5 Hal yang Perlu Anda Pastikan Sebelum Memilih Klub Kebugaran

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
5 Hal yang Perlu Anda Pastikan Sebelum Memilih Klub Kebugaran

Anda tipe yang tidak bisa disiplin berolahraga sendiri di rumah? Kalau begitu, bergabung saja dengan klub kebugaran atau tempat fitnes. Di sana, selain Anda akan punya banyak teman dan pelatih untuk menambah motivasi, target dan jadwal tetap juga akan membantu Anda disiplin dalam latihan. Tapi, sebelum memutuskan menjadi anggota di suatu klub, ada baiknya Anda pastikan dulu beberapa hal ini:

1. Lokasi
Salah satu kunci keberhasilan latihan adalah kenyamanan, dan sudah pasti lokasi masuk dalam hitungan kenyamanan itu. Semakin dekat jarak klub kebugaran Anda, semakin mudah Anda menjangkaunya, semakin nyaman Anda menjalankan latihan. Bayangkan saja jika Anda harus menempuh perjalanan jauh, belum lagi jika macet, energi sudah terkuras sebelum latihan. Apakah dalam kondisi seperti itu, Anda masih nyaman berolahraga?

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

2. Coba dulu
Staf pemasaran adalah orang yang pandai membujuk dan memaparkan semua kelebihan klub kebugaran tempatnya bekerja. Tapi, sebaiknya Anda mencoba sendiri dulu peralatan dan fasilitas di tempat itu, sekaligus merasakan atmosfernya. Apakah alat-alatnya sesuai dengan target latihan dan user friendly? Apakah tenaga pelatih di sana ramah dan selalu siap membantu? Bagaimana dengan anggota klub yang lain, apakah mereka juga ramah terhadap anggota baru? Semua ini akan terjawab dengan hanya satu cara, Anda mencoba latihan satu atau dua kali dulu, sebelum memutuskan membayar iuran keanggotaan.

3. Pastikan mereka punya apa yang Anda mau
Buat daftar jenis olahraga apa yang ingin Anda ikuti. Misalnya, aerobik, yoga, zumba atau mungkin Thai Boxing. Jika mereka tidak punya semua kelas yang Anda sukai, memaksakan diri ikut kelas lain adalah hal yang tidak realistik. Bagaimana mungkin Anda bisa senang berlatih di kelas yang Anda tidak suka?

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Top 10 Things To Look For When Choosing A Gym. Bodybuilding.com. (https://www.bodybuilding.com/fun/sclark32.htm)
How to Pick the Best Gym for You. Shape Magazine. (https://www.shape.com/fitness/workouts/7-things-consider-when-choosing-gym)
Choosing the Right Gym for You. Top Fitness Magazine. (https://www.topfitnessmag.com/lifestyle/choosing-right-gym/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Kenali Manfaat dan Resiko Latihan Fisik EMS Untuk Menurunkan Berat Badan Sebelum Mencoba
Kenali Manfaat dan Resiko Latihan Fisik EMS Untuk Menurunkan Berat Badan Sebelum Mencoba

Yang harus Anda ketahui adalah bahwa latihan fisik EMS hanya berdurasi sekitar 20 menit. Berbeda dengan olahraga lainnya yang mebutuhkan waktu sekitar 40-60 menit, seperti olahraga kardio atau olahraga lain yang bertujuan untuk melatih otot Anda. Meskipun memakan waktu yang cukup singkat, latihan fisik EMS mengakibatkan rasa lelah yang sama dengan jenis latihan fisik lainnya.

Buka di app