar kolesterol LDL Anda sudah lebih dari 200 mg/dL, itu artinya Anda harus mulai memperhatikan asupan makanan yang berkolesterol. Akan tetapi untuk mengatasi kekhawatiran Anda, berikut ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Kolestrol via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 29

Pemakaian Obat

Orang yang tidak sabar menunggu suatu proses, termasuk proses menurunkan kadar kolesterol, pemakaian obat adalah cara yang dapat dipilih untuk menurunkan kolesterol. Obat penurun kolesterol seperti statin dapat menurunkan kolesterol mencapai 50%.

Akan tetapi, tetap perlu berhati-hati agar tidak terjadi ketergantungan pada obat. Biasanya ketika berhenti menggunakan obat, maka kolesterol akan tinggi kembali, sehingga mengharuskan Anda untuk mengkonsumsi obat lagi. 

Penggunaan obat juga tidak menjamin kadar kolesterol selalu dalam keadaan normal selama kurun waktu yang panjang. Obat penurun kolesterol juga mempunyai efek samping yang serius seperti radang otot, dan dapat meningkatkan enzim hati.

Turunkan Berat Badan Anda

Menurunkan berat badan adalah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Tidak perlu menurunkan berat badan hingga langsing, cukup menurunkan hingga 5 kg sudah mampu mengurangi kadar kolesterol hingga 8%. Namun, ada baiknya untuk mempertahankan berat badan tersebut agar tidak naik lagi.

Menurunkan berat badan cukup dengan menargetkan penurunan sebesar 0,5-1 kg per minggu dengan mengurangi asupan makanan sebanyak 500 kalori setiap harinya agar menurunkan berat badan berhasil.

Gerakkan Badan Anda

Menurunkan berat badan tidak bisa hanya dengan duduk diam menonton televisi. Anda harus bergerak setiap harinya. Untuk menurunkan berat badan sekaligus menurunkan kadar kolesterol, Anda harus melakukan olahraga minimal 150 menit per minggu. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Kolestrol via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 29

Hal ini untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Perhatikan Pola Makan

Memperhatikan pola makan adalah hal yang sangat penting untuk menurunkan kolesterol. Kebanyakan orang dengan kadar kolesterol tinggi mempunyai masalah dengan pola makannya. Maka dari itu, sebaiknya untuk memperhatikan apa saja yang Anda makan.

Hindari makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol darah, seperti daging yang berlemak, sosis, mentega, krim, cake, biskuit, cokelat, bahkan permen. Anda dapat mengganti makanan tersebut dengan mengkonsumsi makanan berserat, ikan, dan minyak zaitun.

Makanan Berserat

Sayuran dan buah-buahan adalah makanan yang tinggi serat dan sterol yang mampu menyerap kolesterol dalam tubuh, seperti sayuran hijau, tomat, wortel, apel, anggur, dan kacang-kacangan. Makanan berserat juga mampu membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga Anda tidak perlu memasok asupan makanan terlalu banyak. Yuk, mulai dengan menyisipkan makanan berserat pada makanan setiap hari.

Makan Ikan

Ikan mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan salmon dan tuna mampu menurunkan kadar kolesterol. Mulailah dengan mengganti menu daging dengan menu ikan.

Minyak Zaitun

Dibandingkan dengan menggunakan mentega untuk memasak, ada baiknya menggantinya dengan minyak zaitun. Minyak zaitun mampu menurunkan kadar kolesterol sebanyak 15%, dan kandungan lemaknya dapat menjaga kesehatan jantung.

Berhenti Merokok

Merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik sehingga kadar kolesterol jahat semakin meningkat dalam tubuh. Tidak hanya itu, merokok juga dapat menyebabkan iritasi pada dinding pembuluh darah.

Hindari Stres

Ternyata, stres juga dapat meningkatkan kadar kolesterol. Oleh karena itu, cobalah untuk menghindari stres dan bersikap tenang. Stres dapat dihilangkan dengan berbagai cara, seperti bertemu teman, berolahraga, dan mendengarkan musik. Cobalah untuk menemukan aktivitas yang bermanfaat untuk mengurangi stres Anda.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
11 foods that lower cholesterol - Harvard Health (https://www.health.harvard.edu/heart-health/11-foods-that-lower-cholesterol)
How to lower cholesterol naturally without medication. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/325113)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app