Olahraga dan Kebugaran

Temukan Manfaat dan Cara Melakukan Senam Kegel

Dipublish tanggal: Mar 7, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 9, 2019 Waktu baca: 3 menit
Temukan Manfaat dan Cara Melakukan Senam Kegel

Senam kegel pertama kali dikembangkan oleh Dr. Arnold Kegel. Beliau adalah seorang dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan dari Los Angeles, yang mengenalkan senam kegel ini pada sekitar tahun 1950-an. 

Senam kegel dapat dilakukan oleh siapa saja termasuk wanita maupun pria. Bisa pula dilakukan oleh yang sudah memiliki pasangan, atau pun belum memiliki pasangan. Mari simak penjelasan serta manfaat lebih lanjut dari senam kegel ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Ericfil Tablet 100mg via HonestDocs

Obat ericfil diindikasikan untuk mengatasi masalah seksual pada pria, seperti disfungsi ereksi. Selain itu, obat ini dapat mengatasi hipertensi pulmonal. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Ericfil 100 mg 4s 1

Apa itu Senam Kegel?

Pada awalnya, senam kegel ini bertujuan untuk mengencangkan organ wanita pasca melahirkan, serta dilatarbelakangi oleh para pasien wanita yang sering tidak mampu menahan keluarnya air seni pada saat proses persalinan. Akan tetapi, senam kegel ternyata memiliki banyak manfaat lainnya bagi para pria dan wanita dari segala umur.

Senam kegel adalah salah satu jenis aktivitas olahraga yang melatih berbagai macam otot pada tubuh yang mengalami penurunan fungsi, terutama otot dasar panggul (pelvic floor muscle). Senam kegel merupakan senam yang ditujukan untuk melatih otot-otot panggul bagian bawah. 

Senam ini dapat membantu mengencangkan otot-otot di bawah rahim, usus besar, kantong kemih dan area organ reproduksi kita. Selain itu, senam kegel dapat meningkatkan kualitas kehidupan seksual, juga mampu menyehatkan organ intim dan membantu mengatasi gangguan saluran kemih.

Senam kegel ini sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh kita, karena bekerja melatih area tubuh bagian bawah. Senam ini dapat melatih otot-otot pada tubuh bagian bawah sehingga tidak terjadi masalah dan membuat kinerjanya menjadi lebih optimal.

Bagaimana cara melakukan Senam Kegel?

Senam ini memiliki fungsi untuk menguatkan jaringan otot panggul Anda ternyata memiliki teknik tersendiri yang harus Anda perhatikan lebih lanjut. Apabila Anda melakukan cara-cara senam di bawah ini dengan konsisten, maka Anda dapat merasakan banyak manfaat dari senam tersebut.

  • Berbaring terlentang menghadap ke atas langit.
  • Sejajarkan kedua tangan Anda lurus menyentuh lantai disamping tubuh Anda, telapak tangan menghadap kebawah dan posisi kedua kaki sedikit mengangkang.
  • Tekuk lutut Anda, lalu gunakan telapak kaki, bahu belakang dan kepala belakang sebagai penyangga sambil mengangkat berat badan anda keatas.
  • Kontraksikan otot dasar panggul Anda.
  • Cobalah untuk menahan kontraksi otot dasar panggul.
  • Lepaskan kontraksi kegel dan ulangi sebanyak 10 kali. Usahakan untuk selalu meningkatkan kemampuan menahan kegel tersebut hingga Anda mampu menahan selama 10 detik.

Manfaat Senam Kegel

  • Mengatasi kesulitan buang air Kecil
    Dengan melakukan senam kegel secara rutin, dapat membentuk mengatasi kesulitan buang air kecil. Manfaat ini berlaku untuk para wanita dan pria. Oleh sebab itulah jika Anda mengalami kesulitan untuk buang air kecil, silakan mencoba melakukan latihan senam kegel ini setiap harinya secara berulang kali.

Iklan dari HonestDocs
Beli Rozgra - Sildenafil Citrate 100MG via HonestDocs

Rozgra Tablet adalah obat yang digunakan untuk mengobati disfungsi ereksi. Rozgra Tablet mengandung zat aktif Sildenafil citrate (Obat yang termasuk inhibitor selektif cGMP). Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Rozgra sildenafil citrate 100mg
  • Mencegah turunnya rahim
    Keadaan ini terjadi disaat rahim sedang dalam keadaan tidak pada tempat yang seharusnya. Hal ini biasanya diakibatkan oleh kendornya atau tipisnya otot dasar panggul.

    Wanita sehabis melahirkan dan wanita postmenopause sangat rentan mengalami kondisi ini. Dengan melakukan senam kegel secara rutin, dapat mencegah terjadinya hal ini karena mampu mengembalikan kencangnya otot dasar panggul yang sebelumnya mengendor.

  • Mengurangi masalah urine inkontinensia
    Urine inkontinensia adalah hilangnya kontrol pada kandung kemih sehingga akan terjadi masalah susah menahan buang air kecil. Seiring dengan bertambahnya usia, pria dan wanita akan mengalami yang namanya urine inkontinensia yang mengakibatkan melemahnya otot dasar panggul.

    Jika otot ini melemah, maka aliran urin akan semakin sulit ditahan. Oleh karena itu senam kegel dapat menguatkan otot dasar panggul sehingga buang air kecil dapat terkontrol dengan baik.

  • Meningkatkan Kekuatan Ereksi
    Dengan melakukan senam kegel secara rutin, maka Anda akan memompa lebih banyak darah menuju bagian penis. Hal ini memiliki banyak keuntungan seperti membantu penderita disfungsi ereksi dan juga ereksi Anda akan bertahan lebih lama.

  • Menjaga Kesehatan Prostat
    Salah satu cara untuk menjaga kesehatan prostat adalah dengan rutin melakukan senam kegel. Senam kegel dapat membantu melatih otot-otot disekitar prostat, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan prostat agar kinerjanya tidak terganggu.

  • Mengontrol Ejakulasi Dini
    Ternyata senam kegel dapat membantu para pria untuk mengontrol ejakulasi dini. Hal ini dikarenakan senam kegel bertujuan untuk melatih pria dalam mengontrol kemampuan otot panggulnya.

  • Mencegah Ambeien
    Ambeien atau wasir adalah penyakit yang disebabkan melebarnya pembuluh darah di daerah dubur. Penyakit ini timbul akibat kurangnya jumlah serat yang masuk ke tubuh, sehingga menyebabkan konsistensi tinja menjadi keras.

    Dengan senam kegel, risiko penyakit ambeien atau wasir dapat dikurangi karena dapat menguatkan otot panggul yang berhubungan dengan dubur.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Robinson, J. WebMD (2016). Kegel Exercises: Treating Male Urinary Incontinence (https://www.webmd.com/urinary-incontinence-oab/kegel-exercises-treating-male-urinary-incontinence)
Johnson, T. WebMD (2017). What Are Kegels and Why Should I Do Them? (https://www.webmd.com/women/guide/kegels-should-i-do-them)
American Pregnancy Association (2015). Kegel Exercises: Benefits and How to Do Them (https://americanpregnancy.org/labor-and-birth/kegel-exercises/)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Manfaat  Melakukan Senam Kegel
Manfaat Melakukan Senam Kegel

Manfaat dari senam ini antara lain memperbaiki kondisi otot panggul bawah yang mengalami penurunan akibat persalinan, penuaan, obesitas, dan operasi.

Buka di app