GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Pentylene Glycol​: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Dipublish tanggal: Jan 15, 2021 Update terakhir: Jan 15, 2021 Waktu baca: 2 menit

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Pentylene Glycol adalah agen pelembab atau humektan sintetis yang bisa mengikat kelembaban dan bersifat antimikroba serta meningkatkan hidrasi pada kulit
  • Pentylene Glycol juga dapat digunakan untuk menstabilkan dan mengentalkan produk serta digunakan sebagai bahan pelarut dan pengawet suatu produk
  • Kandungan Pentylene Glycol biasa ditemukan pada produk perawatan kecantikan, seperti krim, pelembab, sunscreen, dan produk perawatan kulit lainnya
  • Salah satu efek samping penggunaan produk Pentylene Glycol diperkirakan dapat menimbulkan iritasi ringan di mata ataupun kulit 
  • Pemilik kulit sensitif atau orang yang rentan terhadap iritasi sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter kulit sebelum menggunakan Pentylene Glycol
  • Produk perawatan kecantikan yang mengandung Pentylene Glycol di antaranya L'Oreal Liquid Foundation dan Mustela Hydra Bebe Facial Cream
  • Klik untuk mendapatkan produk Pentylene Glycol atau produk perawatan kecantikan lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD

Pentylene Glycol adalah agen pelembab atau humektan sintetis yang biasa ditemukan pada produk kosmetik dan produk perawatan kecantikan, seperti produk bayi, pelembab, serta produk pembersih dan perawatan kulit.

Kandungan Pentylene Glycol yang memiliki sifat untuk mengikat kelembaban dan antimikroba dapat digunakan sebagai bahan pelarut dan pengawet karena dapat larut dalam air dan minyak. Selain itu, Pentylene glycol juga digunakan untuk membantu menstabilkan dan mengentalkan produk.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Beberapa produk perawatan kecantikan yang mengandung Pentylene Glycol adalah L'Oreal Liquid Foundation, Bioderma Sensibio Eye Contour Gel, Olay White Radiance Cellucent White Cream, dan Mustela Hydra Bebe Facial Cream.

Mengenai Pentylene Glycol

Golongan

Produk perawatan kecantikan

Kemasan

Krim, pelembab, sunscreen, perawatan kulit

Kandungan

Pentylene Glycol

Manfaat Pentylene Glycol

Pentylene Glycol dikenal sebagai pengemulsi antimikroba yang dapat larut dalam air maupun minyak. Pentylene Glycol dapat memberikan efek lembab dan halus pada kulit sehingga sangat ideal untuk digunakan dalam produk perawatan kulit.

Karena memiliki efek kelembaban serta dapat meningkatkan hidrasi pada kulit, penggunaan produk yang mengandung Pentylene Glycol juga dapat membantu mengatasi masalah iritasi kulit. Hati-hati jika digunakan pada pemilik kulit sensitif atau yang rentan terhadap iritasi kulit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Pentylene Glycol sendiri merupakan cairan bening yang kental tidak berbau dan memiliki rasa sedikit manis sehingga cocok digunakan untuk mengemulsi dan mengentalkan produk. Secara umum, komposisi penggunaan Pentylene Glycol pada suatu produk berkisar antara 0,001-5% dari keseluruhan campuran produk.

Dosis Pentylene Glycol

Penggunaan produk perawatan kulit yang memiliki kandungan Pentylene Glycol umumnya dapat dibeli secara bebas di pasaran. Hanya saja penggunaan produk dengan kandungan Pentylene Glycol tetap harus digunakan secara hati-hati, terutama terhadap pemilik kulit sensitif. Ikuti aturan penggunaan yang ada pada kemasan dan produk Pentylene Glycol hanya boleh digunakan pada kulit luar.

Efek samping Pentylene Glycol

Kandungan Pentylene Glycol dalam produk kosmetik dan produk perawatan kulit telah diklasifikasikan sebagai produk yang aman digunakan pada kulit untuk pemakaian harian dalam jangka panjang.

Walaupun begitu, penggunaan produk yang mengandung Pentylene Glycol diperkirakan dapat menimbulkan iritasi ringan di mata ataupun kulit pada sebagian orang (meski jarang terjadi). Oleh karena itu, penggunaan produk Pentylene Glycol tetap harus digunakan secara hati-hati.

Beberapa efek samping lain juga mungkin terjadi akibat penggunaan Pentylene Glycol. Selain itu, efek samping bisa saja berbeda pada tiap orang. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, bisa dikonsultasikan dengan dokter.

Interaksi obat

Penggunaan produk kosmetik atau produk perawatan kulit yang mengandung Pentylene Glycol tergolong aman jika digunakan sesuai aturan penggunaan. Karena belum ada bukti yang menunjukkan bahwa Pentylene glycol dapat menimbulkan toksisitas atau karsinogenisitas.

Tetapi ada baiknya untuk menghindari penggunaan produk lain yang memiliki bahan serupa untuk mencegah terjadinya interaksi penggunaan.

Perhatian

  • Hindari penggunaan produk yang mengandung Pentylene Glycol jika memiliki alergi terhadap kandungan tersebut
  • Jika Anda memiliki jenis kulit sensitif yang rentan terhadap iritasi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit
  • Komposisi kandungan Pentylene Glycol umumnya hanya berkisar 0,001-5% dalam suatu produk

Artikel terkait:


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app