Pengertian dan Manfaat Olahraga Pound Fit

Dipublish tanggal: Jul 12, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Pengertian dan Manfaat Olahraga Pound Fit

Saat ini sudah banyak masyarakat Indonesia yang sadar akan pentingnya kesehatan. Hal ini terbukti dengan munculnya beragam jenis olahraga yang muncul, seperti aerobik, yoga, pilates, zumba, dan muay thai. 

Salah satu olahraga yang sedang memiliki banyak peminat adalah pound fit. Olahraga ini dilakukan menggunakan stick atau tongkat dengan gerakan seperti menabuh drum. Agar lebih memahami tentang pound fit, simak penjelasan berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Pound Fit

Pound fit merupakan olahraga menggunakan dua tongkat dengan gerakan seperti menabuh drum. Berat stik yang digunakan untuk olahraga ini juga ringan, sehingga semakin mempermudah latihan. Saat melakukan latihan ini, Anda akan memegang dua stik masing-masing ditangan kanan dan kiri.

Pound fit merupakan olahraga yang dilakukan dengan menggabungkan gerakan pilates dan yoga. Olahraga ini pertama kali diciptakan oleh Kristen Potenza dan Cristina Peerenboom pada tahun 2011. Olahraga ini pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2016 dan langsung memiliki banyak peminat.

Selain menggabungkan pilates dan yoga, pound fit juga menggunakan unsur kardio dengan melakukan gerakan menabuh drum. Penggabungan ketiga jenis latihan inilah yang membuat pound fit merupakan jenis latihan full body workout. 

Bahkan melakukan pound fit selama 30-45 menit dapat membakar kalori hingga 600, jika dilakukan dengan teknik yang benar.

Gerakan yoga dan pilates yang digunakan pound fit adalah gerakan isometrik dan polimetrik. Gerakan tersebut meliputi squad, lunges, jumps, twist, forward bends, dan stretches. 

Kombinasi seluruh gerakan tersebut dengan gerakan drumming akan menggerakkan seluruh bagian tubuh, sehingga kalori yang dibakar semakin banyak. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Selain itu, melakukan gerakan drumming dengan diiringi musik up-beat akan membuat olahraga ini terasa menyenangkan. Sama seperti olahraga lainnya, pound fit dimulai dengan pemanasan, kemudian dilanjutkan bagian inti, dan ditutup dengan pendinginan.

Manfaat Olahraga Pound fit

Olahraga pound fit dapat dilakukan oleh siapa saja. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan level dan modifikasi gerakan yang disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi, bagi Anda yang jarang berolahraga dapat mencoba olahraga pound fit ini.

Selain dapat melakukan olahraga dengan menyenangkan, pound fit juga efektif dalam membakar kalori dalam jumlah yang banyak. Dengan menggabungkan gerakan yoga dan pilates, serta latihan kardio, pound fit dapat membakar 500-800 kalori. 

Tentunya lemak yang dibakar semakin banyak dan berat badan juga akan menurun. Selain itu, melakukan pound fit juga memiliki manfaat lain, yaitu

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Setiap olahraga yang dilakukan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk olahraga pound fit. Olahraga pound fit dilakukan dengan gerakan seperti menabuh drum, sehingga semua bagian tubuh akan aktif bergerak secara maksimal. 

Hal inilah yang menyebabkan melakukan olahraga pound fit dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Membuat mood menjadi lebih baik

Selain dapat menurunkan berat badan, pound fit juga dapat membuat mood berubah menjadi lebih baik. Gerakan pound fit seperti menabuh drum akan menciptakan suasana yang menyenangkan dan bersemangat. 

Selain itu, iringan musik up-beat juga akan membuat olahraga ini semakin menyenangkan dan mood menjadi lebih baik.

Membantu pemulihan kondisi fisik

Melakukan pound fit juga dapat mempercepat pemulihan kondisi fisik setelah sakit. Gerakan pound fit dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan, sehingga setiap orang dapat merasakan manfaat dari olahraga ini.

Melatih dan menguatkan otot

Olahraga pound fit membuat seluruh tubuh aktif bergerak, sehingga dapat melatih dan menguatkan otot tubuh. Hal ini akan menyebabkan pinggang dan paha menjadi lebih ramping.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
New Fitness Trends - Pod, Pound, Aerial, Los Angeles. Refinery29. (Accessed via: https://www.refinery29.com/en-us/2014/01/60970/new-fitness-trends)
Best New Fitness Classes. Shape Magazine. (Accessed via: https://www.shape.com/fitness/trends/15-next-big-fitness-trends)
Drumming Workouts Win Converts. The New York Times. (Accessed via: https://www.nytimes.com/2012/09/09/fashion/drumming-workouts-win-converts.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app