Seberapa Lama Gigi Palsu Bisa Digunakan?

Dipublish tanggal: Agu 9, 2019 Update terakhir: Jan 17, 2022 Waktu baca: 2 menit
Seberapa Lama Gigi Palsu Bisa Digunakan?

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Gigi palsu terbuat dari berbagai bahan dasar, mulai dari akrilik, nilon, atau metal;
  • Gigi palsu lengkap adalah gigi yang digunakan untuk menggantikan semua gigi yang ada di mulut.
  • Gigi palsu sebagian biasanya digunakan untuk menutupi gigi bolong yang parah atau gigi keropos dan tidak bisa digunakan lagi;
  • Gigi tiruan dapat digunakan dalam waktu yang lama, tapi tergantung dari kebiasaan penggunanya dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut;
  • Pilihlah makanan yang bertekstur lembut, makanlah dalam potongan-potongan kecil, dan kunyah secara perlahan agar tidak merusak gigi yang baru terpasang;
  • Dapatkan paket pemasangan gigi palsu atau perawatan gigi lainnya dengan promo menarik dan dokter berpengalaman melalui HDmall;
  • Gunakan fitur chat untuk berbicara dengan apoteker kami secara gratis seputar obat dan pemeriksaan kesehatan yang Anda butuhkan.

Gigi palsu seringnya kita lihat pada orang yang sudah lanjut usia. Padahal, tidak menutup kemungkinan juga kalau anak muda memakai gigi palsu. Gigi tiruan ini biasanya digunakan untuk menutupi gigi bolong yang parah atau gigi keropos dan tidak bisa digunakan lagi. 

Walaupun bentuk gigi palsu mirip dengan gigi asli, sesuatu yang palsu bisa saja rusak. Maka dari itu, gigi palsu pun harus diganti jika sudah mengalami kerusakan. Akan tetapi, kapan gigi palsu harus diganti? Berapa lama gigi tiruan bisa dipakai? Semua jawabannya bisa Anda temukan pada ulasan berikut ini. 

Iklan dari HonestDocs
Beli SP Troches Melon via Pengiriman Obat HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Screen shot 2019 04 10 at 17.23.43

Bahan pembuatan gigi palsu

Meski mungkin Anda sudah memasang gigi tiruan di jajaran gigi Anda saat ini, Anda mungkin masih belum tahu bahan dasar pembuatannya. Perlu diketahui bahwa gigi palsu terbuat dari berbagai bahan dasar, mulai dari akrilik, nilon, atau metal. 

Dilihat dari jumlah giginya, gigi palsu terbagi menjadi dua bagian, yaitu:

1. Gigi palsu lengkap 

Gigi palsu lengkap adalah gigi yang digunakan untuk menggantikan semua gigi yang ada di mulut. Orang yang menggunakan jenis gigi palsu ini biasanya yang sudah memasuki usia senja dan mereka yang sudah tidak memiliki gigi asli lagi. 

2. Gigi palsu sebagian

Gigi palsu sebagian dibuat dengan tujuan untuk menggantikan satu atau beberapa gigi asli yang bermasalah, seperti gigi yang sudah bolong atau keropos. Gigi tiruan ini memiliki klip perekat dengan bahan dasar karet yang berguna untuk menjepit gigi asli yang mengapitnya. 

Baca juga: Ingin Pasang Gigi Tiruan? Yuk, Kenali Keunggulan Gigi Tiruan Lepasan Thermosens!

Berapa lama gigi palsu digunakan?

Gigi palsu biasanya digunakan dalam waktu yang sangat lama atau tidak menentu. Anda bisa saja memakai gigi palsu tanpa harus menggantinya dengan yang baru dalam kurun waktu yang lama, bahkan bertahun-tahun. Namun, semua hal ini tergantung pada kebersihan gigi serta kesehatan gigi dan mulut

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Pemasangan Gigi Palsu via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket pemasangan gigi palsu hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia d07 pemasangan gigi palsu

Apabila Anda tidak menjaga kebersihan gigi palsu dengan baik, maka Anda harus menggantinya karena gigi palsu akan sama dengan gigi asli. Bakteri dan plak penyebab masalah kesehatan gigi dan mulut tidak hanya menyerang gigi asli saja, gigi palsu pun bisa terkena bakteri dan plak apabila tidak dijaga kebersihannya.

Oleh karena itu, agar gigi palsu yang Anda miliki dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama, Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut untuk menjaga kebersihannya:

  1. Setiap kali Anda selesai makan, bersihkan gigi palsu Anda dengan benar agar terhindar dari bakteri yang dapat menumpuk di dalamnya;
  2. Gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut sehingga tidak merusak gusi dan gigi saat menyikat gigi;
  3. Ketika berkumur, hindari menggunakan air yang bersuhu pana karena akan mempercepat terjadinya kerusakan pada gigi palsu;
  4. Gunakan pasta gigi yang tidak mengandung deterjen dengan jumlah yang tinggi. Pembersih gigi yang bersifat abrasif juga harus dihindari agar permukaan gigi tiruan tidak terkikis;
  5. Hindari pemutih gigi karena akan membuat warna gigi palsu berubah menjadi kemerahan;
  6. Gunakan cairan khusus gigi palsu untuk merendam gigi tiruan, yang disarankan atau diberikan oleh dokter. Hal ini bertujuan untuk meghilangkan noda-noda sisa makanan yang masing menempel pada gigi tiruan;
  7. Selain menjaga kebersihan gigi palsu, Anda juga harus melakukan pemeriksaan ke dokter secara rutin untuk tetap menjaga kebersihan gigi dan mulut. 

Baca juga: Serba-serbi Crown Gigi, Kenali Jenis dan Prosedurnya

Ketika gigi tiruan sudah terpasang, Anda juga harus melakukan penyesuaian sama halnya seperti setelah mencabut gigi atau memasang kawat gigi. Pilihlah makanan yang bertekstur lembut dan makanlah dalam potongan-potongan kecil. Kunyah secara perlahan agar tidak merusak gigi yang baru terpasang. 

Setelah memasang gigi tiruan, Anda mungkin akan mengalami sariawan karena terjadi gesekan pada dinding mulut akibat dari posisi gigi yang belum mendapatkan tempat yang pas. Namun, apabila sariawan yang Anda alami tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Denture Care Instructions and Tips. OralB.com. (Accessed via: https://oralb.com/en-us/oral-health/life-stages/adults/denture-care-instructions-tips)
How to Take Care of Dentures for Oral Health. Verywell Health. (Accessed via: https://www.verywellhealth.com/how-to-take-care-of-your-dentures-1059195)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app