Kesehatan Anak

3 Penyebab Utama Ruam Pada Mulut Anak dan Cara Mengatasinya

Dipublish tanggal: Feb 23, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Jul 10, 2019 Waktu baca: 4 menit
3 Penyebab Utama Ruam Pada Mulut Anak dan Cara Mengatasinya

Sangat wajar rasanya jika orang tua mengajak anaknya pergi ke dokter karena ruam merah di sekitar mulut apalagi jika ruam tersebut menimbulkan rasa gatal dan membuat sang anak menjadi rewel. 

Secara umum, jika anak tidak menunjukkan gejala apa pun selain ruam dan anak Anda dalam kondisi fit, tidak apa-apa hanya mengamati ruam tersebut selama beberapa hari sebelum menghubungi dokter. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Thiamycin via HonestDocs

Thiamycin adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada saluran pernafasan, infeksi saluran pencernaan, dan infeksi saluran kemih. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Thiamycin 500 mg kapsul 1

Dalam banyak kasus, ruam akan hilang dengan sendirinya tanpa perlu perawatan khusus. Ruam di sekitar mulut balita biasanya ringan dan dapat diobati dan dicegah dengan tindakan sederhana.

Namun kebanyakan ibu selalu menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya, oleh karena itu, langkah pertama yang harus Anda ambil dalam mengatasi ruam pada daerah sekitar mulut buah hati Anda adalah dengan mencari tahu, apa saja penyebabnya. Penyebab yang paling sering menyebabkan ruam pada daerah sekitar mulut adalah :

Ruam Ngiler

Ruam ngiler muncul ketika balita Anda mengalami iritasi dan kemerahan di wajahnya karena air liur yang berlebihan dan paling sering terjadi pada wajah. Sebagian besar bayi akan mengalami ruam akibat air liur paling sering adalah saat akan tumbuh gigi. 

Dalam beberapa kasus, ruam air liur akan menjadi terinfeksi yang menyebabkan kelainan kulit yang dikenal dengan impetigo yang merupakan infeksi bakteri menular yang memiliki penampakan kerak berwarna kuning pada permukaan ruam.

Perawatan
Pada sebagian besar kasus, ruam air liur tidak serius dan tidak akan memerlukan perawatan tambahan dari apa yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Salah satu perawatan terbaik (dan pencegahan) adalah membersihkan air liur secara teratur dan mengaplikasikan krim antibiotik

Pilihan lain adalah membersihkan area dengan lembut menggunakan sabun dan air atau witch hazel dan kemudian menerapkan pelumas (lanolin, Lansinoh, atau petroleum jelly). Jangan hanya mengandalkan pelumas karena dapat menjebak bakteri di dalamnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli obat CEFSPAN 100MG CAP via HonestDocs

Cefspan merupakan antibiotik untuk mengatasi infeksi pada saluran pernafasan atas, infeksi saluran kemih dan kelamin, kulit & jaringan lunak. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Cefspan 100mg cap 1

Pencegahan
Cara terbaik untuk mencegah ruam air liur adalah dengan tujuan untuk menjaga anak Anda kering sebanyak yang Anda bisa. Dengan menggunakan pakaian bersih, Anda dapat menghentikan ruam menyebar ke dadanya. 

Selalu usahakan wajah balita Anda kering menggunakan kain bersih dan pastikan untuk tidak mengelap atau menggosoknya terlalu kasar. Pilihan lain adalah menempatkan semacam bahan penyerap di bawah kepala anak Anda di malam hari.

Jamur

Jamur adalah salah satu penyebab ruam yang paling umum di sekitar mulut balita dan hal ini paling sering terjadi pada bayi di bawah usia enam bulan. Tumbuhnya jamur, terjadi ketika Candida albicans menginfeksi kulit wajah bayi yang masih sangat sensitif dan kurang perlindungan. 

Jamur secara alami tumbuh pada permukaan kulit tubuh manusia, tetapi karena sistem kekebalan tubuh bayi masih belum sempurna, kadang-kadang jamur yang seharusnya tidak menyebabkan masalah, dapat menyebabkan infeksi dan menimbulkan bercak dan gatal pada bayi. 

