6 Cara Mudah Bangkitkan Nafsu Makan

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
6 Cara Mudah Bangkitkan Nafsu Makan

Tidak nafsu makan adalah masalah bagi yang kekurangan berat badan. Kita tahu bagaimana pentingnya makanan untuk menjaga kesehatan, untuk mendapatkan berat badan yang ideal, ataupun agar berat badan tidak semakin turun.

Tidak nafsu makan bisa jadi efek samping dari obat yang Anda minum, atau disebabkan karena sedang tertekan dan dilanda stress, ataupun bisa juga karena baru saja sembuh dari sakit. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Makanan yang tidak enak juga bisa membuat nafsu makan hilang, ataupun malas memasak, dan malas mencari makanan untuk dimakan. Apapun alasannya, jika anda mengalami kekurangan berat badan, meningkatkan nafsu makan akan berakibat pada kesehatan yang lebih baik.

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Jika Anda Malas Makan

Memaksa diri sendiri untuk makan hanya akan menambah stress. Berikut ini beberapa cara mudah dan menyenangkan untuk tingkatkan nafsu makan.

Jadikan Waktu Makan sebagai Waktu Berkumpul Bersama

Makan sendirian mungkin membuat Anda merasa kesepian. Menguras tenaga untuk meracik sepiring makanan untuk diri sendiri terasa menyedihkan. Anda bisa melawan perasaan tersebut dengan mengajak teman kantor untuk makan siang di luar atau terima ajakan teman semeja untuk makan siang bersama. 

Anda bisa juga mengundang keluarga dan teman dekat untuk makan malam bersama di rumah di akhir pekan, dan mencoba resep-resep baru. Sempatkan makan bersama keluarga jika memungkinkan. Bisa juga dengan bergabung dengan grup arisan di komunitas untuk memberikan kesan bahwa waktu makan adalah momen yang selalu dinantikan.

Makan Lebih Sering dalam Porsi Kecil

Sepiring besar nasi lengkap dengan lauk pauknya akan terasa sulit untuk dihabiskan dalam satu kali makan. Namun pasti tidak akan rela meninggalkan gagasan untuk ngemil yang mungkin terlalu menggoda. 

Jadi, daripada memaksakan diri untuk makan besar, ngemil dengan 6-7 porsi makanan ringan sepanjang hari bisa menjadi gantinya. Selain itu, makanan dalam porsi kecil lebih mudah untuk disiapkan.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Pastikan Stok Makanan Favorit Anda Selalu Tersedia

Anda akan senang untuk makan banyak jika makanan tersebut benar-benar bisa dinikmati. Jadi, pastikan selalu menyimpan stok makanan camilan favorit Anda, agar ketika teringin makan, Anda dapat segera memakannya.

Isilah kulkas dan lemari dapur dengan makanan kesukaan agar selalu memiliki makanan yang siap sedia. Jika tidak ingin merasa repot untuk pergi keluar, ke swalayan, atau ke pasar untuk membeli makanan. 

Anda dapat meminta bantuan anggota keluarga, asisten rumah tangga, atau teman untuk membantu membeli makanan yang Anda inginkan. Jasa pengiriman lokal dan online pun dapat membantu Anda untuk berbelanja bahan makanan.

Buat Makanan Lebih Menarik

Jika Anda kehilangan selera makan ketika melihat makanan yang terasa hambar, maka, buatlah makanan dengan tampilan dan rasa yang lebih menggoyang lidah. Tata piring semenggugah mungkin dengan variasi makanan dan nuansa warna-warni. 

Anda bisa menggabungkan makanan dengan dua atau tiga warna berbeda, lalu menempatkan beberapa peterseli di piring Anda. Mengkonsumsi makanan dengan banyak warna juga membantu menjaga asupan nutrisi selalu tercukupi.

Minum Air di Antara Waktu Makan, Bukan Selama Makan

Minum air selama makan mungkin akan mengurangi jumlah makanan yang Anda makan karena tambahan volume cairan. Anda bisa meminum beberapa teguk air sebelum makan, agar kemudian dapat fokus pada makanan.

Olahraga

Mungkin tampak berlawanan dengan logika, karena biasanya olahraga dilakukan untuk membakar kalori, namun di sini olahraga justru untuk meningkatkan nafsu makan. 

Latihan fisik membangkitkan senyawa kimia yang ada dalam otak untuk meningkatkan mood dan merangsang nafsu makan. Jika Anda hanya berjalan 10 menit pun hingga 2 atau 3 kali per hari, akan dapat meningkatkan keinginan makan lebih banyak.

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app