GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DRG. ALVINIA NADINI
Ditinjau oleh
DRG. ALVINIA NADINI

Ingin Pasang Gigi Tiruan? Yuk, Kenali Keunggulan Gigi Tiruan Lepasan Thermosens!

Dipublish tanggal: Sep 4, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 4 menit
Ingin Pasang Gigi Tiruan? Yuk, Kenali Keunggulan Gigi Tiruan Lepasan Thermosens!

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Gigi tiruan lepasan adalah gigi tiruan yang dapat dilepas-pasang.
  • Ada 4 jenis bahan yang sekarang digunakan pada gigi tiruan lepasan: bahan akrilik, logam, valplast, dan thermosens. 
  • Gigi tiruan lepasan plat thermosens termasuk salah satu jenis gigi palsu terbaru dan terfavorit. Mirip dengan valplast karena cukup fleksibel, tetapi sangat kuat dan bisa menggantikan kehilangan banyak gigi.
  • Merawat gigi tiruan lepasan sangat mudah. Anda cukup membersihkannya dengan sabun tanpa kandungan detergen secara rutin setiap hari. Bersihkan gigi tiruan 2 kali kali sehari, pada pagi dan malam hari.
  • Klik HDMall untuk melakukan pemasangan dan perawatan gigi tiruan bahan thermosens di Smile Up Dental Clinic. Temukan dan booking ragam paket perawatan gigi berkualitas tinggi dan harga bersahabat di Smile Up Dental Clinic sekarang juga!

Ingin pakai gigi tiruan pasang-lepas karena tidak mau bedah gigi (implan -ed) atau asah gigi (crown dan bridge -ed)? Gigi tiruan lepasan berbahan thermosens bisa jadi solusi untuk Anda.

Apa itu gigi tiruan lepasan?

Gigi tiruan lepasan adalah gigi tiruan yang dapat dilepas-pasang. Ada 4 jenis bahan yang sekarang digunakan: bahan akrilik, logam, valplast, dan thermosens. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Pemilihan bahan gigi tiruan bisa disesuaikan dengan kondisi penggunanya. Pemasangan gigi tiruan pun pada dasarya tidak hanya bicara tentang estetika. Jangan lupa bahwa gigi punya fungsi penting mengunyah makanan yang kita konsumsi supaya lebih mudah dicerna. Selain itu, pemasangan gigi tiruan juga penting untuk mencegah pergeseran gigi yang tersisa ke sisi yang kosong.

a. Gigi tiruan bahan akrilik

Harga gigi tiruan akrilik paling murah dibandingkan tiga bahan lainnya. Gigi tiruan ini menggunakan plat akrilik yang sewarna gusi dan kawat untuk mengaitkan gigi palsu dengan gigi asli.

b. Gigi tiruan bahan logam

Gigi tiruan berbahan plat dan kaitan berbahan sebagai penyangga di gigi asli.

c. Gigi tiruan bahan valplast 

Seperti bahan akrilik, gigi tiruan plat valplast juga sewarna gusi tetapi bersifat sangat lentur dan tipis sehingga nyaman digunakan. Gigi tiruan jenis ini tidak membutuhkan kawat sebagai penyangga ke gigi asli. Namun, indikasinya terbatas untuk menggantikan 1 hingga 2 gigi saja.

d. Gigi tiruan bahan thermosens

Gigi tiruan lepasan plat thermosens termasuk salah satu jenis gigi palsu terbaru dan terfavorit. Mirip dengan valplast karena cukup fleksibel, tetapi sangat kuat dan bisa menggantikan kehilangan banyak gigi.

Baca Juga: Berapa Lama Gigi Palsu Dapat Digunakan?

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Baca Juga: 7 Makanan Terburuk untuk Gigi Anda

Keunggulan gigi tiruan lepasan thermosens

Menurut drg. Alvinia Nadini dari Smile Up Dental Clinic, gigi tiruan lepasan bahan valplast dan thermosens sebenarnya sama-sama bersifat fleksibel atau lentur. Bedanya, bahan valplast sangat lentur (fully flexible) dibandingkan dengan bahan thermosens (semi flexible). 

Efeknya, pada valplast, beban gigi tiruan akan jatuh sepenuhnya ke tulang dan gusi. Sedangkan pada thermosens, karena memiliki struktur yang lebih kaku, beban gigi tiruan akan terdistribusi lebih merata mulai dari struktur plat thermosens itu sendiri ke sisa gigi asli dan jaringan pendukungnya. 


