Tips Sehat Ala Presiden Jokowi

Dipublish tanggal: Jun 21, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 2, 2019 Waktu baca: 2 menit
Tips Sehat Ala Presiden Jokowi

Dalam menjalani tugas sebagai kepala negara dengan jadwal yang sangat padat, Presiden Joko Widodo diwajibkan untuk tetap sehat dan bugar. Presiden yang sudah memasuki usia 58 tahun ini pun selalu terlihat begitu energik dalam setiap kesempatan kunjungan ke berbagai wilayah di Indonesia. Lalu, apa rahasia Presiden Joko Widodo dalam menjaga kesehatan?

Tips sehat ala Presiden Joko Widodo

1. Mengonsumsi jamu

Presiden yang akrab disapa Jokowi ini membagikan tips sehat yang sering diungkapkannya dalam berbagai kesempatan bahwa ia rutin mengonsumsi minuman herbal yang terdiri dari 80 persen temulawak dan 20 persen sisanya adalah jahe yang diminum setiap hari dalam keadaan perut kosong. Suami dari Iriana ini juga menceritakan bahwa ia telah meminum jamu tersebut selama 17 tahun terakhir.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Menurut Presiden Jokowi, kandungan kurkuma (temulawak) memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, terutama untuk sistem pencernaan manusia. Selain itu, Presiden RI ke-7 itu pun mengungkapkan bahwa ia juga rutin meminum air kelapa hijau murni tiga kali seminggu sebagai bagian dari detoksifikasi tubuh dan telah dikonsumsi selama 3 tahun terakhir.

2. Mengendalikan diri & bersyukur

Rahasia sehat ala Presiden Jokowi lainnya adalah mampu mengendalikan emosi ketika menghadapi masalah dan tantangan. Presiden Joko Widodo juga mengatakan bahwa dirinya masih menyantap semua makanan, hanya saja memberikan batasan dan tidak makan secara berlebihan. Ia juga bersyukur diberikan kesehatan yang baik di tengah aktivitasnya yang begitu padat.

3. Cukup tidur

Presiden Joko Widodo juga menceritakan pengalamannya dalam menjaga kesehatan ketika menjadi seorang pengusaha furniture di Solo di mana ia biasanya bekerja selama belasan jam dan hanya tidur 1-2 jam setiap hari. Bahkan hingga menjabat sebagai Presiden pun, Jokowi mengatasinya dengan menyempatkan tidur dalam setiap perjalanannya.

Ayah dari Kaesang Pangarep, Gibran Rakabuming Raka, dan Kahiyang Ayu ini mengatakan bahwa bukan waktu tidurnya yang banyak tetapi frekuensi tidurnya yang banyak. Dalam perjalanan, Presiden Jokowi mengatakan dapat tidur selama 15 menit di mobil atau di pesawat selama 30 menit dan ia mengaku itu sudah cukup baginya. Tetapi ketika badan sudah terasa tidak enak, Presiden Jokowi memilih untuk segera tidur dan beristirahat.

4. Melakukan aktivitas fisik & berolahraga

Tak hanya itu, Presiden Jokowi yang berulang tahun setiap tanggal 21 Juni tersebut juga menceritakan kebiasaannya untuk melakukan jogging setidaknya dua kali seminggu. Ia juga kerap terlihat bermain bersama cucu kesayangannya, Jan Ethes, entah berjalan kaki, berolahraga, bermain tinju, bermain bola, hingga memberi makanan hewan peliharaan di lingkungan Istana Bogor.


Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app