3 Resep Teh Buah Segar yang Bisa Anda Buat Sendiri di Rumah

Selain nikmat, teh buatan sendiri yang pastinya tanpa pengawet dan zat berbahaya lainnya akan lebih aman dan sehat dikonsumsi. Yuk kita cara pembuatannya.
Dipublish tanggal: Jun 19, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
3 Resep Teh Buah Segar yang Bisa Anda Buat Sendiri di Rumah

Anda pecinta teh? Minuman yang satu ini memang sudah menjadi primadona tersendiri bagi para penggemarnya. Wangi khas dari minuman ini yang memberikan ketenangan menjadi salah satu alasan mengapa teh banyak diminati masyarakat dari semua kalangan.

Itulah mengapa teh populer di berbagai kondisi. Saat hajatan, meeting di kantor atau saat santai dengan keluarga. Ada pula yang mencampur teh dengan rempah-rempah seperti jahe atau kayu manis. Kadang juga kita temui teh botol dengan rasa buah tertentu.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Memang rasa khas teh dikombinasikan dengan segarnya buah memberikan sensasi berbeda. Namun teh kemasan yang banyak dijual di pasaran belum tentu sehat untuk dinikmati. 

Nah, agar Anda dapat menikmati teh rasa buah yang lebih sehat, alangkah baiknya Anda membuat kreasi teh buah sendiri di rumah. Berikut ini resep untuk membuat teh buah sendiri di rumah.

Mencoba membuat teh buah sendiri di rumah pastinya seru dan mengasyikkan. Selain nikmat, teh buatan sendiri yang pastinya tanpa pengawet dan zat berbahaya lainnya akan lebih aman dan sehat dikonsumsi. Yuk kita cara pembuatannya.

1. Lemon iced tea

Kandungan antioksidan dan vitamin C dari buah lemon pastinya akan menyehatkan jika dikonsumsi oleh tubuh. Coba untuk mengkombinasikan teh dan buah lemon sebagai minuman teh buah untuk teman bersantai Anda di rumah bersama keluarga.

Bahan-bahan :

  • 4 kantong teh hijau
  • 4 cangkir perasan air jeruk
  • 6 cangkir air panas
  • 225 gram gula putih atau madu
  • Es batu
  • Potongan buah lemon beku

Cara membuat:

Tuangkan air panas di dalam wadah. Masukkan teh hijau, madu dan gula. Aduk rata semua bahan tersebut kemudian diamkan selama 30 menit. Jika dirasa sudah cukup berwarna keluarkan kantong teh dari wadah, kemudian masukkan perasan air jeruk. Diamkan terlebih dahulu sampai teh menjadi dingin. Masukkan teh ke dalam gelas, kemudian masukkan es batu dan potongan buah lemon. Lemon iced tea siap dinikmati.

2. Mango and peach white iced tea

Kandungan vitamin A dan vitamin  pada buah mangga dan persik akan memberikan asupan gizi untuk tubuha Anda, ditambah dengan antioksidan yang terkandung pada white tea yang bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Buah mangga dan persik yang biasanya dinikmati dengan dibuat jus atau dimakan langsung, ternyata nikmat juga lho jika Anda gunakan sebagai tambahan rasa untuk teh buah buatan Anda.

Bahan-bahan :

  • 10 cangkir air
  • 5-6 kantong white tea
  • 2 buah persik potong kotak
  • 1 cangkir mangga yang sudah dihaluskan
  • 1 sendok makan madu

Cara membuat:

Rebus air di dalam panci sampai mendidih sempurna. Masukkan white tea ke dalam panci, kemudian tunggu sekitar 7 menit sampai air berubah warna. Buang kantong teh dan tunggu selama 30 menit hingga air rebusan menjadi dingin. 

Masukkan potongan buah persik dan madu ke dalam panci, aduk hingga benar-benar rata. Masukkan es batu ke dalam gelas saji, kemudian tuangkan teh tadi ke dalam gelas. Mango and peach white iced tea siap untuk dinikmati.

3. Fruited iced suntea

Buah stroberi yang kaya manfaat karena mengandung vitamin C dan antioksidan dikombinasikan dengan teh yang mengandung antioksidan pastinya memberikan manfaat yang luar biasa untuk tubuh jika dikonsumsi secara teratur. 

Rasa manis stroberi dengan pahit khas teh akan memberikan sensasi rasa yang unik pada teh buatan Anda.

Bahan-bahan :

  • 10 kantong teh dengan jenis sesuai selera Anda
  • 8 gelas air dingin
  • Jahe dikupas dan dipotong
  • Daun mint, lemon dan stroberi, iris tipis

Cara membuat:

Rebus air sampai mendidih sempurna. Masukkan teh, irisan lemon, jahe dan daun mint. Jika air sudah berubah warna buang kantong teh kemudian tunggu selama 30 menit sampai air rebusan menjadi dingin. 

Tambahkan air secukupnya dan saring air rebusan teh untuk memisahkan air dengan ampas rempah-rempah. Tuang teh ke dalam gelas yang sudah diisi es batu dan potongan buah stroberi. Teh siap untuk dinikmati.

Itu tadi beberapa resep teh buah yang bisa Anda coba di rumah. Selain nikmat, teh buah juga mengandung banyak vitamin yang memberikan banyak manfaat untuk tubuh Anda. Selamat mencoba ya.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Banana Tea: Nutrition, Benefits, and Recipe. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/banana-tea)
Blackberry iced tea with cinnamon and ginger. Mayo Clinic. (http://www.mayoclinic.com/health/healthy-recipes/NU00371/rss=1)
Types of Teas and Their Health Benefits. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/features/tea-types-and-their-health-benefits)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app