Doctor men
Ditulis oleh
MELIANTY IPARDJO
Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA
Kesehatan Fisik

Penyebab dan Cara Mengatasi Fatigue

Update terakhir: NOV 14, 2019 Tinjau pada NOV 14, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.219.357 orang

Penyebab dan Cara Mengatasi Fatigue

Pernahkan Anda merasa lelah, lesu, dan tidak bertenaga? Pastinya hampir setiap orang pernah merasakan hal ini, terutama setelah melakukan banyak aktifitas atau mengerjakan aktifitas yang berat. 

Kelelahan adalah keluhan yang umum terjadi, tapi kelelahan akan menjadi tidak nomal ketika rasa lelah terjadi secara terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama, dan sulit untuk hilang. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Penting untuk mengetahui apa penyebab dari rasa lelah yang Anda rasakan. Jika rasa lelah tersebut disebabkan oleh suatu penyakit, maka atasilah penyebab penyakit tersebut.

Kelelahan (Fatigue) adalah suatu kondisi yang memiliki tanda berkurangnya kapasitas yang dimiliki seseorang untuk bekerja dan mengurangi efisiensi prestasi, dan biasanya hal ini disertai dengan perasaan letih, lesu dan lemah. 

Penting untuk Anda ketahui, kelelahan adalah suatu gejala, bukanlah sebuah penyakit. Banyak penyakit yang dapat mengakibatkan kelelahan, dalam bentuk fisik, psikologis atau gabungan keduanya.

Penyebab kelelahan bisa jadi karena faktor gaya hidup, faktor psikologi dan faktor fisik. Gejala-gejala yang biasanya timbul pada orang yang sering mengalami kelelaha yaitu, lesu, ngatuk, pusing, kurang konsentrasi, kurang bergairah untuk melakukan suatu perkerjaan, penurunan berat badan, nyeri dada, mual, muntah, demam, nyeri otot, depresi dan lain-lain. 

Pada umumnya kelelahan tidak memerlukan pengobatan atau perawatan khusus. Berikut artikel ini akan membahas tentang peyebab dan cara mengatasi masalah kelelahan (Fatigue).

Apa sih penyebab dari kelelahan (Fatigue)?

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya kelelahan seperti faktor gaya hidup, faktor psikologis, masalah medis dan lain-lain.

Faktor Pola Hidup

Ketika Anda merasa lelah (Fatigue), biasanya faktor pola hiduplah yang menjadi salah satu pencetus utama terjadinya rasa lelah. Hal ini dapat berupa:

  • Aktifitas yang telalu berat atau berlebih
  • Tidak cukup tidur
  • Defisit nutrisi pada makanan terutama vitamin dan mineral
  • Terlalu banyak mengkonsumsi kafein
  • Obesitas atau berat badan yang berlebih
  • Kurang beraktivitas
  • Mengkonsumsi obat-obatan tertentu
  • Minum terlalu banyak alkohol
  • Dehidrasi 

 

Faktor Psikologis

Seseorang yang mengalami stress atau depresi dan kondisi psikologis lainnya dapat mengakibatkan munculnya rasa lelah atau fatigue yang diakibatkan oleh kondisi psikis tersebut.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Masalah Medis

Penyakit juga merupakan faktor pencetus sesorang mengalami kelelahan. Ada banyak jenis penyakit tertentu yang dapat menyebabkan munculnya rasa lelah, seperti:

  • Hipotiroidisme
  • Hipertiroidisme
  • Anemia
  • Gangguan tidur atau insomnia
  • Diabetes
  • Infeksi
  • Gangguan kekebalan tubuh atau autoimun
  • Kanker
  • Artritis
  • Penyakit pada ginjal dan hati
  • Gagal jantung
  • Penyakit pada paru-paru yang membuat sulit bernafas

dan masih ada banyak lagi penyebab lainnya yang dipicu oleh suatu penyakit

Bagaimana cara mengatasi masalah kelelahan?

Kelelahan merupakan gejala dari suatu kondisi penyebab, pengobatannya tergantung pada penyebab yang mungkin bersifat fisik, psikologis, medis atau gabungan semuanya. Mungkin beberapa gejala kelelahan akan membaik begitu kondisi penyebab dari kelelahan tersebut diatasi.

Berikut beberapa hal yang dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah kelelahan atau setidaknya mengurangi masalah pada kelelahan.

1. Rajin berolahraga

Untuk mengurangi atau meminimalisir kelelahan yang di alami Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang. Lakukan  aktivitas fisik setidaknya seminggu tiga kali dalam durasi 30 menit disetiap aktivitasnya.

2. Perbanyaklah minum air putih

Para dokter menganjurkan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas dalam sehari, dan sebaiknya Anda menghindari minuman yang mengandung alkohol dan kafein.

3. Makanlah secara teratur dan bergizi

Makanlah yang teratur dengan memperhatikan kualitas atau gizi dari makanan yang Anda konsumsi. Makanlah tepat waktu jangan sampai melewatkan waktu makan Anda.

4. Kurangi stres dan depresi

Anda bisa membuat kegiatan yang bisa membuat hidup menjadi lebih santai. Hal itu bisa berupa rekreasi, camping dan kegiatan kegiatan menyenangkan lainnya.  Hal ini juga dapat membantu Anda dalam mengatasi kelelahan yang disebabkan oleh faktor psikologis. Mulailah untuk berfikir positif, agar dapat mengurangi masalah depresi atau stress Anda.

5. Menjaga Keseimbangan berat badan

Jika Anda termasuk orang yang kelebihan berat badan, sebaiknya Anda harus membuat program penurunan berat badan. Hal ini akan membantu mengurangi kelelahan yang anda alami karena kelebihan berat badan.

6. Tidur yang efektif

Tidur yang cukup akan membantu Anda dalam mengatasi masalah kelelahan. Usahakan Anda tidur paling tidak 6-8 jam dalam sehari. Usahakan tidur di waktu malam, bukan di siang hari.

Mulailah pola hidup sehat. Pola hidup yang sehat selain dapat bermanfaat bagi tubuh dan hidup Anda, hal ini juga dapat membantu Anda mengatasi atau mengurangi masalah kelelahan yang Anda alami.

Meski kelelahan (Fatigue) bukanlah gangguan atau gejala yang serius, akan tetapi adanya masalah kelelahan merupakan gangguan yang membuat kita kurang nyaman teruma dalam beraktifitas. 

Jika Anda masih mengalami rasa lelah yang berkelanjutan, ada baiknya Anda mengkonsultasikan masalah Anda ke dokter. Dan oleh karenanya jangan biarkan tubuh Anda mengalami kelelahan agar tubuh Anda lebih segar dan aktifitas dapat berjalan dengan lancar kembali.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit