Pengobatan Heartburn ala Rumahan

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Pengobatan Heartburn ala Rumahan

Jika Anda pernah merasakan nyeri seperti terbakar pada bagian dada, berarti Anda sedang menderita heartburn. Munculnya heartburn biasanya karena konsumsi makanan yang tidak sehat, serta gaya hidup yang tidak baik.

Tips Mudah Mencegah Heartburn

Merubah kebiasaan dan melakukan pengobatan alami di rumah ternyata mampu mencegah timbulnya heartburn. Tak perlu repot, beberapa obat justru dapat berasal langsung dari dapur rumah Anda, diantaranya :

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

1. Beri bumbu dalam makanan Anda

Masyarakat India percaya, aneka bumbu tradisional dapat membantu pencegahan asam lambung dan gangguan pencernaan lainnya. Rempah-rempah seperti kayu manis, kapulaga dan jahe, yang mengandung minyak atsiri mampu menahan sakit akibat heartburn.

Minyak Atsiri dipercaya meningkatkan aliran cairan lambung dalam perut. Selain itu rempah-rempah tersebut memiliki sifat karminatif dan anti-spasmodik yang meredakan heartburn yang berkaitan dengan perut kembung.

2. Perhatikan postur tubuh setelah makan

Penelitian mengatakan terdapat hubungan postur tubuh dengan keasaman terutama sebelum tidur. Jika heartburn sering terjadi pada malam hari atau saat tidur, ambillah posisi tubuh yang tepat. Tempatkan posisi kepala lebih tinggi saat Anda tidur. Beri tambahan pegas atau kotak guna mendapatkan ketinggian yang pas. Beri jarak 1-2 jam setelah makan untuk pergi tidur.

3. Konsumsi apel secara teratur

Cara paling mudah dan efektif untuk menetralisir asam dalam perut adalah dengan memakan apel. Anda juga dapat membuat apel madu dari apel yang telah Anda kupas dan iris. Didihkan apel dengan sedikit air selama 3-4 jam. Mencegah apel berwarna kecoklatan, tempatkan apel pada kulkas, dan nikmati saat Anda menginginkannya. Selain apel, campuran madu dan kayu manis juga dapat digunakan sebagai obat yang efektif.

4. Menciptakan Antasida buatan

Daripada mengonsumsi obat-obatan, lebih baik meracik antasida buatan Anda sendiri di rumah. Campurkan setengah sendok teh baking soda dengan setengah gelas air. Namun hindari cara ini jika Anda sedang berhadapan dengan mual dan perut kembung. Cara lainnya, Anda dapat mencampur setengah sendok teh krim tartar dengan setengah sendok teh baking soda dalam segelas air.

5. Hindari merokok

Hindari segala jenis nikotin seperti rokok, jika Anda kerap kali merasakan heartburn dan asam lambung. Nikotin mampu mengiritasi katup diantara perut dan kerongkongan, sehingga menyebabkan heartburn. Nikotin juga melemahkan sistem saraf seseorang yang pada akhirnya menyebabkan kelainan fungsi pada selaput lender lambung dan usus.

6. Minumlah dengan tepat

Untuk menghindari heartburn, penting halnya untuk menghindari minuman dengan kandungan soda, alkohol dan kafein. Penelitian menyebutkan minyak yg terdapat dalam kafein memainkan peran penting saat heartburn terjadi. Selain itu, konsumsi alkohol membuat kondisi semakin buruk karena meningkatkan asam lambung.

7. Kontrol stress dan kadar asam

Pernahkah Anda merasakan heartburn saat sedang melaksanakan ujian? Hal tersebut mungkin berasal dari stress dan aktifitas meregang sebagai pemicu timbulnya asam. Stress menyebabkan penghambatan saraf vagus yang mengarah pada pembentukan asam klorida (asam lambung).

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app