Tips Gerakan Olahraga Menggunakan Resistance Band

Dipublish tanggal: Jul 12, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Tips Gerakan Olahraga Menggunakan Resistance Band

Resistance Band merupakan peralatan olahraga sederhana yang memanfaatkan bahan karet sebagai tambahan beban ketika olahraga. Bobotnya yang ringan serta berukuran kecil membuat Resistance Band mudah dibawa kemanapun. 

Jenis Resistance Band juga beragam dilihat dari ukuran hingga kemampuan peregangan yang bervariasi. Semakin sulit karet merenggang, semakin tinggi pula bobot dari Resistance Band.

Latihan menggunakan Resistance Band

Berikut ini adalah variasi olahraga yang bisa Anda lakukan memanfaatkan Resistance Band, antara lain:

Bicycle Crunches

Bicycle Crunches merupakan jenis latihan workout yang menyerupai orang yang sedang menggunakan sepeda. Bedanya, Bicycle Crunches dilakukan dalam posisi berbaring di atas matras atau alas. 

Cara melakukannya Anda cukup menaruh Resistance Band pada telapak serta punggung kaki. Gunakan Resistance Band jenis loop. Cara melakukannya cukup meletakkan kedua tangan di belakang kepala kemudian angkat kedua kaki dalam posisi menekuk sebesar 90 derajat. 

Secara bergantian tarik kaki kanan ke arah siku tangan kiri sebesar 45 derajat dan lakukan yang sama pada kaki kiri. Rutinkan melakukan latihan ini sebanyak 20 kali setiap hari.

Bridge Kick Press

Bridge Kick Press dilakukan dengan posisi berbaring di atas matras dengan kepala menghadap ke langit-langit. Posisikan Resistance Band pada telapak kaki dan pegang kedua ujung Resistance Band. 

Tekuk lutut salah satu kaki hingga tegang lurus dengan punggung sementara tumit dari kaki lain digunakan sebagai tumpuan. Tarik Resistance Band hingga tangan melampau kepala sambil meluruskan kaki hingga membentuk sudut 45 derajat. 

Bersamaan dengan meluruskan kaki, angkat pinggul hingga sejajar dengan kaki.

Lateral walk

Lateral walk atau yang juga dikenal sebagai crab walk merupakan latihan berjalan dengan menyamping. Cara melakukannya cukup mudah, Anda hanya perlu menggunakan Resistance Band berjenis loop yang dipasang pada bagian betis bawah. 

Letakkan kedua tangan di depan dada. Tarik keluar kaki kanan dan kaki kiri secara berulang dan bergantian. Ketika melakukan latihan lateral walk, pastikan tumpuan kaki Anda kuat untuk menopang tubuh. Condongkan bokong tubuh ke arah belakang ketika melakukan lateral walk.

Squats

Latihan squats dilakukan seperti halnya squats jump biasa yaitu dengan bergerak jongkok kemudian berdiri secara berulang-ulang. Jika Anda ingin mengkombinasikan Resistance Band ketika melakukan latihan squats jump, Anda cukup menginjak Resistance Band di kedua kaki Anda dan memegang kedua ujungnya dengan tangan. 

Posisikan Resistance Band pada belakang tubuh serta dalam posisi menopang bahu. Ketika menarik Resistance Band, pastikan siku selalu dalam posisi terbuka atau terangkat.

Tips memilih Resistance Band yang baik untuk workout

Keberadaan resistance band tentu sudah tidak asing bagi pecinta workout. Selain harga yang murah, resistance band juga dapat digunakan untuk membantu segala jenis workout sehingga lebih banyak dipilih. Berikut ini adalah tips terkait memilih resistance band yang baik untuk pendamping workout Anda.

Hindari memilih resistance band dari bahan lateks

Resistance band dibuat dari bahan yang beraneka ragam, salah satunya adalah lateks. Meski demikian, tidak semua wanita bisa menggunakan resistance band yang terbuat dari lateks karena alasan alergi

Oleh sebab itu, Anda bisa memilih merek lain yang menawarkan resistance band yang terbuat dari bahan selain lateks.

Tidak cukup satu

Resistance band dibuat dengan kekuatan tarikan yang berbeda dan bentuk yang berbeda. Ada resistance band yang berbentuk loop dan tali panjang. Untuk kekuatan, terdapat tingkatan mudah, sedang hingga sulit. Usahakan memiliki ketiganya karena memiliki manfaat yang berbeda.

Nah itulah cara untuk melakukan resistance band agar bisa lebih maksimal dalam membentuk otot. Silahkan dipraktikkan ya.


6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Resistance Band Training - How To Do it Right. Women's Health. (Accessed via: https://www.womenshealthmag.com/uk/fitness/strength-training/a708810/resistance-band-training/)
Benefits of Resistance Bands for Strength Training. Verywell Fit. (Accessed via: https://www.verywellfit.com/resistance-bands-strength-training-3498170)
11 Best Resistance Band Exercises for a Full Body Workout. adidas Runtastic. (Accessed via: https://www.runtastic.com/blog/en/resistance-band-exercises/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel selanjutnya
Gatal-gatal Saat Latihan Fisik? Mungkin 4 Hal Penyebabnya
Gatal-gatal Saat Latihan Fisik? Mungkin 4 Hal Penyebabnya

Apa penyebabnya sehingga Anda sering merasakan gatal-gatal saat latihan fisik? Penting bagi Anda untuk mengetahui penyebabnya supaya mendapat penanganan yang tepat. Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui penyebabnya.

Cara Tepat Menjaga Hidrasi Ketika Bermain Sepak Bola
Cara Tepat Menjaga Hidrasi Ketika Bermain Sepak Bola

Jumlah keringat yang anda keluarkan akan menjadi patokan bagi anda untuk menentukan jumlah cairan yang akan anda butuhkan selama bertanding. Silahkan minum cairan sebanyak jumlah itu selama bertanding. Sebaiknya anda tidak minum cairan dengan jumlah lebih banyak, hal ini akan menambah berat badan anda semakin meningkat ketika bertanding.

Begini Cara Melakukan Olahraga CrossFit untuk Pemula
Begini Cara Melakukan Olahraga CrossFit untuk Pemula

Apabila sebelumnya kamu belum pernah melakukan olahraga ini, namun ingin mencobanya di rumah, ada lima latihan ketahanan tubuh untuk mendongkrak kinerja tubuhmu. Lima latihan ini bisa kamu lakukan satu persatu selama lima hari.

Buka di app