Perawatan Tubuh

Slimming untuk Melangsingkan Badan, Mana yang Cocok untuk Saya?

Dipublish tanggal: Mei 4, 2020 Update terakhir: Mei 18, 2020 Waktu baca: 4 menit
Slimming untuk Melangsingkan Badan, Mana yang Cocok untuk Saya?

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Meso slimming dapat membantu menghilangkan lemak di perut, paha, bokong, pinggul, kaki, lengan, dan wajah lewat suntikan (injeksi).
  • Tidak hanya dapat melangsingkan tubuh, jacuzzi dan sauna juga dapat membuat pikiran jadi rileks selama treatment.
  • Pada fat freezing, sel-sel lemak tubuh justru dibekukan agar kematian sel lemak dapat tercapai. Sel lemak akan dikeluarkan lewat urine atau keringat.
  • Perawatan slimming dengan sedot lemak dapat menghilangkan lemak secara permanen, terutama di area perut, paha, dan punggung.
  • Metode RF dapat membakar sel-sel lemak dalam tubuh sekaligus merangsang produksi kolagen. Hasilnya, kulit tampak lebih slim dan kenyal.
  • Minum suplemen penghancur lemak (fat blocker supplement) bisa membantu, tapi harus sesuai dosis dan mengikuti aturan minum obat dari dokter.

Memiliki tubuh langsing seakan menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi kaum hawa. Pasalnya, badan yang singset bak biola Spanyol dinilai mampu meningkatkan rasa percaya diri di depan banyak orang. Untuk mewujudkannya, sekarang ini ada banyak jenis perawatan slimming yang bisa dicoba. Namun, kira-kira mana yang cocok untuk Anda? Pertimbangkan dulu setiap metodenya berikut ini.

Perawatan slimming untuk melangsingkan badan

1. Meso slimming

Disebut juga mesoterapi, meso slimming adalah teknik melangsingkan badan yang menggunakan injeksi alias suntikan. Terapi ini menggunakan jarum yang sangat halus untuk menyuntikkan cairan tertentu ke dalam mesoderm (lapisan tengah kulit).

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Slimming via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket slimming hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b08 slimming

Isi cairannya mungkin berbeda-beda pada setiap dokter. Namun secara umum, cairan yang digunakan terdiri dari kombinasi vitamin, enzim hormon, dan ekstrak tumbuhan yang dapat meremajakan sekaligus menghilangkan lemak berlebih, sehingga kulit jadi kencang.

Selain itu, fungsi meso slimming lainnya meliputi:

  • Menghilangkan lemak di beberapa area tubuh, seperti perut, paha, bokong, pinggul, kaki, lengan, dan wajah
  • Mengurangi selulit
  • Memudarkan keriput dan garis-garis halus
  • Mengencangkan kulit yang longgar

Treatment ini dapat menimbulkan sejumlah efek samping seperti mual, nyeri di area yang disuntik, bengkak, gatal, kemerahan, hingga infeksi. Namun, jangan khawatir sebab dokter maupun terapis pasti akan meminimalisir efek tersebut.

Keunggulan mesoterapi: Tidak butuh pembedahan (non-invasif)

2. Jacuzzi dan sauna

Tak hanya mendapatkan tubuh yang langsing, meremajakan diri dengan jacuzzi dan sauna juga bisa membuat pikiran Anda jadi rileks. 

Berendam dalam jacuzzi berisi air hangat dapat meningkatkan suhu inti dan meningkatkan sirkulasi tubuh. Selain itu, metode slimming ini juga dinilai mampu membakar 36 kalori tubuh jika berendam selama 20 menit.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Slimming via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket slimming hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b08 slimming

Sauna juga dapat membakar kalori tubuh bahkan sedikit lebih banyak daripada jacuzzi. Dalam satu kali treatment, Anda bisa mendapatkan 2 manfaat sekaligus, yakni mengurangi lemak sambil bersantai ria.

Keunggulan jacuzzi dan sauna: Pikiran rileks sambil membakar lemak tubuh

Baca Juga: Manfaat Spa Bagi Tubuh dan Pikiran

3. Fat freezing (coolsculpting / cryolipolysis)

Jika kebanyakan perawatan slimming dilakukan dengan membakar lemak, treatment yang satu ini justru melakukan hal sebaliknya. Pada fat freezing, sel-sel lemak tubuh justru dibekukan agar kematian sel lemak dapat tercapai.

