11 Buah yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Agu 2, 2021 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 4 menit
11 Buah yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Nanas mengandung bromelain yang dapat melunakkan leher rahim atau jalan lahir sehingga memicu kontraksi rahim.
  • Hindari makan buah-buahan mentah selama kehamilan agar tidak memicu konstipasi dan membahayakan kandungan.
  • Durian termasuk buah yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil karena mengandung alkohol dan asam arachidonat yang dapat meningkatkan kontraksi dan bayi lahir prematur.
  • Pastikan Anda sudah mencuci buah hingga bersih agar terbebas dari pestisida dan bakteri berbahaya yang bisa membahayakan janin.
  • Dapatkan paket pemeriksaan kandungan dengan promo menarik dan dokter berpengalaman melalui HDmall.
  • Gunakan fitur chat untuk berkonsultasi dengan apoteker kami secara gratis seputar obat dan pemeriksaan kesehatan yang Anda butuhkan.

Selama kehamilan, ibu disarankan untuk mengonsumsi banyak makanan bergizi, terutama buah-buahan. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata tidak semua buah itu aman untuk ibu hamil? Ya, walaupun mungkin beberapa di antaranya merupakan buah favorit Anda, sebaiknya hindari jenis buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil demi keselamatan si calon buah hati.

Jenis buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil

Ada sejumlah alasan kenapa beberapa buah tidak boleh dimakan ibu hamil. Ada yang bisa menyebabkan kontraksi rahim bahkan keguguran atau gangguan pencernaan seperti perut perih, kembung, dan konstipasi (BAB keras). Sebagian dari buah-buahan tersebut harus dihindari dan sebagian hanya perlu dibatasi.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Berikut ini beberapa jenis buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil, yaitu:

1. Nanas

Sebagian ibu hamil percaya kalau minum jus nanas bisa mempermudah proses persalinan. Hal ini mungkin ada benarnya, mengingat bromelain dalam nanas dapat melunakkan leher rahim atau jalan lahir. Karena itulah, makan nanas disebut bisa memicu pembukaan dan kontraksi rahim.

Namun, di sisi lain, buah asam segar yang satu ini juga dapat memicu keguguran bila dikonsumsi pada trimester pertama kehamilan. Alasannya sama, karena efek bromelain terhadap rahim tadi.

Oleh karenanya, sebaiknya hindari makan nanas saat hamil, terutama pada trimester pertama. Setelah melewati masa-masa hamil muda, Anda boleh makan nanas secukupnya karena buah inipun mengandung kaya nutrisi. 

Baca selengkapnya: Makan Nanas Saat Hamil, Aman atau Berbahaya?

2. Pepaya mentah

Pepaya mentah umumnya mengandung beragam enzim yang dapat memicu kontraksi rahim serta melunaknya jalan lahir. Hal inilah yang menyebabkan janin bisa lahir sebelum waktunya, atau mengalami keguguran. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Karena itulah, jangan sekali-kali makan pepaya mentah saat hamil, ya. Pilihlah jenis pepaya matang yang kaya manfaat: mulai dari melancarkan buang air besar dan penuh nutrisi penting bagi tubuh.

3. Pisang mentah

Selama ini pisang merupakan salah satu buah wajib bagi ibu hamil. Hal ini benar, asalkan pisangnya matang.

Lain halnya dengan pisang yang masih mentah. Buah yang tadinya bagus buat ibu hamil bisa berubah jadi buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil.

Pisang mentah mengandung banyak pati resisten yang sulit dicerna tubuh. Selain itu, pisang mentah juga lebih banyak kandungan taninnya, zat yang dapat memperlambat proses pergerakan makanan di usus.

Jadi, bila ibu hamil sampai makan pisang mentah, maka risiko konstipasi jadi lebih tinggi.

4. Leci

Kesegaran dan cita rasa leci sepertinya tidak bisa dinikmati ibu hamil karena buah ini bersifat ‘panas’. Jika kehamilan saja sudah membuat tubuh Anda kepanasan, mengonsumsi leci akan memperburuk kondisi tersebut. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Tak hanya berdampak pada janin, Anda bisa mengalami sakit perut hingga pendarahan yang memicu keguguran. Maka tak heran jika leci termasuk salah satu buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil.

Meski begitu, efek buruk leci selama kehamilan tergantung dari seberapa banyak Anda memakannya. Tidak masalah untuk mencicipi 1-2 buah leci dalam sehari, asalkan tidak terlalu banyak, ya.

5. Kentang berkecambah

Kentang yang disimpan di dapur tampak sudah bertunas (berkecambah)? Sebaiknya jangan dikonsumsi jika Anda sedang hamil.

Makanan yang satu ini tidak hanya berbahaya bagi ibu hamil, tetapi juga semu aorang. Hal ini karena kentang berkecambah mengandung solanin yang berbahaya bagi kesehatan. Zat toksin ini bisa menghambat pertumbuhan janin dan meningkatkan risiko keguguran.

Baca juga: 7 Jenis Buah yang Sangat Dianjurkan untuk Ibu Hamil Muda

6. Apel liar

Jika Anda menemukan pohon apel liar di pinggir, jangan buru-buru memetik lalu memakannya. Apel liar yang biasanya terasa asam, pahit, dan manis ini sepintas tampak cocok untuk meredakan morning sickness.

Namun, siapa sangka kalau buah ini dapat membuat rahim bergejolak dan berkontraksi, yang mana bisa menyebabkan keguguran atau bayi lahir prematur.

7. Persik

Walau rasanya manis, buah persik juga bersifat ‘panas’. Terlalu banyak mengonsumsinya bisa menyebabkan ibu hamil berisiko mengalami pendarahan. Di samping itu, kulit persik yang berambut juga bisa bikin tenggorokan gatal dan terbakar.

Oleh sebab itu, buah ini masuk dalam daftar buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil karena berisiko menyebabkan keguguran. Meskipun memang beberapa sumber masih membolehkan ibu hamil mengonsumsinya dalam jumlah yang sedikit.

8. Kesemek

Jangankan bagi ibu hamil, untuk orang normal saja kesemek bisa menyebabkan konstipasi alias sembelit. Penyebabnya karena kesemek mengandung kadar tanin yang tinggi.

Jadi ibu hamil yang saat ini sudah menderita konstipasi, ada baiknya menjauhi buah satu ini dan atasi dengan: Cara Aman Mengatasi Susah BAB Saat Hamil Tanpa Obat

9. Durian

Ibu hamil yang doyan durian memang harus belajar menahan diri. Buah ini bukannya tidak boleh dimakan ibu hamil, hanya perlu dibatasi konsumsi. 

Durian mengandung alkohol dan asam arachidonat yang dapat meningkatkan kontraksi dan bayi lahir prematur. Untuk meredakan ngidam durian, Anda boleh sama mengonsumsi 2-3 biji daging durian--bukan 2-3 buah penuh, ya.

10. Nangka

Tak jauh beda dari beberapa buah yang disebutkan sebelumnya, nangka juga bersifat ‘panas’. Tak jarang perut ibu hamil jadi terasa panas usai mengonsumsi buah satu ini.

Namun demikian, buah ini tidak mutlak harus dihindari. Jika Anda sudah pernah mencobanya selama hamil dan merasa baik-baik saja, Anda boleh saja lanjut makan nangka dengan tetap membatasi jumlahnya.

Lain halnya bagi bunda yang memiliki masalah lambung ataupun kembung, maka sebaiknya hindari buah yang satu ini.

Jika ada yang beranggapan bahwa buah nangka tidak boleh dimakan ibu hamil karena menyebabkan keguguran, maka hal ini adalah mitos belaka!

11. Semua buah yang tidak dicuci bersih

Buah apa pun yang tergolong sehat tetap bisa membahayakan ibu hamil kalau belum dicuci bersih. Pasalnya, buah yang belum dicuci rawan mengandung pestisida dan bakteri berbahaya yang dapat memicu keguguran hingga cacat pada bayi.

Baca juga: Berapa Banyak Jumlah Buah dan Sayuran yang Harus Dikonsumsi Ibu Selama Masa Kehamilan?

Nah, itu tadi jenis buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil dan perlu dihindari selama kehamilan. Beberapa di antaranya boleh dimakan asalkan memperhatikan asupannya. Jika muncul sensasi perut nyeri, kram, atau tidak nyaman setelah makan buah tertentu saat hamil, sebaiknya hentikan dan segera konsultasikan ke dokter kandungan Anda.

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Girija, P. (2008). Diet and regimen during pregnancy. Ancient science of life. 28. 40-3.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/224898534_Diet_and_regimen_during_pregnancy)
Ghosh, Debosree & Ghosh, Suvendu. (2018). Forbidden Foods for Healthy Pregnancy.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/328513110_Forbidden_Foods_for_Healthy_Pregnancy)
Arakelyan, Hayk. (2019). Dangerous Foods and Herbs in Pregnancy-3 Fruits Continued of Dangerous Foods and Herbs in Pregnancy-2 Vegetables.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/330243258_Dangerous_Foods_and_Herbs_in_Pregnancy-3_Fruits_Continued_of_Dangerous_Foods_and_Herbs_in_Pregnancy-2_Vegetables)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app