Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

5 Jenis Latihan Untuk Membentuk Tubuh Bagi Pria dan Wanita

Secara umum, ada lima jenis kandidat kuat untuk gelar "terbaik" sebagai jenis latihan yang mudah dilakukan dan menargetkan beberapa kelompok otot dan juga dapat memberi Anda bentuk tubuh yang Anda idamkan. Berikut adalah lima jenis latihan terbaik untuk pria dan wanita untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal yang dapat dilakukan secara sederhana dan efektif.
Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 839.417 orang

Ada begitu banyak jenis latihan yang dapat cukup untuk membuat kepala Anda berputar. Tentu, Anda tahu dasar-dasarnya, tetapi apakah Anda tahu latihan mana yang terbaik untuk melatih otot seluruh tubuh?

Secara umum, ada lima jenis kandidat kuat untuk gelar "terbaik" sebagai jenis latihan yang mudah dilakukan dan menargetkan beberapa kelompok otot dan juga dapat memberi Anda bentuk tubuh yang Anda idamkan.  

Berikut adalah lima jenis latihan terbaik untuk pria dan wanita untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal yang dapat dilakukan secara sederhana dan efektif.

1.Push Up

Push up adalah salah satu gerakan latihan yang sangat umum. Semua laki-laki dan perempuan bisa melakukan push up. Gerakan push up bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Hal inilah membuat push up bisa dimasukkan ke dalam program latihan setiap hari. 

Anda bisa melakukan push up setelah bangun tidur atau saat sore hari.

Saat melakukan push up, beberapa otot tubuh pada bagian bahu depan, dada dan lengan akan terlatih. Secara umum, push up melatih kekuatan otot dada, tetapi gerakan push up juga secara tidak langsung menargetkan otot lengan, otot bahu dan otot perut secara bersamaan. 

Latihan push up sangat baik dilakukan karena dapat meningkatkan koordinasi otot-otot atas tubuh.

2. Pull Up

Jika dibandingkan dengan jenis latihan yang lain, pull up adalah jenis latihan yang paling sulit. Pull up sendiri adalah salah satu olahraga calisthenic, yaitu olahraga yang menggunakan berat badan sebagai bebannya. Anda hanya membutuhkan bar untuk melakukan olahraga ini. 

Jika tidak ada bar, Anda bisa menggunakan ventilasi pintu. Olahraga ini cukup simpel. 

Manfaat pull up yang pertama adalah dapat membentuk otot-otot tubuh bagian atas. Gerakan pull up dapat melatih otot punggung, trapezius (pundak), shoulder (bahu), biceps dan juga otot sayap. Jika Anda rutin melakukan pull up, tubuh bagian atas Anda khususnya bagian belakang akan terbentuk.

3. Squat

Gerakan squat adalah salah satu gerakan utama yang dilakukan untuk melatih otot-otot pada bagian bawah tubuh seperti bokong dan otot-otot paha. Gerakan squat dilakukan dengan posisi setengah jongkok dengan lutut membentuk sudut 90 derajat

Untuk memastikan kaki tetap berada pada kondisi yang baik, latih bagian bawah tubuh Anda dengan gerakan squat. Gerakan ini memerlukan seluruh otot pada tubuh. 

Dengan melakukannya secara rutin, Anda dapat melatih body core, kekuatan kaki, dan membuat otot stabil, sehingga keseimbangan tubuh pun akan lebih terjaga.

Meskipun gerakan squat menargetkan otot kaki sebagai target utama, squat juga membantu meningkatkan kekuatan otot seluruh tubuh. 

Karena otot tubuh benar-benar bekerja dengan intens saat melakukan squat, tubuh akan memasuki fase anabolik, yaitu fase di mana tubuh memperbaiki dan mengembangkan sel, serta membuat tubuh merilis hormon vital untuk pertumbuhan jaringan otot.

 4. Lunges

Apabila Anda ingin menguatkan otot pada kaki dan bokong, salah satu olahraga yang biasa disarankan selain squat , adalah lunges serta berbagai variasinya. 

Pada dasarnya, gerakan lunges sama dengan mengambil langkah besar ke depan dimana lutut pada kaki yang melangkah ditekuk, lalu menopang berat tubuh. Kaki belakang ikut menekuk untuk menjaga keseimbangan

Posisi ditahan beberapa detik, sebelum kaki depan melangkah kembali ke posisi berdiri. Gerakan diulang kembali menggunakan kaki sebelahnya yang ke depan. Prinsip dari variasi lunges sebenarnya sama, kaki yang melangkah bisa ke samping ataupun ke belakang.  

Sama seperti squat, gerakan ini tidak memerlukan beban untuk merasakan manfaatnya. Selain menguatkan kaki dan bokong, ternyata lunges memiliki beberapa manfaat lain yang tidak banyak orang ketahui, seperti:

  • Memperbaiki keseimbangan
  • Menguatkan otot perut dan punggung
  • Meningkatkan fleksibilitas pinggul

5. Burpees

Burpee atau yang biasa disebut squat thrust merupakan salah satu gerakan olahraga tanpa menggunakan alat atau media tertentu sehingga gerakan murni dari gerakan tubuh serta mudah dilakukan dan tidak memerlukan biaya yang banyak. 

Gerakan burpee terdiri dari gerakan berdiri, jongkok, posisi push – up, berdiri kembali.

Burpee adalah gerakan olahraga yang menggunakan seluruh bagian tubuh. Otot tubuh akan bekerja dengan baik dalam latihan melakukan burpee. Gerakan full body ini bermanfaat secara praktis karena satu gerakan burpee terdiri dari kombinasi beberapa gerakan. 

kombinasi gerakan yang ada pun juga mudah dilakukan oleh siapapun. Gerakan burpee yang menggunakan sebagian besar otot tubuh akan melatih kekuatan otot agar tidak cepat lelah.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit