10 Cara Agar Cepat Punya Anak

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
10 Cara Agar Cepat Punya Anak

Banyak pasutri yang sudah bertahun-tahun menikah, belum dikaruniai momongan. Tingkat kesuburan, baik pada pria maupun wanita, mungkin dipengaruhi faktor genetik dan usia. Tetapi jika masih dalam usia subur, faktor pola hidup adalah yang paling berpengaruh.

Cara Cepat Mempunyai Anak

Anda bisa mencoba menerapkan hal-hal di bawah ini untuk mempercepat punya anak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

1. Stop kecanduan minuman bersoda

Wanita yang minum dua sampai tiga  gelas minuman bersoda dalam sehari, tingkat kesuburannya turun sebesar 16 persen, kata studi tahun 2012 yang dipimpin oleh peneliti Lauren Wise, ScD.

2. Pergi tidur lebih cepat

Riset membuktikan, wanita yang sedang menjalani terapi kesuburan, pasti disarankan untuk cukup istirahat. Tidurlah tujuh sampai delapan jam sehari. 

3. Jaga kesehatan area mulut dan gigi

Riset di Australia tahun 2011 menyebutkan, gusi berdarah memperpanjang waktu tunggu kehamilan selama dua bulan bagi pasien terapi kesuburan.

4. Olahraga tapi jangan terlalu keras

Wanita yang berolahraga minimal lima jam seminggu atau lebih dan berbadan kurus, ternyata 42 persen lebih tidak subur dibanding wanita berberat badan ideal yang berolahraga dalam kadar moderat.

5. Jangan biarkan suami terlalu banyak menonton TV

Pria yang menonton TV selama 20 jam semimggu memiliki jumlah sperma 40 persen lebih sedikit dari pria yang aktif bergerak. Demikian menurut studi Harvard tahun 2013.

6. Stop stres

Menurut Dr. Berga, stres kronis bisa menghentikan proses ovulasi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

7. Hindari gluten

Penelitian Columbia University mengatakan, enam persen wanita yang bermasalah dengan kesuburan karena sebab yang tidak bisa dijelaskan ternyata menderita celiac desease atau alergi gluten. Setelah menghentikan konsumsi gluten, mereka hamil dalam waktu setahun setelah mengubah pola makannya.

8. Dorong suami untuk menjadi langsing

Sebuah studi tahun 2013 menyebutkan bahwa pria yang obesitas memiliki jumlah dan konsentrasi sperma yang lebih rendah dari pria berberat badan ideal.

9. Berhenti merokok

Tak perlu lagi dijelaskan. Ribuan racun di dalam rokok akan menurunkan tingkat kesuburan secara drastis. Pria perokok memiliki jumlah sperma yang jauh lebih rendah dan berkualitas lebih buruk dibamding pria bukan perokok, menurut American Society for Reproductive Medicine. 

10. Pindahkan ponsel

Pria yang kerap menyimpan ponsel di saku celana atau di area pinggang memiliki jumlah sperma yang lebih rendah, kata studi yang dilakukan Environmental Working Group. Gelombang elektromagnetik dicurigai sebagai penyebabnya.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
one-child policy | Definition & Facts. Encyclopedia Britannica. (https://www.britannica.com/topic/one-child-policy)
Quick guide for families with children - kela.fi. Henkilöasiakkaat. (https://www.kela.fi/web/en/families-quick-guide)
How to make a baby: The quick + dirty guide to getting pregnant. Motherly. (https://www.mother.ly/life/how-to-make-a-baby-the-quick-dirty-guide-to-getting-pregnant)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app