Percaya Diri Tanpa Mata Panda

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Percaya Diri Tanpa Mata Panda

Percaya Diri Tanpa Mata Panda

Mata panda atau kantung mata adalah masalah yang kerap kali dialami oleh seluruh wanita bahkan pria di dunia. Membesarnya bagian bawah mata membentuk seperti kantung dan berwarna gelap, inilah yang disebut mata panda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Mata panda menyebabkan penampilan seseorang menjadi lebih tua dan terlihat kusam, maka tak jarang masalah ini menjadi faktor turunnya rasa percaya diri seseorang.

Namun, tidak perlu khawatir kita dapat dengan mudah menemukan produk-produk kecantikan yang dijual bebas yang menawarkan krim atau gel untuk menghilangkan mata panda. Berbagai klinik kecantikan juga bersaing menciptakan metode yang dapat menghilangkan kantung mata tersebut.

Bagaimana mata panda terbentuk?

Kantung mata terjadi karena adanya penumpukan cairan yang diakibatkan oleh melemahnya jaringan di sekitar mata, termasuk otot penopang kelopak mata. Warna gelap disebabkan oleh pembuluh darah di bawah kulit tipis mata melebar. Pembuluh darah yang melebar ini dapat menyebabkan penumpukan cairan di sekitar mata, sehingga membentuk kantung mata.

Apa penyebab terbentuknya mata panda?

Selama ini kita mengetahui penyebab utama terbentuknya mata panda adalah kurangnya waktu tidur. Namun bukan hanya itu saja, selain kurang tidur berikut ini adalah penyebab terjadinya mata panda:

1. Alergi

Ada 2 alergi yang dapat menyebabkan kantung mata, yaitu alergi pada mata dan juga pada hitung. Gejala yang timbul karena alergi mata adalah kondisi mata gatal, memerah dan berair, sedangkan gejala alergi hidung meliputi iritasi bagian dalam hidung dan bersin-bersin. Keduanya gejala tersebut dapat diiringi dengan timbulnya kantung mata dan lingkaran hitam di bawah mata.

2. Penuaan

Seiring bertambahnya usia, otot dan struktur jaringan di sekitar mata ikut melemah. Kulit juga akan mulai mengendur dan cairan akan mulai berkumpul di bagian bawah mata.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Menurunnya fungsi  otot membuat lemak yang berada di sekitar mata bergerak ke daerah sekitar bawah mata sehingga terlihat membesar dan membentuk kantung mata.

3. Pola makan tidak baik

Rendahnya asupan protein dan kurangnya cairan tidak hanya dapat memengaruhi kesehatan, tapi juga dapat memengaruhi area bawah mata Anda. Minumlah air putih minimal 2 liter dalam sehari, kurangi makanan yang mengandung pengawet, dan biasakan makan sayur dan buah-buahan untuk menjaga kesehatan kulit.

4. Keturunan

Jika ada keluarga Anda yang memiliki kantung mata, besar kemungkinan pada bagian bawah mata Anda akan terlihat sama dengan anggota keluarga tersebut.

5. Stres

Pikiran yang stres dapat memberikan efek buruk pada kulit dan jaringan tubuh, hal ini juga dapat terjadi pada jaringan kulit di sekitar mata. Kondisi kulit di sekitar mata akan terlihat kusam dan kering sehingga mengendur membentuk kantung mata dan berwarna gelap.

6. Kebiasaan merokok, minuman beralkohol, dan juga kafein berlebih

Berhenti merokok dan mulailah hidup sehat. Kurangi mengkonsumsi alkohol dan kopi secara berlebih agar mendapatkan kondisi kulit yang sehat.

Cara mengatasi mata panda

Jangan terlalu khawatir, berbagai cara dapat dilakukan untuk mengatasi mata panda. Namun, sebelum terbentuk mata panda, sebaiknya Anda mencegahnya dengan tidur cukup selama 8 jam, dan juga minum setidaknya 2 liter air mineral atau 8 gelas dalam satu hari.

  • Ketika Anda mengalami kurang tidur, dan mendapati kantung mata membesar keesokan harinya, solusi paling mudah adalah mengompres bagian kantung mata dengan air dingin. Selain itu mentimun juga dapat digunakan untuk membantu mengurangi warna gelap pada bagian mata Anda.
  • Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dibanding badan untuk mencegah cairan mengumpul di area mata.
  • Jaga pola makan dan asupan gizi Anda agar mencukupi asupan vitamin dan mineral untuk kebutuhan gizi Anda .
  • Kurangi makanan yang mengandung garam.
  • Hindari makanan yang menyebabkan alergi.
  • Gunakan sunblock agar kulit terhindar dari sinar matahari langsung.
  • Gunakan krim perawatan untuk mata agar menjaga kelembaban dan kecerahan area bawah mata Anda.

Jika mata panda yang Anda miliki adalah faktor keturunan yang sulit diatasi, Anda dapat mencoba perawatan kecantikan berikut ini:

  • Terapi laser resurfacing, peeling, dan filler dengan bahan kimia. Terapi ini mampu lebih cepat memperbaiki permukaan kulit wajah Anda.
  • Operasi kelopak mata atau blepharoplasty dapat dijadikan alternatif untuk menghilangkan kantung mata. Namun harganya lebih mahal dan prosesnya rumit karena melibatkan proses operasi. Operasi ini akan menghilangkan lemak, cairan dan kulit yang kendur pada bagian bawah mata.

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Just M, et al. Effect of smoking on skin elastic fibres: Morphometric and immunohistochemical analysis. British Journal of Dermatology. 2007;156:85.
Vrcek I, et al. Infraorbital dark circles: A review of the pathogenesis, evaluation and treatment. Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery. 2016;9:65.
Patient education: Allergic rhinitis. American Academy of Family Physicians. https://www.clinicalkey.com/#!/content/patient_handout/5-s2.0-pe_AAFP_allergic-rhinitis_en.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app