Risiko tumbuhnya jamur pada bayi, dapat meningkat setelah minum antibiotik tertentu atau jika anak Anda memiliki penyakit paru-paru atau asma.

Tanda lain yang dapat diamati

Iklan dari HonestDocs
Beli obat CEFSPAN 100MG CAP via HonestDocs

Cefspan merupakan antibiotik untuk mengatasi infeksi pada saluran pernafasan atas, infeksi saluran kemih dan kelamin, kulit & jaringan lunak. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Cefspan 100mg cap 1

Dalam kebanyakan kasus, gejala tumbuhnya jamur pada mulut bayi disertai kulit pecah-pecah di sudut mulut. Bercak putih tebal yang menyerupai keju cottage di lidah, di dalam pipi, dan bibir juga mungkin muncul. 

Ketika Anda mencoba untuk mengikis tambalan putih, Anda akan melihat jaringan merah yang mudah berdarah. Tambalan putih tidak dapat dihapus dan dapat bertambah jumlahnya. 

Beberapa bayi mungkin akan memiliki nafsu makan yang baik dan tidak rewel, sedangkan yang lainnya, mungkin akan menimbulkan masalah yang lebih serius.

Perawatan

Sebagian besar kondisi ini akan hilang dengan sendirinya dalam satu atau dua minggu. Jika kondisi ini mengganggu nafsu makan anak Anda atau bertahan lebih dari dua minggu, Anda harus membawanya ke dokter. 

Dokter akan meresepkan obat antijamur yang dapat mengurangi ketidaknyamanan dan menghilangkan bercak putih. Jika anak Anda cukup besar untuk makanan padat, dokter mungkin juga merekomendasikan memberinya yogurt yang mengandung lactobacilli yang akan meningkatkan kadar bakteri baik, sehingga menyebabkan keseimbangan mikroorganisme dalam tubuh dan menekan pertumbuhan jamur. 

Yang perlu Anda ketahui adalah jika hal ini sering berulang, bisa jadi anak Anda memiliki masalah serius pada sistem imun.

Penyakit kaki tangan dan mulut

Penyakit kaki tangan dan mulut (KTM) atau yang dikenal dengan flu singapur menyebabkan luka di sekitar mulut serta di kaki dan tangan anak Anda.

Meskipun luka akibat KTM menimbulkan nyeri, penyakit ini biasanya tidak akan bertahan lebih dari seminggu. Kondisi ini paling sering terjadi pada anak-anak dan terutama selama musim gugur dan musim panas.

Penyebab

Penyakit tangan, kaki dan mulut terjadi karena infeksi bakteri enterovirus yang dapat dengan mudah menyebar melalui bersin atau batuk. Bakteri ini juga dapat menyebar melalui tinja yang terinfeksi.

Gejala

Gejala awal penyakit tangan, kaki dan mulut adalah anak yang tampak lelah, sakit tenggorokan atau demam 38 hingga 39 Celsius. Setelah satu atau dua hari, lepuh dan / atau luka akan mulai muncul di kaki, tangan, mulut, dan mungkin bokong. 

Kadang-kadang ruam akan pecah dan menyebabkan keropeng. Sebagian besar waktu lepuh akan hilang dalam waktu sekitar satu minggu. Dalam beberapa kasus bahkan hampir tidak ada gejala penyakit tangan, kaki dan mulut.

Perawatan

Dokter akan mendiagnosa penyakit tangan, kaki dan mulut dengan memeriksa lecet dan luka. Tidak ada pengobatan definitif untuk penyakit ini, biasanya dokter hanya menganjurkan memberikan terapi suportif yang dapat meringankan gejala, seperti menghindari makan makanan atau minuman pedas atau asam karena mereka dapat meningkatkan rasa sakit yang terkait dengan sariawan

Anda dapat memberi ibuprofen atau acetaminophen untuk demam dan nyeri (jangan berikan aspirin). Cegah penyebaran penyakit dengan menjauhkan anak Anda dari anak-anak lain dan sering mencuci tangan.

23 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Understanding your child’s eczema. (n.d.). (https://nationaleczema.org/eczema/children/)
Skin care for your baby. (2007). (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2528704/)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app