Penyebab Lidah Putih Pada Bayi, Jangan Sepelekan

Dipublish tanggal: Des 13, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Penyebab Lidah Putih Pada Bayi, Jangan Sepelekan

Setelah bayi selesai minum susu, lidah bayi biasanya akan tampak memutih. Perlu diketahui bahwa itu merupakan hal yang wajar karena merupakan bekas susu yang masih tertinggal di permukaan lidah. Namun, jika lidah bayi putih dan tidak hilang setelah Anda bersihkan dengan kain bersih atau jari, maka Anda perlu segera mengatasinya agar tidak mengganggu. Lantas, bagaimana cara mengatasi lidah putih pada bayi? Simak ulasannya berikut ini.

Apa itu lidah putih pada bayi?

Semua orangtua pasti akan sangat memperhatikan kondisi kesehatan buah hatinya, terutama saat masih bayi. Memang, bayi dan anak-anak cenderung lebih mudah terkena penyakit karena sistem imunnya masih rendah. Salah satu masalah yang perlu diperhatikan adalah kondisi lidah putih pada bayi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Anda mungkin sering menemukan lidah bayi putih setelah si kecil selesai minum susu. Kondisi ini merupakan hal yang wajar, sebab lapisan putih tadi adalah bekas susu yang masih menempel pada lidah bayi.

Namun, apabila Anda sudah membersihkan lidah bayi dengan kain bersih atau jari, tapi permukaan putihnya tak juga hilang, maka bisa jadi si kecil mengalami infeksi jamur lidah.

Masalah lidah putih pada bayi disebut dengan oral thrush. Bercak putih ini disebabkan oleh infeksi jamur Candida albicans yang bisa berkembang biak dalam mulut manusia, tapi tidak membahayakan.

Selain di lidah, bercak putih tersebut juga dapat muncul di bagian langit-langit mulut, pipi bagian dalam, hingga gusi. Pada beberapa kasus, kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit pada bayi sehingga bayi jadi tidak mau menyusu kepada sang ibu. 

Apa penyebab lidah putih pada bayi?

Meskipun tidak berbahaya, infeksi jamur Candida albicans bisa terus berkembang dan bertambah jumlahnya. Bila dibiarkan terus-menerus, hal ini bisa memicu infeksi dan membuat si kecil tidak mau menyusu pada sang ibu. 

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab lidah putih pada bayi, antara lain:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

1. Sistem imunitas bayi yang masih lemah

Dibandingkan orang dewasa, sistem kekebalan tubuh bayi masih lemah sehingga jamur lebih mudah berkembang biak dalam mulut si kecil. Hal ini menyebabkan jamur terus bertambah hingga meninggalkan bercak putih di lidah bayi. Sistem imun yang lemah ini juga dapat membuat bayi lebih mudah mengalami iritasi di saluran pencernaannya.

2. Kebersihan mulut bayi yang kurang terjaga

Selain karena faktor sistem imun, penyebab lidah putih pada bayi juga bisa karena sang ibu tidak benar-benar menjaga kebersihan mulut bayi. Ya, diperlukan peran orangtua untuk menjaga kebersihan bayinya agar tidak mudah terkena penyakit.

Ketika ibu tidak membersihkan mulut bayi hingga benar-benar bersih, maka sisa-sisa kuman dan jamur di lidah akan terus berkembang hingga memicu infeksi. Alhasil, lidah putih pada bayi susah hilang dan malah menginfeksi tubuh buah hati Anda.

Baca Juga: 3 Penyebab Utama Ruam Pada Mulut Anak dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi lidah putih pada bayi

Ketika bercak putih pada lidah bayi tetap tidak bisa dihilangkan meski Anda sudah berusaha membersihkannya, jangan memaksakan untuk tetap membersihkannya. Hal ini malah bisa melukai lidah bayi dan membuatnya kesakitan.

Untuk mengatasi lidah putih pada bayi akibat infeksi jamur, maka diperlukan obat antibiotik yang dapat mencegah perkembangan bakteri dalam mulut bayi. Selain itu, pengobatan ini juga dapat membantu mencegah penularan bakteri dari mulut bayi ke puting ibu saat bayi sedang menyusui. Gejala infeksi bakteri pada puting ibu meliputi puting terasa gatal, bersisik, hingga payudara terasa nyeri saat menyusui.

Kesimpulannya, lidah bayi putih bukanlah hal membahayakan dan cenderung bisa hilang dalam hitungan hari. Kondisi ini pun juga tidak selalu membahayakan kesehatan bayi. Namun, apabila terus dibiarkan, masalah pada lidahnya bisa membuat si kecil tidak mau makan atau menyusui. Oleh karena itu, baiknya segera konsultasikan pada dokter anak untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca Juga: Ketahui Cara Ampuh Mengatasi Sariawan Pada Balita

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app