4 Kreasi Bekal Makan Siang Praktis

Dipublish tanggal: Jun 19, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
4 Kreasi Bekal Makan Siang Praktis

Bagi Anda yang ingin hidup sehat, memulai untuk menyiapkan dan membawa bekal makan siang dapat dilakukan. Dengan membawa bekal makan sendiri, tentunya Anda dapat mengatur jumlah makanan yang harus dimakan. Selain itu, makanan yang dimasak sendiri tentunya akan lebih sehat dan higienis.

Selain membuat tubuh menjadi sehat, membawa bekal makanan juga akan menghemat uang makan Anda. Supaya tidak repot dalam menyiapkan bekal makanan, Anda bisa menyiapkan bahan-bahan yang akan dimasak pada malam hari, dan pada pagi harinya hanya tinggal memasak saja. Berikut beberapa kreasi makanan yang dapat dijadikan ide bekal makan siang Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Sandwich daging asap

Membuat sandwich daging asap cukup mudah dan hanya membutuhkan waktu sekitar 25 menit. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat 4 porsi sandwich ini adalah 8 lembar roti gandum, 8 lembar daging asap, 1 buah alpukat, 4 lembar daun selada, 100 gram kecambah pendek, 1 buah tomat yang telah diiris menjadi 8, setengah sdt bawang putih yang telah dicincang, 2 sdm kemangi yang telah dicincang, 1 sdm mayonaise, garam, dan merica.

Cara pembuatan:

  • Goreng daging asap hingga kecokelatan, kemudian tiriskan
  • Haluskan alpukat kemudian masukkan ke dalam mangkok. Tambahkan kemangi cincang, mayonaise, bawang putih cincang, garam, serta merica. Sementara itu, panggang roti gandum hingga matang
  • Oleskan campuran alpukat tadi pada empat buah roti dan tambahkan daging asap, irisan tomat, daun selada, serta kecambah secukupnya. Kemudian tutup dengan roti di atasnya.

Sandwich tuna

Memasak sandwich tuna hanya membutuhkan waktu 15 menit. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat 4 porsi sandwich tuna adalah 2 kaleng tuna, 40 gram bawang bombay yang telah dicincang kasar, 2 sdm jus lemon, 1 sdm minyak zaitun, 4 sdm alpukat tumbuk, 8 roti gandum yang telah dipanggang hingga kecokelatan, 8 irisan tomat, 2 lembar daun selada, serta merica.

Cara pembuatan:

  • Campurkan tuna kaleng, minyak zaitun, jus lemon, dan merica dalam mangkuk.
  • Oleskan alpukat pada 4 buah roti panggang kemudian oleskan campuran tuna di atasnya.
  • Tambahkan irisan tomat, daun selada, dan tutup dengan roti.

Sandwich ayam saus mangga pedas

Untuk membuat sandwich lezat ini, Anda hanya memerlukan waktu 15 menit saja. Untuk membuat 4 porsi sandwich ini, bahan yang dibutuhkan adalah 8 roti gandum yang telah dipanggang, saus hoisin, 1 buah filet dada ayam yang telah dipanggang dan diiris tipis, 2 buah mangga yang telah dikupas dan diiris tipis, 2 ikat selada air, serta 1 buah bawang bombay yang diiris tipis.

Cara pembuatan:

  • Oleskan saus hoisin pada 4 buah roti panggang
  • Tambahkan irisan daging ayam, mangga, selada air, dan bawang bombay, kemudian tutup dengan roti.

Tumis brokoli sayur

Anda hanya membutuhkan waktu 25 menit untuk membuat tumis brokoli sayur lezat ini. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat 4 porsi tumis ini adalah 500 gram buncis, 1 buah brokoli, 2 sdm saus miso, 1 cm jahe cincang, 4 sdm cuka apel, 1 ikat daun kucai yang dicincang halus, setengah kg udang, minyak wijen, serta nasi putih.

Cara pembuatan

  • Didihkan air dan masak buncis serta brokoli selama 5 menit.
  • Panaskan minyak wijen dalam wajan, tuang miso, jahe, cuka apel, kucai dan masak selama 5 menit.
  • Masukkan udang dan masak hingga matang
  • Masukkan brokoli dan buncis, kemudian aduk rata dan sajikan dengan nasi.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app