Tindakan Berbahaya Ketika Berhubungan Intim

Dipublish tanggal: Mei 26, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Tindakan Berbahaya Ketika Berhubungan Intim

Vagina yang notabene merupakan organ penting, terutama ketika berhubungan badan ternyata akan mengalami beberapa indikasi bahaya jika persiapan seks dilakukan secara tidak baik. Ada berbagai peranan penting yang dimiliki vagina, di antaranya sebagai alat reproduksi, menjadi sumber kesuburan, dan juga sebagai alat untuk mencapai orgasme. Supaya terus berfungsi dengan baik, kesehatan vagina harus dijaga.

Sekilas memang vagina hanya berbentuk organ tubuh kecil yang kesannya mudah saja perawatan bisa dilakukan. Namun, jika menelisik lebih jauh ke dalam tubuh manusia, vagina sendiri merupakan bagian tubuh kompleks. Ada berbagai bagian di dalamnya, seperti leher rahim dan rahim itu sendiri. Semua tahu fungsi rahim adalah untuk tempat tinggal bayi ketika semasa di dalam kandungan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Selain menjadi tempat tinggal rahim, vagina juga memiliki peranan penting. Sebab kebutuhannya bukan untuk alat reproduksi saja, namun juga sebagai alat untuk mencapai nirwana saat melakukan hubungan seks bersama pasangan. Untuk itu, penting menjaga kesehatan vagina, terutama ketika berhubungan intim dengan tidak melakukan beberapa hal ini sebelum seks dimulai bersama pasangan:

Menggunakan Parfum ke Area Vagina

Yang tidak boleh dilakukan jika Anda menginginkan vagina tetap nyaman dan sehat adalah mengaplikasikan parfum ke area vagina sebelum hubungan intim dimulai. Penyemprotan parfum ini mungkin bertujuan untuk menyenangkan pasangan. Namun, Anda salah kaprah sebab kandungan parfum justru bisa membahayakan keseimbangan bakteri baik dan bakteri jahat di dalam vagina.

Mengaplikasikan Baby Oil sebagai Pelumas

Kemudian yang juga tidak boleh dilakukan kepada vagina sebelum berhubungan seks adalah penggunaan baby oil sebagai pelumas. Mungkin akan lebih menyenangkan jika ketika berhubungan seks menggunakan pelumas, namun jika bukan dengan cairan yang benar maka bisa membahayakan vagina. Baby oil memiliki kandungan tertentu yang juga sama seperti parfum, bisa mengganggu stabilitas vagina.

Melumuri Diri dengan Kudapan Manis

Ketiga, hal ini tidak boleh juga dilakukan ketika hendak berhubungan seks adalah melumuri diri atau pasangan dengan whipped cream atau cairan manis lainnya. Tujuannya mungkin untuk membuat hubungan seks menjadi lebih bergairah, namun dampaknya bisa sangat fatal. Apalagi jika kudapan manis tersebut mengenai area vagina wanita, hal tersebut bisa menyebabkan bahaya dalam jangka panjang.

Malas Menggunakan Kondom

Berikutnya yang sama sekali tidak boleh diaplikasikan tepat sesaat sebelum berhubungan seksual adalah tidak menggunakan kondom tatkala Anda ingin menunda momongan atau pasangan memiliki penyakit kelamin. Berbagai hal tersebut mesti dihindari semaksimal mungkin sebab nanti dampaknya bukan hanya kabar bahagia, seperti kehamilan. Berbagai serangan penyakit dari mulai kategori ringan sampai dengan berbahaya jika memang pasangan terjangkit penyakit kelamin.

Asal Menggunakan Sex Toys

Kelima, hal yang sama sekali tidak boleh dilakukan kepada vagina wanita ketika mau berhubungan seksual aman serta nyaman adalah penggunaan sembarang sex toys. Penggunaan ini juga bisa menjadi tujuan utama untuk meningkatkan gairah sebelum berhubungan seksual. Sayangnya, jika tidak selektif dalam penggunaan sex toys atau benda apa pun, akan sulit bagi Anda untuk menciptakan nuansa sehat, terutama di area vagina. Pastikan dulu semua benda steril betul ketika hendak dijadikan pancingan.

Itu dia berbagai hal yang dirasa sepele padahal amat penting untuk menjaga kesehatan vagina. Pentingnya peranan vagina tentu seharusnya mendapatkan perhatian penting, tidak hanya oleh wanita, namun juga oleh pasangannya. Pasalnya jika vagina sudah dalam kondisi paling berbahaya, bukan hanya menyiksa, namun kemungkinan mendapatkan anak pun akan kecil sekali bisa diterima. Yuk, mulai hidup sehat dari sekarang dengan tetap memperhatikan si kecil yang penting dan tersembunyi itu.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Starting a New Sexual Relationship After a Sex Hiatus. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/sexual-health/get-ready-sex-again/)
List of Vaginal preparations - Generics Only. Drugs.com. (https://www.drugs.com/drug-class/vaginal-preparations.html)
Vaginal preparation with antiseptic solution before cesarean section for preventing postoperative infections. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/30016540)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app