Suhu dingin akan menyebabkan sel lemak rusak kemudian mati perlahan. Setelah itu, sel tersebut akan dikeluarkan lewat urine atau keringat.

Metode yang disebut juga dengan coolsculpting ini bersifat non-invasif, artinya tidak melibatkan pembedahan atau anestesi. Risikonya pun lebih kecil daripada sedot lemak.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Slimming via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket slimming hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b08 slimming

Keunggulan fat freezing: Tidak menimbulkan kerusakan pada kulit atau jaringan

4. Sedot lemak (liposuction)

Bagi Anda yang ingin menghilangkan lemak secara permanen, maka sedot lemak bisa jadi pilihan utama. Perawatan slimming ini dapat memusnahkan lemak-lemak membandel dan mencegahnya balik lagi, biasanya pada area perut, paha, dan punggung.

Sedot lemak dilakukan dengan cara memasukkan tabung plastik tipis melalui sayatan kecil pada kulit, lalu lemak di area tersebut disedot menggunakan vakum bedah. Sebelum perawatan dimulai, Anda akan diberikan anestesi terlebih dahulu sehingga Anda tidak akan merasa sakit.

Pemulihan setelah sedot lemak biasanya memakan waktu sekitar 6 minggu. Waspadai risiko efek samping yang mungkin terjadi seperti luka bakar, infeksi, kontur kulit yang tidak beraturan, hingga kerusakan saraf dan pembuluh darah.

Keunggulan sedot lemak: Efektif menghilangkan lemak secara permanen

5. Radio frequency (RF)

Radio frequency atau RF adalah metode slimming yang memanfaatkan energi gelombang elektromagnetik untuk membakar sel-sel lemak di jaringan adiposa. Sensasi panasnya akan membuat jaringan adiposa melepaskan asam lemak ke dalam sistem limfatik, lalu lemak tersebut akan menyusut sehingga tubuh jadi lebih ramping.

Selain itu, metode RF juga dapat merangsang produksi kolagen untuk mengencangkan kulit tubuh yang diinginkan. Alhasil, kulit Anda tampak lebih slim, kenyal, dan sehat setelah perawatan.

Keunggulan RF: Energi RF terserap maksimal ke dalam lapisan kulit tanpa merusaknya

6. Suplemen penghancur lemak

Minum suplemen penghancur lemak (fat blocker supplement) menjadi andalan bagi orang-orang yang ingin melangsingkan badan tapi takut treatment suntik atau perawatan medis lainnya. 

Suplemen khusus ini dapat menahan lemak-lemak dari makanan agar tidak membuat tubuh menjadi gendut. Timbunan lemak tersebut kemudian akan dikeluarkan pada saat buang air besar.

Suplemen penghancur lemak cenderung aman dikonsumsi selama mengikuti dosis dan aturan minum dari dokter. Sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum mencobanya, terutama jika Anda memiliki alergi terhadap bahan-bahan tertentu dalam suplemen.

Baca Juga: 16 Minuman Penurun Berat Badan Terbaru

Mana yang cocok untuk saya?

Meski sama-sama dapat membantu melangsingkan badan, setiap treatment tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal ini bisa menjadi pertimbangan utama Anda sebelum menentukan metode mana yang akan dijalani.

Ingat, tidak ada satu pun perawatan yang memberikan hasil instan. Anda juga tetap harus menjalani pola hidup sehat dengan mengatur pola makan dan rajin olahraga agar lemak tidak kembali menumpuk dalam tubuh.

Jika Anda tertarik dengan salah satu metode slimming di atas, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum mencobanya. Dokter akan membantu Anda menemukan jenis perawatan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda, sehingga bisa meminimalisir risiko efek samping yang ditimbulkan.

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Healthline. What You Need to Know About Fat-Burning Supplements and Creams. (https://www.healthline.com/health/do-fat-burners-work). 20 Januari 2020.
Body Slimming Experts. Radiofrequency. (http://bodyslimmingexperts.com/tag/radiofrequency/).

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app