Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN
Seks dan Hubungan

5 Tips Berhubungan Seksual Setelah Operasi Caesar

Update terakhir: NOV 17, 2019 Tinjau pada NOV 17, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.708.981 orang

Banyak yang beranggapan berhubungan seksual setelah melahirkan secara caesar akan lebih mudah dibandingkan secara normal. Padahal hal tersebut adalah hal yang salah. 

Ibu yang melahirkan secara Caesar umumnya menghadapi hal yang sama dengan yang normal. Artikel berikut menjelaskan mengapa kembali berhubungan seks pasca melahirkan secara caesar menyakitkan bagi Ibu dan tips menghadapinya.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Operasi caesar adalah tindakan medis yang diambil oleh dokter apabila bayi harus dikeluarkan dari rahim ibu namun terdapat kendala. 

Contoh kendala tersebut adalah air ketuban pecah sebelum pembukaan lengkap, placenta previa, posisi bayi sungsang, dsb. Umumnya operasi ini berjalan selama 1 jam bergantung kesulitan yang dihadapi tim medis.

Sama seperti ibu melahirkan dengan cara normal, melahirkan dengan cara caesar juga mengalami pendarahan atau biasa disebut nifas. Lamanya masa nifas biasanya berkisar 6 hingga 8 minggu

Pada masa ini rahim perlahan-lahan kembali ke bentuk semula dan dinding vagina biasanya menjadi agak kering. Keringnya dinding vagina diakibatkan oleh menurunnya produksi hormon estrogen

Memaksakan untuk berhubungan seksual akan terasa menyakitkan dan tidak nyaman. Berikut beberapa tips agar berhubungan seksual pasca operasi caesar nyaman dijalani!

Senam Kegel

Senam kegel dikenal membantu otot-otot pada dinding vagina agar tetap lentur sehingga berhubungan intim terasa nikmat. Senam kegel diperlukan karena otot pada rahim, panggul, vagina, sekitar anus dan kandung kemih bekerja keras menahan beban setelah hamil

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Apabila saat hamil rutin dilakukan senam kegel, Ibu akan terhindar dari risiko robeknya daerah perineum.

Senam kegel dapat dilakukan di rumah tanpa bantuan instruktur. Hal pertama yang dilakukan adalah dengan duduk dengan posisi yang nyaman dan badan tegak. 

Setelah itu coba untuk melakukan gerakan menahan pipis sekitar 10 detik. Ulangi gerakan sekitar 6 hingga 10 kali setiap harinya. Gerakan menahan pipis membuat otot pada dinding vagina, anus hingga perut lebih lentur. Hasil senam kegel dapat terlihat setelah rutin dilakukan selama 3 hingga 6 bulan.

Melakukan pemanasan terlebih dulu

Seperti dijelaskan sebelumnya, dengan pemanasan membantu dinding vagina lebih “licin”. Cairan pelumas ini diperlukan agar gesekan tidak terasa menyakitkan dan keluar ketika gairah seksual bangkit. 

Beberapa cara yang dapat dipraktekan untuk melakukan pemanasan adalah dengan meraba, memeluk, mencium dan sebagainya. Dengan pemanasan yang cukup kamu dan pasangan tetap dapat mencapai orgasme bahkan tanpa rasa sakit yang menjadi.

Posisi berhubungan seks

Ketika operasi caesar, bagian perut bawah dibedah untuk mengeluarkan bayi. Setelah itu bagian tersebut dijahit dan direkatkan oleh stapler berupa plester anti air berisi kain kasa dan obat. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Biasanya plester dibuka 1 minggu setelah operasi. Meskipun daerah jahitan sudah kering namun luka belum benar-benar kering. Dibutuhkan setidaknya 3 bulan untuk dapat beraktivitas secara normal.

Daerah inilah yang menyebabkan berhubungan seks menjadi kurang nyaman. Untuk menyiasatinya kamu dapat melakukan posisi menghindari penekanan pada perut seperti posisi woman on top atau doggie style.

Membuat seks terasa lebih nyaman

Agar hubungan seks terasa nyaman dan minim dari rasa sakit sebaiknya kamu menyampaikan apa yang kamu rasakan sebelum berhubungan pada pasangan. 

Dengan begitu kamu dan pasanganmu dapat menyiasati dengan melakukan hal-hal tertentu sebelum berhubungan. Hal tersebut misalnya dengan mandi air hangat, minum obat anti nyeri atau buang air kecil sebelum berhubungan.

Mengatasi peradangan setelah berhubungan

Berhubungan di saat-saat seperti ini beresiko menimbulkan peradangan. Peradangan disebabkan oleh dinding  rahim yang kering dan gesekan berulang pada daerah tersebut. 

Apabila berhubungan seksual daerah vagina terasa panas atau mungkin meradang, kamu dapat mengompres bagian tersebut dengan handuk yang berisi air dingin. Kompres air dingin membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat radang.

Artikel di atas merupakan hal-hal yang biasa dialami oleh para ibu pasca melahirkan dengan operasi caesar. 

Apabila terdapat perbedaan dengan yang kamu alami dan kamu mengalami hal yang tidak wajar setelah operasi sebaiknya kamu segera berkonsultasi mengenai keluhanmu pada dokter. Dengan begitu ketidaknyamanan dan keluhanmu dapat ditangani secara tepat dan cepat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit