Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Tumor Askin - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: SEP 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.700.605 orang

Tumor memang dikenal sebagai penyakit yang cukup berbahaya, yang juga sering dikenal sebagai cikal bakal tumbuhnya kanker. Kebanyakan orang sudah mengetahui apa itugt;tumor, 

dan tumor yang biasanya diderita adalah tumor-tumor seperti tumor otak, tumor payudara, tumor rahim dan sebagainya. Namun demikian, tumor yang satu ini mungkin jarang didengar.

Yap, tumor askin atau lebih dikenal dengan tumor tulang atau otot dinding dada. Keberadaannya memang sangat langka sehingga kurang menjadi sorotan masyarakat. Untuk lebih memperjelas apa itu tumor askin, maka berikut kami paparkan mengenai fakta-faktanya.

Fakta-Fakta Tentang Penyakit Tumor Askin

Pria Lebih Rentan
Seperti namanya, tumor ini menyerang otot dinding dada manusia. Faktanya, pria lah yang lebih rentan terkena tumor ini dibandingkan dengan wanita. 

Karena seperti pada fakta di kanker lainnya, otot lurik pria mempunyai resiko lebih tinggi terkena tumor baik itu jinak maupun ganas.

Sedangkan yang kita tahu, salah satu rangkaian otot lurik ini termasuk otot rangka yang sangat berkaitan erat dengan dinding dada. Selain itu, pria lebih mungkin melakukan gaya hidup yang tidak sehat seperti minum alkohol, rokok dan sebagainya.

Selain itu yang kita tahu, pria juga lebih cuek terhadap perubahan yang ada dalam dirinya. Mereka seringkali mengabaikan apa yang berubah dalam kesehatannya dan menganggap hal itu sebagai penyakit biasa yang akan sembuh pada waktunya. 

Termasuk dalam hal kesehatannya sendiri yang terkadang akan mengakibatkan pria sering mengabaikan penyakitnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli MASKER N95 3M 8210 via HonestDocs

Gunakan masker ini untuk kegiatan sehari-hari pada waktu kepekatan polusi udara meningkat. Selain itu, masker ini dapat digunakan oleh pekerja konstruksi dan juga petugas kesehatan. GRATIS ongkir untuk minimal pembelanjaan Rp50.000!

Hal ini dapat mengakibatkan deteksi yang terlambat terhadap keberadaan penyakit. Semakin terlambat deteksi dini yang dilakukan maka akan semakin berbahaya pada kesehatan pria

Apalagi tumor askin yang sangat rentan mengganggu kesehatan bahkan menyebabkan kematian. Oleh karena itu, semua orang harus lebih membiasakan diri untuk melakukan tindakan preventif.

Anak-Anak Lebih Beresiko
Tumor askin menyerang pada tulang dan dinding dada. Semakin cepat pertumbuhan tulang dan dinding dada, maka akan semakin rentan terjadinya tumor tersebut. 

Sedangkan yang kita ketahui bersama, masa anak-anak adalah masa dimana seseorang mengalami pertumbuhan yang begitu cepat.

Oleh karena itu, anak-anak pun mengalami pertumbuhan tulang dan otot dinding dada yang sangat cepat. Hal ini dapat memicu terjadinya tumor tersebut. 

Tumor askin biasanya paling banyak ditemukan pada anak usia 10-20 tahun. Namun beberapa orang dewasa juga dapat beresiko terkena penyakit tumor askin. Oleh karena itu semua usia perlu mewaspadai tumor ini.

Termasuk Ke Dalam Jenis Sarkoma Ewing
Sarkoma Ewing, mungkin banyak orang yang sangat asing dengan penyakit tumor askin. Namun penyakit ini sangat berbahaya karena langsung menyerang jaringan lunak pada manusia. Penyebab pasti sarkoma ewing sampai sekarang belum diketahui secara pasti.

Beberapa jenis kanker sarkoma ewing adalah kanker tulang ewing, kanker jaringan lunak, pPNet (Peripheral Primitive Neuroectodermal Tumor) dan tumor askin. Sedangkan tumor askin sendiri adalah jenis tumor pPNet yang menyerang bagian dada.

Gejalanya Yang Sulit Dibedakan

Seperti halnya penyakit pernapasan yang lain, tumor ini juga mempunyai gejala yang sangat mirip. Seperti susah untuk bernafas, sakit pada bagian dada, batuk kronis, dan terdapat benjolan di bagian dada.

Benjolan inilah yang terkadang sering disangka sebagai tumor payudara. Sedangkan gejala susah bernafas dan nyeri dada sering diabaikan sebagai penyakit asma. Oleh karena itu kita harus melakukan deteksi dengan menggunakan CT scan, MRI, dan deteksi lainnya.

Pegobatan Kombinasi

Tak cukup satu jenis pengobatan yang harus dijalani oleh penderita tumor ini, namun ada 3 pengobatan yang harus dijalani. Yaitu diantaranya kemoterapi, radioterapi, dan tindakan operasi.

Untuk mengecilkan massa tumor, maka dilakukan tindakan kemoterapi dan radioterapi terlebih dahulu. Lalu kemudian barulah dilakukan tindakan operasi. Setelah itu, penderita wajib mengikuti serangkaian tindakan kemoterapi dan radioterapi kembali.

Memang ada berbagai kemungkinan yang terjadi bila seseorang menderita tumor langka ini. Tingkat keparahan penyakit tergantung pada deteksi dini yang dapat kita lakukan. Oleh karena itu kita harus berusaha mengetahui semua tentang tumor ini agar deteksi dapat dilakukan secara dini.


Referensi

American Cancer Society (2018). What Is the Ewing Family of Tumors?

Benbrahim, et al. (2013). Askin's Tumor: A Case Report and Literature Review. World Journal of Surgical Oncology, 11:10.

Dou, et al. (2013). Treatment of an Askin Tumor: A Case Report and Review of the Literature. Oncology Letters, 6(4), pp. 985-989.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit