5 Langkah Mudah Memilih Skincare yang Tepat Sesuai Kondisi Kulit

Dipublish tanggal: Jan 14, 2021 Update terakhir: Jan 14, 2021 Waktu baca: 3 menit
5 Langkah Mudah Memilih Skincare yang Tepat Sesuai Kondisi Kulit

Ringkasan

Buka

Tutup

    • Tidak semua produk skincare cocok untuk semua jenis kulit. Apalagi kalau kulitnya cenderung sensitif justru lebih rentan dengan efek samping produk;
    • Pahami dulu jenis kulit Anda, apakah tergolong kulit kering, kulit berminyak, kulit kombinasi, kulit normal, atau kulit sensitif;
    • Bagi pemilik kulit kering maupun sensitif, hindari produk pembersih (cleanser) yang mengandung alkohol atau pewangi;
    • Jika kulit Anda berminyak atau rentan berjerawat, carilah pelembap yang ringan dan bebas minyak supaya pori-pori kulit tidak tersumbat;
    • Gunakanlah tabir surya berspektrum luas dengan SPF minimal 30 dan oles ulang setiap dua jam;
    • Pastikan untuk selalu cek KLIK (cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa) untuk menghindari produk skincare palsu;
    • Klik untuk mendapatkan produk perawatan kecantikan lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD;
    • Anda juga dapat membeli paket perawatan kecantikan dengan dokter berpengalaman dan promo menarik lewat HDmall;
    • Gunakan fitur chat untuk berkonsultasi dengan apoteker kami secara gratis seputar obat dan paket kesehatan yang Anda butuhkan.

    Produk perawatan kulit alias skincare kian menjamur di berbagai toko fisik maupun online. Saking banyaknya, Anda mungkin jadi bingung harus memilih produk yang mana untuk menjaga kesehatan kulit wajah sendiri. 

    Hati-hati, jangan sampai Anda kalap dan malah membeli produk yang asal-asalan, ya. Biar tidak salah langkah, yuk, simak cara memilih skincare yang tepat sesuai kondisi kulit Anda berikut ini.

    Iklan dari HonestDocs
    Beli Perawatan Kecantikan via HDmall

    Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

    Default internal ads 16

    Tips memilih skincare yang tepat

    Jangan terburu-buru membeli produk skincare tanpa memahami betul seluk-beluknya, apalagi hanya karena tergiur dengan klaim atau diskon besar-besaran. Pasalnya, tidak semua produk skincare cocok untuk semua jenis kulit. Jika orang lain cocok dengan suatu produk, belum tentu produk tersebut juga cocok untuk kulit Anda.

    Apalagi kalau kulit Anda cenderung sensitif, salah pilih produk skincare malah bisa memperparah reaksi efek sampingnya. Misalnya, timbul rasa gatal, kulit kemerahan, ruam, hingga malah jerawatan. Itulah kenapa penting untuk memilih skincare yang tepat demi menjaga kecantikan dan kesehatan kulit wajah Anda.

    Supaya tidak salah langkah, simak tips memilih skincare yang tepat berikut ini:

    1. Ketahui jenis kulit Anda

    Sebagus apa pun produk skincare yang Anda pilih bisa jadi sia-sia jika ternyata tidak sesuai dengan jenis kulit Anda. Coba cari tahu dulu, seperti apa jenis kulit Anda?

    • Kulit kering: Cenderung bersisik atau kasar;
    • Kulit berminyak: Tampak berkilau, berminyak, dan mungkin memiliki pori-pori besar;
    • Kulit kombinasi: Kering di beberapa tempat (biasanya di pipi), tetapi berminyak di bagian lain (biasanya di T-zone yaitu dahi, hidung, dan dagu);
    • Kulit sensitif: Biasanya gampang perih, panas terbakar, atau gatal setelah menggunakan makeup atau skincare tertentu;
    • Kulit normal: Tidak terlalu kering maupun berminyak dan tidak sensitif.

    Baca selengkapnya: Dari 5 Jenis Kulit, Jenis Kulit yang Manakah Anda?

    2. Pilih pembersih wajah (face cleanser) sesuai jenis kulit

    Tips memilih skincare yang paling utama, tetapi sering terlewatkan adalah memilih pembersih (cleanser) yang tepat. Ini merupakan tahap awal yang berperan penting terhadap bersih atau tidaknya kulit Anda sebelum ditimpa dengan produk skincare lanjutan.

