Olahraga dan Kebugaran

Tips Gerakan Olahraga Menggunakan Resistance Band

Dipublish tanggal: Jul 12, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 2 menit
Tips Gerakan Olahraga Menggunakan Resistance Band

Resistance Band merupakan peralatan olahraga sederhana yang memanfaatkan bahan karet sebagai tambahan beban ketika olahraga. Bobotnya yang ringan serta berukuran kecil membuat Resistance Band mudah dibawa kemanapun. 

Jenis Resistance Band juga beragam dilihat dari ukuran hingga kemampuan peregangan yang bervariasi. Semakin sulit karet merenggang, semakin tinggi pula bobot dari Resistance Band.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Latihan menggunakan Resistance Band

Berikut ini adalah variasi olahraga yang bisa Anda lakukan memanfaatkan Resistance Band, antara lain:

Bicycle Crunches

Bicycle Crunches merupakan jenis latihan workout yang menyerupai orang yang sedang menggunakan sepeda. Bedanya, Bicycle Crunches dilakukan dalam posisi berbaring di atas matras atau alas. 

Cara melakukannya Anda cukup menaruh Resistance Band pada telapak serta punggung kaki. Gunakan Resistance Band jenis loop. Cara melakukannya cukup meletakkan kedua tangan di belakang kepala kemudian angkat kedua kaki dalam posisi menekuk sebesar 90 derajat. 

Secara bergantian tarik kaki kanan ke arah siku tangan kiri sebesar 45 derajat dan lakukan yang sama pada kaki kiri. Rutinkan melakukan latihan ini sebanyak 20 kali setiap hari.

Bridge Kick Press

Bridge Kick Press dilakukan dengan posisi berbaring di atas matras dengan kepala menghadap ke langit-langit. Posisikan Resistance Band pada telapak kaki dan pegang kedua ujung Resistance Band. 

Tekuk lutut salah satu kaki hingga tegang lurus dengan punggung sementara tumit dari kaki lain digunakan sebagai tumpuan. Tarik Resistance Band hingga tangan melampau kepala sambil meluruskan kaki hingga membentuk sudut 45 derajat. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Bersamaan dengan meluruskan kaki, angkat pinggul hingga sejajar dengan kaki.

Lateral walk

Lateral walk atau yang juga dikenal sebagai crab walk merupakan latihan berjalan dengan menyamping. Cara melakukannya cukup mudah, Anda hanya perlu menggunakan Resistance Band berjenis loop yang dipasang pada bagian betis bawah. 

Letakkan kedua tangan di depan dada. Tarik keluar kaki kanan dan kaki kiri secara berulang dan bergantian. Ketika melakukan latihan lateral walk, pastikan tumpuan kaki Anda kuat untuk menopang tubuh. Condongkan bokong tubuh ke arah belakang ketika melakukan lateral walk.

Squats

Latihan squats dilakukan seperti halnya squats jump biasa yaitu dengan bergerak jongkok kemudian berdiri secara berulang-ulang. Jika Anda ingin mengkombinasikan Resistance Band ketika melakukan latihan squats jump, Anda cukup menginjak Resistance Band di kedua kaki Anda dan memegang kedua ujungnya dengan tangan. 

Posisikan Resistance Band pada belakang tubuh serta dalam posisi menopang bahu. Ketika menarik Resistance Band, pastikan siku selalu dalam posisi terbuka atau terangkat.

Tips memilih Resistance Band yang baik untuk workout

Keberadaan resistance band tentu sudah tidak asing bagi pecinta workout. Selain harga yang murah, resistance band juga dapat digunakan untuk membantu segala jenis workout sehingga lebih banyak dipilih. Berikut ini adalah tips terkait memilih resistance band yang baik untuk pendamping workout Anda.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Hindari memilih resistance band dari bahan lateks

Resistance band dibuat dari bahan yang beraneka ragam, salah satunya adalah lateks. Meski demikian, tidak semua wanita bisa menggunakan resistance band yang terbuat dari lateks karena alasan alergi

Oleh sebab itu, Anda bisa memilih merek lain yang menawarkan resistance band yang terbuat dari bahan selain lateks.

Tidak cukup satu

Resistance band dibuat dengan kekuatan tarikan yang berbeda dan bentuk yang berbeda. Ada resistance band yang berbentuk loop dan tali panjang. Untuk kekuatan, terdapat tingkatan mudah, sedang hingga sulit. Usahakan memiliki ketiganya karena memiliki manfaat yang berbeda.

Nah itulah cara untuk melakukan resistance band agar bisa lebih maksimal dalam membentuk otot. Silahkan dipraktikkan ya.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Resistance Band Training - How To Do it Right. Women's Health. (Accessed via: https://www.womenshealthmag.com/uk/fitness/strength-training/a708810/resistance-band-training/)
Benefits of Resistance Bands for Strength Training. Verywell Fit. (Accessed via: https://www.verywellfit.com/resistance-bands-strength-training-3498170)
11 Best Resistance Band Exercises for a Full Body Workout. adidas Runtastic. (Accessed via: https://www.runtastic.com/blog/en/resistance-band-exercises/)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Manakah Yang Lebih Efektif Dalam Menurunkan Berat Badan: Latihan Kekuatan Otot Atau Kardio?
Manakah Yang Lebih Efektif Dalam Menurunkan Berat Badan: Latihan Kekuatan Otot Atau Kardio?

Dua olahraga tersebut sama pentingnya bagi kesehatan tubuh. Tetapi apabila tujuannya untuk menurunkan berat badan, maka akan lebih baik jika Anda melakukan latihan kardio. Bukan karena latihan kekuatan otot tidak lebih baik, tetapi karena latihan kardio memiliki kecepatan yang berbeda dalam membakar kalori.

Begini Cara Melakukan Olahraga CrossFit untuk Pemula
Begini Cara Melakukan Olahraga CrossFit untuk Pemula

Apabila sebelumnya kamu belum pernah melakukan olahraga ini, namun ingin mencobanya di rumah, ada lima latihan ketahanan tubuh untuk mendongkrak kinerja tubuhmu. Lima latihan ini bisa kamu lakukan satu persatu selama lima hari.

Buka di app