Mengenal Salep Ichtyol, Si Hitam yang Ampuh sebagai Obat Bisul

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Nov 3, 2021 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Mengenal Salep Ichtyol, Si Hitam yang Ampuh sebagai Obat Bisul

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Bisul dapat menyebabkan rasa sakit dan rasa tidak nyaman pada kulit. Untuk mengobati bisul, salep Ichtyol atau dikenal sebagai salep hitam adalah pilihan tepat;
  • Salep Ichtyol sendiri merupakan salep obat bisul yang diproduksi oleh PT Ciobrus Farma dan termasuk dalam golongan obat bebas terbatas;
  • Salep Ichtyol mengandung bahan aktif ichtammol yang memiliki sifat anti inflamasi, antibakteri, dan antifungi untuk mengobati bisul;
  • Oleskan tipis salep Ichtyol di area kulit sekitar bisul 2-3 kali sehari. Hindari penggunaan berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi jaringan kulit;
  • Klik untuk membeli Ichtyol obat kulit secara online yang dikirim ke rumah Anda melalui HDMall. Gratis ongkir ke seluruh Indonesia dan bisa COD.

Bisul tidak hanya menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman di kulit, tapi juga menurunkan kepercayaan diri penderitanya, apalagi jika bisul muncul di wajah. 

Dari sekian banyak obat bisul yang ada, salep Icthyol alias salep hitam cukup terkenal dan ampuh mengatasi bisul. Bagaimana cara menggunakan salep Ichtyol yang benar supaya bisul cepat hilang? Simak ulasannya berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Bahan aktif salep Ichtyol dan cara kerjanya

Salep Ichtyol adalah salep yang bisa membantu mengobati bisul. Salep Ichtyol sendiri merupakan obat bisul yang diproduksi oleh PT Ciobrus Farma dan termasuk dalam golongan obat bebas terbatas. 

Hal itu berarti obat ini dapat Anda beli di apotik dan digunakan tanpa perlu resep dari dokter. Namun, penggunaannya harus tetap memperhatikan cara pakai yang benar agar tidak timbul efek samping yang membahayakan tubuh.

Salep Ichtyol mengandung bahan aktif yang disebut ichtammol. Setiap gram salep Ichtyol terdapat 0,1 gram ichtammol. Bahan ini merujuk pada senyawa kimia ammonium bituminosulphonate yang diproduksi melalui pendestilasian minyak mentah yang banyak mengandung belerang.

Minyak mentah tadi akan melalui tahap sulfonasi dan kemudian netralisasi dengan amonia sehingga terbentuk senyawa ichtammol dengan karakteristik kental, larut dalam air, serta aroma dan warna hitam yang mirip seperti aspal. Warna dari bahan inilah yang membuat salep Ichtyol disebut juga sebagai salep hitam.

Ichtammol merupakan senyawa dengan kemampuan anti inflamasi, antibakteri dan antifungi. Karena itulah, salep ini dapat digunakan untuk mengobati beragam penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, jerawat dan bisul. 

Ichtammol umumnya juga dapat dikombinasikan dengan glycerol untuk pengobatan infeksi telinga akibat bakteri gram positif. Cara kerja salep Ichtyol dapat dengan mudah dioleskan di sekitar bisul dan hanya untuk pemakaian kulit luar. Hindari penggunaan berlebihan karena dapat menimbulkan iritasi jaringan.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Baca juga: Komplikasi Bisul yang Dapat Membahayakan

Cara menggunakan salep Ichtyol dengan benar

Penggunaan salep Ichtyol sebenarnya mudah saja, hanya perlu mengoleskan tipis-tipis pada area kulit disekitar bisul 2 - 3 kali sehari. Namun, untuk mempercepat penyembuhan, ada baiknya Anda ikuti beberapa langkah sederhana berikut ini:

  • Ingat, obat ini hanya untuk penggunaan pada kulit luar. Hindari terkena jaringan mukosa seperti, mata, hidung dan mulut.
  • Bersihkan tangan dan area kulit berbisul sebelum menggunakan salep bisul ini.
  • Berikan kompres hangat pada bisul sebelum mengoleskan salep hitam. Cara ini dapat mempercepat pematangan bisul dan mengurangi nyeri yang timbul.
  • Oleskan salep hitam pada area kulit yang terkena bisul.
  • Anda dapat menggunakan perban sebagai penutup untuk menghindari salep bisul menempel pada pakaian.
  • Cuci bersih tangan Anda setelah mengoleskan salep bisul ini.

Setelah menggunakan salep Ichtyol, ternyata ada beberapa hal yang juga harus Anda perhatikan agar bisulnya cepat sembuh. Salah satu yang paling penting adalah hindari memencet bisul karena dapat mempermudah penyebaran infeksi.

Bakteri pada bisul mungkin menyebar melalui kontak dengan kulit atau peralatan sehari-hari. Oleh karena itu, sebaiknya cuci bersih pakaian, handuk, atau selimut penderita bisul untuk menghindari bisul berulang atau tersebarnya bakteri penyabab bisul ke orang lain.

Baca juga: Cara Mengobati Bisul di Rumah, Efektif dan Aman

Amankah salep Ichtyol untuk anak-anak dan ibu hamil?

Belum diketahui adanya efek samping penggunaan salep Ichtyol yang membahayakan untuk anak-anak ataupun ibu hamil. Namun untuk menghindari potensi risikonya, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter Anda sebelum menggunakan obat bisul ini pada anak-anak dan ibu hamil.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Adakah efek samping penggunaan salep Ichtyol?

Efek samping obat mungkin muncul tegantung dari kondisi masing-masing pengguna obat. Beberapa orang mungkin lebih mudah terkena efek samping akibat penggunaan salep bisul, sementara banyak lainnya tidak. 

Untuk penggunaan salep hitam, risiko efek sampingnya hanya terjadi saat digunakan secara berlebihan sehingga menyebabkan jaringan kulit teriritasi.

Baca juga: Berbagai Obat Bisul Paling Ampuh di Apotek

Kesimpulannya, salep Ichtyol merupakan obat yang cocok untuk mengatasi bisul yang tidak parah. Untuk hasil maksimal, gunakan salep obat bisul ini dengan dibarengi oleh gaya hidup sehat dan menjaga kebersihan kulit. Dengan begitu, risiko kontaminasi bisul dapat diminimalkan dan mencegah bisul kambuh lagi.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app