Angkat Sel Kulit Mati, Ini 4 Manfaat Glycolic Acid untuk Kulit Wajah

Dipublish tanggal: Des 2, 2021 Update terakhir: Des 2, 2021 Waktu baca: 3 menit
Angkat Sel Kulit Mati, Ini 4 Manfaat Glycolic Acid untuk Kulit Wajah

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Glycolic acid adalah senyawa yang termasuk dalam golongan alpha hydroxy acid (AHA) yang memiliki banyak manfaat untuk wajah;
  • Glycolic acid atau asam glikolat digunakan untuk menyamarkan tanda-tanda penuaan, hiperpigmentasi, kulit kering, dan masalah jerawat;
  • Glycolic acid bekerja dengan merangsang pengelupasan sel kulit mati di wajah sehingga kulit wajah menjadi lebih cerah dan halus;
  • Penggunaan produk yang mengandung glycolic acid untuk mengangkat sel kulit mati (exfoliation) hanya boleh dilakukan 1-2 kali seminggu;
  • Klik untuk membeli produk glycolic acid atau produk kecantikan lain dari rumah Anda melalui HDmall. Gratis ongkir ke seluruh Indonesia dan bisa COD;
  • Booking paket perawatan kecantikan dengan promo menarik dan dokter berpengalaman di klinik kecantikan terdekat melalui HDmall.

Semakin bertambahnya usia, munculnya tanda-tanda penuaan di wajah bukanlah sesuatu hal yang asing. Oleh karena itu, diperlukan perawatan wajah khusus yang bisa membantu menjaga kesehatan kulit wajah serta membuatnya tampak lebih muda dan cerah. Salah satu kandungan produk kecantikan yang banyak digunakan adalah glycolic acid atau asam glikolat.

Apa itu glycolic acid?

Glycolic acid adalah senyawa yang termasuk dalam golongan asam alfa hidroksi (alpha hydroxy acid/AHA) yang memiliki banyak manfaat untuk wajah. Ukuran molekul glycolic acid jauh lebih kecil dibandingkan asam laktat (lactic acid) dan asam salisilat (salicylic acid) sehingga dapat terserap ke dalam kulit secara lebih cepat dan bermanfaat untuk mengatasi berbagai jenis masalah kulit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Glycolic acid atau asam glikolat dapat digunakan untuk membantu menyamarkan tanda-tanda penuaan, hiperpigmentasi, kulit kering, dan masalah jerawat. Manfaat glycolic acid untuk wajah juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada kulit (exfoliation) sekaligus membantu mengurangi garis halus dan kerutan yang ada. 

Beberapa produk skincare yang mengandung glycolic acid adalah serum, produk eksfoliasi sel kulit mati, serta krim anti-aging. 

4 Manfaat glycolic acid

1. Menyamarkan tanda-tanda penuaan

Kandungan asam glikolat atau glycolic acid pada wajah cukup banyak membantu menyamarkan tanda-tanda penuaan dengan mengurangi munculnya garis halus dan kerutan di wajah. Caranya dengan melalui proses eksfoliasi sel-sel kulit mati secara mendalam pada lapisan kulit paling luar (exfoliation). 

Sel-sel kulit mati yang terangkat itu akan digantikan dengan sel jaringan kulit baru. Secara tidak langsung, manfaat glycolic acid juga akan meningkatkan produksi kolagen dengan kemampuan alami kulit untuk mempertahankan kelembapan. Hasilnya, kulit jadi lebih halus dan tanda-tanda penuaan tidak begitu terlihat. 

Baca juga: Jenis Produk Perawatan Wajah Pencegah Penuaan Dini

2. Mencerahkan dan menghaluskan kulit

Paparan sinar matahari, debu, dan kotoran seringkali menjadi momok yang menyebalkan bagi kesehatan kulit, terutama wajah. Oleh karena itu, penggunaan produk yang mengandung glycolic acid akan sangat bermanfaat dalam mengatasi kulit kering dan kusam. Glycolic acid sendiri bekerja dengan merangsang pengelupasan sel kulit mati di wajah sehingga kulit wajah menjadi lebih cerah dan halus. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

3. Mengatasi warna kulit tidak rata

Buat kamu yang punya masalah warna kulit tidak rata terutama karena paparan sinar matahari atau produksi melamin berlebih, produk yang mengandung glycolic acid dapat membantu mengatasinya. 

Cara kerjanya dengan membersihkan dan mengangkat sel kulit mati terlebih dahulu sehingga lapisan kulit baru akan muncul dengan warna kulit yang lebih merata. 

Dengan pemakaian produk glycolic acid secara teratur, maka flek hitam, pigmentasi kulit, serta melasma dapat secara perlahan memudar. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya (sunscreen) dengan SPF 30 atau lebih ketika akan berkegiatan di luar rumah agar kulit wajah tetap dapat terlindungi dari paparan sinar matahari.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Warna Kulit Tidak Merata

4. Memudarkan tanda bekas jerawat

Selain menumpuknya kotoran dan minyak berlebih di kulit wajah, penyebab utama masalah jerawat dan komedo biasanya disebabkan oleh pori-pori wajah yang membesar. Namun, masalah kulit tersebut bisa diatasi dengan glycolic acid karena kandungan glycolic acid mampu membersihkan serta mengecilkan pori-pori wajah.

Dikenal sebagai salah satu perawatan kulit wajah, produk yang mengandung glycolic acid juga dapat membantu mempercepat proses pergantian sel kulit sehingga tanda bekas jerawat akan terlihat semakin memudar.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Bagaimana cara menggunakan produk glycolic acid?

Demi menjaga kesehatan kulit wajah, penggunaan produk glycolic acid yang berbahan dasar AHA perlu diterapkan sejak dini. Produk yang mengandung glycolic acid sebaiknya digunakan sesuai petunjuk secara teratur. 

Pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian bisa dilanjutkan dengan pemakaian produk skincare, mulai dari serum glycolic acid, toner, moisturizer, hingga sunscreen. Namun, hindari pemakaian glycolic acid secara bersamaan dengan retinol atau produk AHA lainnya.

Baca juga: Atasi Tanda-Tanda Penuaan dan Penyebab Jerawat dengan Retinoid

Penggunaan produk yang mengandung glycolic acid untuk membersihkan dan mengangkat sel kulit mati (exfoliation) hanya boleh dilakukan 1-2 kali seminggu. Dikarenakan proses pengangkatan yang berlebihan justru dapat menyebabkan iritasi parah, kemerahan, jerawat, kulit kering, dan bahkan menimbulkan tanda-tanda penuaan.

Salah satu kelebihan produk yang mengandung glycolic acid adalah bisa digunakan di hampir semua jenis kulit, baik itu kulit kering, kulit normal, kulit berminyak, maupun kulit kombinasi. Namun, untuk pemilik kulit sensitif sebaiknya menggunakan produk glycolic acid secara bertahap dan lihat efeknya di kulit. Jika tidak bermasalah, berarti produk glycolic acid aman digunakan.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Very Well Health. How to Use Glycolic Acid in Your Skin Care. (https://www.verywellhealth.com/glycolic-acid-15774)
Healthline. Is Glycolic Acid a Good Acne Treatment? (https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/glycolic-acid-for-acne)
Get Healthy Skin. Glycolic Acid Skin Care Benefits: All You Need to Know. (https://gethealthyskin.com/ingredients/glycolic-acid#)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app