Smile Up Dental Clinic
drg. Alvinia Nadini-Smile Up Dental Clinic


Indikasi gigi tiruan valplast terbatas, disarankan hanya untuk menggantikan 1 hingga 2 gigi saja. Jika digunakan pada banyak gigi, gigi tiruan valplast malah akan membebani jaringan, terutama tulang, sehingga tulang menjadi cepat menipis dan gigi tiruan akan terasa longgar. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Sementara, gigi tiruan thermosens bahannya lebih kuat dan bisa digunakan pada lebih dari kehilangan 2 gigi. Bahan thermosens juga cocok untuk menggantikan gigi geraham yang bebannya tinggi karena digunakan untuk mengunyah makanan.

Gigi tiruan thermosens juga tidak mudah berubah warna. Umumnya, jangka waktu penggunaan gigi palsu jenis ini adalah 5 hingga 10 tahun.

Bagaimana cara merawat gigi tiruan lepasan thermosens?

Merawat gigi tiruan lepasan bahan thermosens sama dengan bahan gigi tiruan lepasan lainnya. Anda hanya harus rutin membersihkannya setiap hari, yaitu 2 kali sehari pada pagi (setelah sarapan) dan malam hari (sebelum tidur). 

Bersihkan gigi tiruan Anda dengan sikat gigi dan sabun. Ingat, ya, membersihkannya dengan sabun, bukan pasta gigi. Sabun yang disarankan adalah yang rendah detergen seperti sabun mandi dan cuci tangan. Pasta gigi dan detergen dapat membuka pori-pori plat gigi tiruan sehingga menyebabkan cepat berubah warna dan menyerap kotoran. 

Jangan lupa untuk melepas gigi tiruan setiap malam sebelum tidur agar mulut tidak jamuran dan iritasi. Perawatan dan kontrol ke dokter gigi juga harus dilakukan secara rutin, setidaknya 6 bulan sekali.

Di mana saya bisa menjalani perawatan gigi tiruan lepasan thermosens?

Gigi tiruan lepasan thermosens merupakan salah satu produk unggulan di Smile Up Dental Clinic. Klinik gigi yang bekerja sama dengan HonestDocs ini siap memberikan pelayanan terbaik dalam mengatasi masalah gigi dan mulut Anda, tentunya dengan harga bersahabat dan hasil memuaskan.


Smile Up Dental Clinic
Smile Up Dental Clinic


Smile Up Dental Clinic yang terletak di Jakarta Selatan ini menawarkan beragam layanan perawatan gigi yang lengkap. 

Anda bisa menjalani pemasangan dan perawatan gigi tiruan, scaling gigi, cabut gigi, perawatan saluran akar, veneer gigi, pemutihan gigi (teeth whitening), perawatan gigi anak, pemasangan behel gigi, hingga tindakan bedah.

Lokasi strategis, ruang perawatan yang bersih dan nyaman, suasana klinik yang homey, dokter dan tenaga medis yang ramah dan profesional, serta fasilitas yang lengkap menjadikan Smile Up Dental Clinic sebagai pilihan klinik gigi yang tepat bagi Anda dan keluarga.

Tertarik untuk melakukan pemasangan gigi tiruan di Smile Up Dental Clinic? Cek daftar harganya berikut ini!

Gigi tiruan sebagian akrilik: Rp1.500.000

Gigi tiruan sebagian valplast: Rp2.000.000

Gigi tiruan sebagian thermosens: Rp2.500.000

Gigi tiruan sebagian logam: Rp3.000.000 - Rp3.500.000

Crown porcelain fused to metal (PFM): Rp3.000.000

Crown all porcelain (E-mas, Empress): Rp4.000.000 - Rp4.500.000

Crown zirconia, porcelain fused to zirconia (PFZ): Rp4.500.000

Crown akrilik/provisories: Rp350.000

Biaya tambahan:

Penambahan elemen gigi tiruan: Rp400.000

Gigi tiruan lengkap per rahang: Rp4.000.000

Harga pasang gigi tiruan lepasan di Smile Up Dental Clinic sudah mencakup plat thermosens dan gratis 1 gigi tiruan. 

Jika ingin dibuatkan gigi tiruan, tetapi platnya masih sama (misal: gigi-gigi tersebut terletak di rahang atas), Anda hanya akan dikenakan biaya tambahan Rp400.000 per gigi.

Untuk mengetahui informasi seputar biaya dan berbagai pilihan perawatan gigi di Smile Up Dental Clinic secara lengkap, silakan cek di sini.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Wawancara dengan drg. Alvinia Nadini - Smile Up Dental Clinic. 28 Agustus 2020.
Smile Up Dental Clinic. (https://www.smileupdc.com).

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app