Tips Ampuh Sembuhkan Radang Tenggorokan dengan Bahan Alami

Dipublish tanggal: Jun 15, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Tips Ampuh Sembuhkan Radang Tenggorokan dengan Bahan Alami

Tubuh manusia dirancang dengan berbagai sistem yang terhubung satu sama lain. Sehingga akan memberikan reaksi apabila terdapat suatu gangguan yang abnormal, seolah memberitahu si pemilik tubuh bahwa ada sesuatu yang asing di dalamnya seperti timbul gejala radang tenggorokan.

Radang tenggorokan merupakan suatu gejala yang timbul di area tenggorokan hingga terasa ke dalam mulut. Biasanya gejala ini terjadi akibat aktivitas bakteri bernama Tonsillitis dan Streptococcus yang bisa menimbulkan infeksi tenggorokan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Sehingga pada umumnya radang tenggorokan bisa disembuhkan dengan ramuan alami yang bisa Anda buat sendiri dari rumah, meskipun pada kasus tertentu membutuhkan penanganan secara medis.

Masa terjadinya radang tenggorokan ringan dan sedang hanya memerlukan waktu sebentar saja. Sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang gejala ini, sebab Anda hanya perlu bersabar sembari mengkonsumsi beberapa ramuan tradisional. Selain itu hampir semua usia memiliki risiko yang sama untuk terkena radang tenggorokan.

Terdapat beberapa ramuan rumahan yang bisa Anda coba. Sehingga Anda dapat segera sembuh dan kembali beraktivitas seperti biasa. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Ramuan Kumur Air Garam

Salah satu ramuan yang ampuh untuk menyembuhkan radang tenggorokan adalah air garam. Sangat efektif digunakan saat Anda baru saja bangun pagi, di saat tenggorokan sudah menunjukkan rasa sedikit sakit dan perih.

Maka segera ambil satu sendok teh garam yang dicampurkan dengan 100 ml air, sangat disarankan konsentrasi yang lebih pekat antara bahan keduanya. Dimana ramuan yang Anda buat lebih asin sehingga mampu membunuh bakteri yang memberikan perasaan lega pada tenggorokan.

Ramuan Lemon Madu

Ramuan selanjutnya adalah mencampurkan dua bahan yang mampu mengusir radang tenggorokan ialah campuran lemon dan madu. Dimana Anda bisa menyiapkan air hangat yang ditambah beberapa sendok madu dan perasan air lemon.

Iklan dari HonestDocs
Beli SP Troches Melon via Pengiriman Obat HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Screen shot 2019 04 10 at 17.23.43

Perpaduan unik ramuan ini akan membuat lendir di dalam tenggorokan terurai dan otot tenggorokkan menjadi lemas. Kemudian selanjutnya berfungsi juga untuk membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan. Sehingga nyeri tenggorokan akan sembuh jika dikonsumsi dengan rutin.

Ramuan Sup Ayam

Salah satu jenis makanan yang disarankan ketika memiliki radang tenggorokan adalah sup ayam hangat. Dimana rempah-rempah yang terkandung di dalam sup ayam mampu meredakan tenggorokan yang sakit. 

Sup ayam juga menjadi alternatif makanan, sebab selama Anda mengalami nyeri tenggorokan, disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan dengan kandungan minyak, bersantan, pedas dan manis secara berlebihan. Karena makanan tersebut dapat memperparah kondisi tenggorokan akibat infeksi bakteri yang terus berlangsung.

Ramuan Jus Buah dan Sayuran

Kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah dan sayuran diyakini dapat menjadi obat ampuh meredakan radang tenggorokan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi tenggorokan Anda yang terganggu, cukup ambil beberapa jenis buah atau sayuran kemudian di buat jus untuk beberapa kali dalam sehari. 

Kandungan nutrisi yang dipenuhi dalam porsi harian selalu menjadi cara terbaik untuk meredakan berbagai gejala penyakit, termasuk radang tenggorokan.

Selain ramuan-ramuan alami tersebut, hendaknya Anda juga menjaga kondisi tubuh tetap prima. Dimana Anda bisa hindari dari hujan-hujanan dan cuaca yang terlalu panas, sebab kondisi tersebut bisa memperparah gejala sekaligus menimbulkan berbagai penyakit lainnya.

Demikian tips ampuh untuk menyembuhkan radang tenggorokan dengan ramuan-ramuan alami di rumah Anda. Pastikan untuk konsumsi rutin supaya kekebalan tubuh menjadi semakin lebih baik dan terhindar dari berbagai gejala seperti radang tenggorokan.

44 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Shelov SP, et al. Ears, Nose and Throat. In: Caring for Your Baby and Young Child: Birth to Age 5. 6th ed. New York, N.Y.: Bantam Books; 2014.
AIDS and opportunistic infections. Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/hiv/basics/livingwithhiv/opportunisticinfections.html.
Gonzalez MD, et al. New developments in rapid diagnostic testing for children. Infectious Disease Clinics of North America. 2018;32:19.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app