Kesehatan Mental

Ketahui 6 Cara Ampuh Untuk Mengusir Rasa Bad Mood

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Mar 16, 2020 Waktu baca: 2 menit
Ketahui 6 Cara Ampuh Untuk Mengusir Rasa Bad Mood

Setiap orang tentu pernah mengalami bad mood atau kondisi emosi dan  mental negatif. Bosan pada pekerjaan, berjam-jam terjebak macet di jalan, adalah beberapa penyebab datangnya bad mood. Yang menyebalkan, seringkali bad mood datang tanpa penyebab yang jelas. Bila sudah begini, apa yang bisa Anda lakukan? 

Bagaimana Cara Memperbaiki Mood?

Cobalah cara-cara berikut untuk memperbaiki  suasana hati Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

1. Pergilah keluar ruangan

Berada di sekitar alam terbuka membantu memperbaiki mood dan merilekskan sistem saraf. Lingkungan di mana terdapat pemandangan hijau membantu menurunkan kadar kortisol, hormon penyebab stres, menurunkan detak nadi, tekanan darah tinggi, meningkatkan aktivitas saraf parasympathetic dan menurunkan aktivitas saraf sympathetic. Manfaatkan taman di gedung perkantoran atau di dekat rumah Anda. Jika pekerjaan Anda tidak memungkinkan Anda untuk sering keluar rumah, letakkan  tanaman meja di ruang atau meja kerja Anda. Atau bawa akuarium kecil ke meja Anda.

2. Dengarkan musik

Musik memiliki kemampuan terapi yang dapat disesuaikan dengan suasana hati. Jika Anda sedang merasa marah, pilihlah musik keras untuk melampiaskannya. Jika setelahnya perasaan Anda terasa membaik, gantilah dengan musik yang lebih santai dan menenangkan. Tidak hanya itu, musik yang berlawanan sepenuhnya dari suasana hati Anda juga dapat membantu. Dengarkan musik yang memotivasi Anda untuk merasa lebih baik dan bersemangat. Jika Anda sedang merasa tidak tenang, cobalah mendengarkan musik yang tenang. Mendengarkan musik ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kecepatan degup jantung dan menurunkan level stres hormon kortisol.

Coba juga memadukan musik yang menenangkan dengan latihan pernapasan pelan untuk membantu Anda merilekskan diri. 30 menit mendengarkan musik klasik sambil melatih pernapasan memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak membiarkan stres merajalela.

3. Keluarkan bad mood Anda dengan berekspresi lewat aktivitas tertentu

Cobalah untuk melempar telur, memecahkan barang pecah belah yang sudah tidak terpakai, merobek kertas atau memukul bantal untuk membantu mengeluarkan perasaan negatif dari dalam diri Anda.

4. Cobalah untuk berdiam diri sejenak sambil merenung

Cobalah mengevaluasi emosi yang Anda rasakan dengan berdiam diri sejenak. Tanyakan pada diri Anda, apa yang membuat Anda kesal dan temukan solusinya dalam pikiran Anda. Turuti kehendak emosional Anda untuk merasa lebih baik lewat istirahat, tidur, berdiam diri sendirian, meminta bantuan atau hal lain yang dapat dilakukan agar pikiran dan perasaan menjadi lebih tenang.

5. Anggap bahwa diri Andalah yang memegang kontrol

Orang yang merasa mereka memiliki kontrol penuh terhadap kehidupan mereka cenderung akan merasa lebih berbahagia. Lakukan perenungan terhadap situasi tertentu yang mengganggu emosi Anda dan temukan satu bagian di mana Anda dapat memegang kendali. Sekecil apapun itu, kontrol dapat mengubah emosi Anda secara signifikan.

6. Lakukan aktivitas yang membuat Anda merasa menjadi diri Anda sendiri

Jika Anda cenderung merupakan orang yang introvert, berikan waktu bagi diri Anda sendiri untuk menyendiri. Jika Anda termasuk orang extrovert, sebaiknya Anda mencari orang lain yang bisa diajak berdiskusi di tempat yang tenang. Jika Anda tidak yakin tipe orang seperti apa Anda, Anda dapat melakukan kedua aktivitas tersebut secara bergiliran.

Ingat selalu bahwa bad mood merupakan hal yang wajar Anda alami dalam dinamika kehidupan dan pengalaman yang Anda temui setiap harinya. Semuanya kembali lagi kepada Anda untuk dapat mengatasinya.

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
10 Simple Ways to Improve Your Mood When You're Feeling Down. Psychology Today. (https://www.psychologytoday.com/us/blog/hide-and-seek/201701/10-simple-ways-improve-your-mood-when-youre-feeling-down)
34 Ways to Bust a Bad Mood in 10 Minutes or Less. Greatist. (https://greatist.com/happiness/34-ways-bust-bad-mood-ten-minutes#1)
Mood Swings: Symptoms, Signs, Causes & Treatment. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/mood_swings/symptoms.htm)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app