6 Cara Menjaga Kebersihan Vagina Saat Mens

Dipublish tanggal: Jun 28, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 20, 2019 Waktu baca: 2 menit
6 Cara Menjaga Kebersihan Vagina Saat Mens

Selama masa haid, kebanyakan wanita merasa kurang nyaman, hal ini dikarenakan keluhan terhadap rasa gatal, keputihan, rasa perih dan bau yang kurang sedap. 

Keluhan semacam itu sering kali dialami oleh sebagian wanita yang mana hal tersebut terjadi karena kurangnya kebersihan ketika sedang menstruasi. vagina yang sehat tidak meninggalkan bau yang menyengat, tidak gatal dan tidak perih.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Ketika sedang menstruasi, vagina memang cenderung lebih lembab, karena memang vagina menjadi organ tubuh yang sensitif dan tertutup. Sehingga vagina paling mudah dihinggapi jamur dan bakteri

Jika vagina dihinggapi bakteri, maka menimbulkan rasa gatal dan keputihan yang tidak normal. Pada saat menstruasi, Anda diharapkan untuk melakukan perawatan dan menjaga kebersihan.

Berikut ini cara menjaga kebersihan vagina ketika sedang menstruasi, diantaranya:

Hindari penggunaan sabun vagina yang tidak dianjurkan

Sabun vagina yang tidak dianjurkan untuk digunakan oleh wanita yaitu sabun yang mengandung antiseptik dan pewangi. Hal ini dikarenakan produk kewanitaan yang memiliki kandungan tersebut bisa mempengaruhi pada tingkat pH vagina dan keseimbangan bakteri yang dapat menimbulkan iritasi oleh sebagian orang.

Selalu rutin membersihkan vagina ketika sedang menstruasi

Saat menstruasi, Anda lebih dianjurkan untuk membersihkan vagina secara teratur. Termasuk membersihkan vagina menggunakan air hangat, ketika sedang buang air kecil, maka bilas vagina hingga bersih. 

Gunakan satu arah saat membersihkan vagina, yaitu membersihkan bagian depan dahulu hingga bersih, kemudian barulah bagian belakang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Sering-sering lah mengganti pembalut

Anda harus lebih sering-sering mengganti pembalut, terlebih lagi jika volume darah yang Anda keluarkan lebih deras. Semakin sering Anda mengganti pembalut, maka akan menjauhkan Anda dari serangan bakteri dan kuman juga.

 Ketika Anda ingin berganti pembalut, maka Anda harus membersihkan vagina hingga bersih terlebih dahulu.

Selalu cuci tangan terlebih dahulu sebelum ganti pembalut

Sebelum Anda memutuskan untuk mengganti pembalut, maka jangan lupa membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu. Meskipun hal ini dianggap sepele bagi sebagian wanita, namun tangan mengandung banyak kuman dan bakteri, sehingga hal ini sering kali menimbulkan bakteri dan kuman yang bisa masuk dalam vagina.

Hindari makanan yang dapat menimbulkan aroma tidak sedap

Aroma yang tidak sedap dari darah menstruasi dapat ditimbulkan karena makanan yang dikonsumsinya. Selama Anda menstruasi, ada beberapa makanan yang tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi, karena bisa menimbulkan bau yang tidak sedap pada darah. 

Salah satu makanan yang dapat menimbulkan bau pada darah menstruasi yaitu tempe. Sebaiknya Anda menghindari beberapa jenis makanan yang dapat berpengaruh pada aroma darah menstruasi Anda.

 Pilihlah pembalut yang tepat

Pembalut yang tepat untuk Anda pilih yaitu pembalut yang memiliki daya serap baik, pembalut yang tidak memiliki aroma, dan pembalut yang memiliki antibakteri secara alami. 

Dengan memilih jenis pembalut yang tepat, maka hal ini menjauhkan Anda dari adanya iritasi. Sedangkan untuk iritasi pada vagina yang disebabkan oleh penggunaan pembalut disebabkan karena pemilihan pembalut yang tidak tepat.

Dengan menjaga kebersihan vagina, maka Anda akan terhindar dari bakteri maupun kuman yang dapat menyerang vagina. Terlebih lagi bagi wanita yang sedang menstruasi, maka cenderung lebih mudah terserang berbagai jenis penyakit dibandingkan dengan wanita yang selalu menjaga keadaan vagina nya secara rutin. ke 6 perawatan seperti di atas haruslah Anda lakukan ketika Anda sedang menstruasi.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
McKee, Diane & Baquero, Maria & Anderson, Matthew & Karasz, Alison. (2009). Vaginal Hygiene and Douching: Perspectives of Hispanic Men. Culture, health & sexuality. 11. 159-71. 10.1080/13691050802541666. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/24045067_Vaginal_Hygiene_and_Douching_Perspectives_of_Hispanic_Men)
Vaginal Hygiene and Douching: Perspectives of Hispanic Men. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2760380/)
You dont need fancy products for good feminine hygiene Health System. Mayo Clinic Health System. (https://www.mayoclinichealthsystem.org/hometown-health/speaking-of-health/you-dont-need-fancy-products-for-good-feminine-hygiene)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app