    Iklan dari HonestDocs
    Beli Perawatan Kecantikan via HDmall

    Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

    Default internal ads 16

    Jika dari awal saja sudah salah memilih cleanser, produk skincare yang Anda pilih tentu tidak dapat terserap dengan baik ke dalam kulit. Akibatnya, kulit malah bisa jadi berjerawat karena kotoran-kotoran di wajah tidak terangkat dengan maksimal.

    Untuk pemilik kulit kering

    Gunakan pembersih yang tidak mengandung alkohol maupun pewangi. Pasalnya, kedua zat tersebut malah bisa membuat kulit Anda semakin kering.

    Setelah itu, bilas wajah dengan air suam-suam kuku dan pastikan tidak ada sisa-sisa sabun yang menempel di wajah. Hindari menggunakan air yang terlalu panas karena bisa membilas minyak alami di wajah.

    Untuk pemilik kulit berminyak

    Anda disarankan untuk menggunakan cleanser yang bebas minyak (oil-free). Anda boleh saja menggunakan toner atau astringent setelahnya untuk membantu menghilangkan minyak berlebih di wajah sekaligus menjaga kebersihan kulit. Akan tetapi, penggunaannya harus hati-hati karena produk ini juga dapat mengiritasi kulit.

    Untuk pemilik kulit sensitif

    Pilihlah produk pembersih wajah yang mengandung lidah buaya, chamomile, green tea polyphenols, dan oat. Hindari produk yang mengandung alkohol, sabun, zat asam, atau pewangi karena bisa memicu iritasi kulit.

    3. Gunakan pelembap (moisturizer)

    Setiap jenis kulit membutuhkan pelembap supaya kulitnya tidak kering atau dehidrasi. Setelah mencuci muka, gunakan moisturizer untuk membantu mengunci kelembapan air di dalamnya. 

    Iklan dari HonestDocs
    Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

    Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

    Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

    Jika kulit Anda berminyak atau rentan berjerawat, carilah pelembap yang ringan dan bebas minyak supaya pori-pori kulit tidak tersumbat.

    Baca selengkapnya: Tips Sehat Memilih Pelembap Wajah

    4. Jangan lewatkan tabir surya (sunscreen)

    Beberapa jenis pelembap mungkin sudah mengandung tabir surya (sunscreen). Namun, tidak ada salahnya untuk menggunakan pelindung tambahan ke dalam serangkaian skin care Anda.

    Hati-hati, sinar matahari dapat merusak kulit Anda hanya dalam 15 menit saja, lho! Maka dari itu, gunakanlah tabir surya berspektrum luas dengan SPF minimal 30. 

    Oleskan sunscreen setiap hari meskipun Anda sedang di dalam ruangan maupun cuaca mendung. Ulangi setiap 2 jam supaya kulit tetap terlindungi sepanjang hari.

    5. Cek KLIK setiap produk skincare 

    Sebelum membeli kosmetik maupun skincare apa pun, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menganjurkan Anda untuk melakukan cek KLIK terlebih dahulu. Maksud dari cek KLIK itu sendiri adalah:

    • Cek Kemasan: Pastikan kemasan produk dalam kondisi baik;
    • Cek Label: Baca informasi produk yang tertera pada label;
    • Cek Izin Edar: Pastikan produk memiliki nomor izin edar dari Badan POM;
    • Cek Kedaluwarsa: Pastikan produk belum melewati tanggal kedaluwarsa.

    Tidak hanya memastikan kualitas produk skincare, metode cek KLIK ini juga bisa membantu menghindarkan Anda dari produk-produk palsu yang beredar di masyarakat. Anda bisa mengeceknya dengan mengunjungi laman resmi BPOM.

    Produk skincare yang memiliki nomor izin edar dari BPOM sudah bisa dipastikan aman untuk kesehatan. Nah, hati-hati dan cermat memilih skincare bisa membantu Anda mewujudkan kulit yang cantik dan sehat serta minim efek samping. 

    Baca juga: Cara Memilih Produk Kosmetik yang Aman


    6 Referensi
    Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
    WebMD. Building Your Perfect Skin Care Routine. (https://www.webmd.com/beauty/ss/slideshow-skincare-routine). 4 Desember 2018.
    The Healthy. 8 Signs Your Skin Products Are Secretly Damaging Your Face. (https://www.thehealthy.com/beauty/face-body-care/skin-care-products-bad-for-you/). 8 Desember 2020.
    PLOS ONE. Effects of skin care habits on the development of rosacea multi-center retrospective case-control survey in China population. (https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0231078). 27 April 2020.

    Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

    Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
    (1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

    Tanya Dokter

    Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


    Lampirkan file (foto atau video)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    * Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

    Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

    Submit
    Buka di app