Tips Alami Kembalikan Dahi Mulus Tanpa Kerutan

Dipublish tanggal: Jul 31, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Agu 8, 2019 Waktu baca: 3 menit
Tips Alami Kembalikan Dahi Mulus Tanpa Kerutan

Kerutan yang muncul pada area wajah, termasuk di area dahi tentu mengganggu penampilan. Garis halus atau kerutan di dahi tersebut dapat muncul seiring bertambahnya usia.

Salah satu tanda penuaan ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti faktor penuaan yang membuat kulit di wajah menjadi lebih kendur sehingga memunculkan kerutan, terbiasa mengernyitkan dahi maupun suka cemberut, stress, hingga paparan polusi dan radikal bebas serta sinar matahari. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Tips Alami Kembalikan Dahi Mulus Tanpa Kerutan

Jika Anda memiliki keluhan berupa kerutan di area dahi dan ingin mengembalikan dahi mulus tanpa kerutan, berikut ini beberapa tips alami yang bisa Anda coba:

Melakukan senam dahi

Senam dahi diketahui dapat membantu mengembalikan kekencangan kulit wajah terutama area dahi. Untuk melakukan ini sangatlah mudah, Anda hanya perlu menempatkan kedua tangan di bagian dahi sembari membuka mata. Kemudian gerakkan kedua alis maupun kelopak mata ke bagian atas. 

Pastikan kedua ujung jari tangan kanan maupun tangan kiri saling berhadapan di masing-masing bagian dahi. Tahan posisi kelopak mata dan alis selama lima detik kemudian lepaskan. Ulangi posisi ini hingga lima kali. Senam ini akan membantu otot dahi untuk mengurangi keriput di area wajah.

Anda juga dapat melakukan hal yang sama pada bagian kening, alis, dan hidung dengan mengerutkannya selama lima detik, lalu lepaskan. Ulangi juga cara ini dengan rileks hingga lima kali dalam sehari.

Memperbanyak konsumsi air putih

Air putih sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Tidak hanya menghindari tubuh dari risiko dehidrasi dan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, dengan minum air putih yang cukup juga dapat membantu menjaga keelastisan kulit. Ketika Anda minum air putih dalam jumlah yang optimal, maka kulit akan terhidrasi dengan baik sehingga tetap elastis.

Jumlah yang disarankan untuk dikonsumsi orang dewasa selama satu hari adalah sebanyak 8 gelas. Meski begitu, jumlah ini dapat ditambah atau dikurangi sesuai dengan kebutuhan harian Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Baca juga: Sudah Cukupkah Minum 8 Gelas Sehari?

Kualitas tidur yang cukup

Tidur merupakan salah satu faktor yang menentukan proses penuaan yang dialami oleh seseorang. Dengan tidur cukup setiap harinya, Anda dapat membantu kulit beregenerasi sehingga mengembalikan kualitasnya menjadi lebih baik. Hal ini tentunya dapat menjaga kesehatan kulit, membuat kulit tampak cerah, serta mengurangi kemungkinan munculnya jerawat pada wajah.

Jumlah jam yang disarankan untuk beristirahat setiap harinya adalah sebanyak 6-8 jam untuk orang dewasa. Karena ketika tidur, tubuh akan merangsang keluarnya hormon Human Growth Hormone (HGH) yang berfungsi untuk mencegah penuaan dini serta menjaga elastisitas kulit secara optimal. Sementara itu, jika Anda suka begadang atau tidur malam dapat menyebabkan meningkatnya hormon stres kortisol yang akan merusak sel-sel kulit.

Menjaga Asupan Makanan yang Bergizi

Asupan makanan sangat menentukan kualitas kulit Anda, sehingga sebaiknya hindari makanan maupun minuman yang dapat merangsang atau mempercepat penuaan dini dan kerutan pada wajah. Maka dari itu, Anda dapat meningkatkan asupan makanan maupun minuman yang dapat menjaga kulit tetap sehat dan awet muda.

Kurangi makanan dan minuman yang dapat mempercepat timbulnya keriput, seperti makanan yang mengandung garam tinggi, goreng-gorengan, minuman beralkohol, dan minuman yang mengandung soda. 

Sementara jenis makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan kulit adalah makanan yang kaya antioksidan seperti kacang-kacangan baik kacang kenari ataupun kacang almond, sayuran berwarna hijau gelap, serta buah-buahan yang kaya antioksidan. Beberapa jenis makanan ini dapat membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh sehingga mempertahankan kulit agar tetap kencang dan terlihat awet muda.

Iklan dari HonestDocs
Dermal Fillers Treatment di Reface Clinic

Dermal Filler merupakan perawatan wajah yang berfungsi untuk memperbaiki area tertentu yang memang diperlukan. Misalnya, untuk membantu mengatasi kerutan, garis halus atau cekungan yang disebabkan penuaan, meratakan tekstur dan menghaluskan kulit, hingga menghilangkan bekas luka. Perawatan wajah ini dilakukan dengan menyuntikan cairan seperti asam hialuronat atau kolagen, maupun zat sintesis kebagian wajah yang bermasalah, Contohnya pipi,hidung,bibir,rahang,dagu,area sekitar muka, dan lainnya. Perawatan dermal filler akan menjadikan wajah menjadi lebih berisi sehingga keriput atau garis-garis halus jadi tersamarkan.

Dermal fillers treatment di reface clinic

Baca juga: Manfaat dan Sumber Makanan yang Kaya Antioksidan

Melakukan pemijatan area wajah

Tidak perlu selalu pergi ke salon untuk mempercantik diri, Anda kini dapat melakukan pemijatan wajah sendiri di rumah. Pijat wajah yang dapat membantu menyamarkan garis-garis halus yang ada pada area wajah serta mengencangkan kulit ini sebaiknya dilakukan secara rutin setiap hari.

Untuk melakukan pemijatan, Anda cukup letakkan ujung jari tangan di bagian wajah yang berkerut. Tekan area yang berkerut tersebut dari bagian atas ke bawah. Kemudian tekan ke arah horizontal, yaitu dari alis bagian atas hingga ke area pelipis. Kemudian lakukan gerakan memutar pada garis-garis halus.

Selain melakukan beberapa tips di atas, Anda pun perlu menggunakan sunblock terutama ketika berada di luar ruangan agar menghindari dampak sinar UV secara langsung dan menghentikan kebiasaan merokok yang dapat mengingkatkan risiko munculnya garis halus pada wajah.

14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yui S, et al. (2017). Beneficial effects of lemon balm leaf extract on in vitro glycation of proteins, arterial stiffness, and skin elasticity in healthy adults. DOI: (https://doi.org/10.3177/jnsv.63.59)
Young AR, et al. (2017). Ultraviolet radiation and the skin: Photobiology and sunscreen photoprotection. DOI: (https://doi.org/10.1016/j.jaad.2016.09.038)
Okada HC, et al. (2013). Facial changes caused by smoking: A comparison between smoking and nonsmoking identical twins. DOI: (https://doi.org/10.1097/PRS.0b013e3182a4c20a)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app