Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Pendarahan Subarachnoid - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: DEC 11, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.773.383 orang

Apa itu pendarahan Subarachnoid

Perdarahan subarachnoid adalah jenis stroke yang tidak biasa yang disebabkan oleh pendarahan pada permukaan otak yang dapat berakibat fatal

Mengenai pendarahan Subarachnoid

Pendarahan subarachnoid (SAH) adalah jenis pendrahan akibat penyakit stroke yang mengancam jiwa yang disebabkan oleh pendarahan ke ruang di sekitar otak. SAH dapat disebabkan oleh aneurisma yang pecah, AVM, atau cedera kepala.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Persentase kehidupan pada seseorang dengan pendarahan subarachnoid berbanding tipis dengan resiko kematian pada penderita kasus yang sama. Perawatan berfokus pada menghentikan pendarahan, memulihkan aliran darah normal, dan mencegah vasospasme.

Ruang subarachnoid adalah area antara otak dan tengkorak. Itu diisi dengan cairan serebrospinal (CSF), yang bertindak sebagai bantal mengambang untuk melindungi otak (lihat Anatomi Otak).

Ketika darah dilepaskan ke ruang subarachnoid, itu mengiritasi lapisan otak, meningkatkan tekanan pada otak, dan merusak sel-sel otak. Pada saat yang sama, area otak yang sebelumnya menerima darah kaya oksigen dari arteri yang terkena sekarang kekurangan darah, yang mengakibatkan stroke.

Penyebab pendarahan Subarachnoid

Beberapa penyebab dari pendarahan subarachnoid antara lain:

Aneurisma serebral

Aneurisme serebral terjadi akibatmelemahnya setiap bagian dari jaringan pembuluh darah otak. Pelemahan ini menyebabkan pembuluh darah meregang dan berubah bentuk, biasanya berbentuk balon.

Dalam keadaan ini, pembuluh darah tidak stabil dan dapat dengan mudah pecah. Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap pembentukan aneurisma otak diperkirakan termasuk hipertensi dan aterosklerosis.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Malformasi Arteriovenous (AVM)

Suatu kondisi di mana pembuluh darah di dalam kluster otak berkumpul bersama dan membentuk koneksi abnormal. Pembentukan abnormal sangat lemah dan rentan terhadap perdarahan.

Trauma 

Setiap benturan dengan intensitas berat pada kepala dapat merusak pembuluh darah di dalam otak

Apa gejala yang ditimbulkan pada perdarahan Subarachnoid

Biasanya tidak ditemukan tanda awal penyakit, tetapi perdarahan subarakhnoid kadang-kadang terjadi selama upaya fisik atau mengejan, seperti batuk, pergi ke toilet, mengangkat sesuatu yang berat atau berhubungan seks.

Gejala utama perdarahan subarachnoid meliputi:

  • sakit kepala parah yang tiba-tiba tidak seperti apa pun yang pernah Anda alami sebelumnya
  • leher yang kaku
  • kesakitan pada sisi kepala
  • sensitivitas terhadap cahaya (fotofobia)
  • penglihatan kabur atau ganda
  • gejala seperti stroke - seperti bicara yang tidak jelas dan kelemahan pada satu sisi tubuh
  • kehilangan kesadaran atau kejang-kejang (goncangan tak terkendali)

Bagaimana cara mencegah pendarahan Subarachnoid

Perdarahan subarachnoid adalah perdarahan yang terletak di bawah salah satu lapisan pelindung otak yang dikenal sebagai lapisan arachnoid.

Penyebab yang dapat meningkatkan risiko ruptur aneurisma atau ruptur AVM termasuk tekanan darah tinggi, aktivitas fisik, dan stres emosional. Penyebab lain SAH dapat bersifat traumatis, seperti cedera kepala yang terjadi karena jatuh, kecelakaan mobil atau pukulan ke kepala.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Cara mencegah pendarahan subarachnoid adalah dengan menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat sehari-hari, memperhatikan kondisi tubuh selama beraktivitas seperti tidak bekerja terlalu lelah, tidak bergadang.

Perilaku sehari-hari seperti mengejan, batuk keras, dan bersin juga perlu diperhatikan karena apabila terlalu keras juga dapat memicu pendarahan terutama apabila sesoerang memiliki kelemahan pembuluh darah otak.

Konsumsi obat-obatan terutama pada penderita hipertensi atau diabetes mellitus sangat dianjurkan guna mencegah terjadinya stroke. 

Bagaimana cara menangani pendarahan Subarachnoid

Beberapa perawatan yang diperlukan pada penderita pendarahan subarachnoid antara lain

Pembedahan

Pembedahan hanya dapat digunakan jika penyebab perdarahan subarachnoid jelas, seperti aneurisma atau malformasi arteri.

Perawatan konservatif

Drainase darah dari ruang subarachnoid oleh dokter bedah membantu mengurangi tekanan . Kemudian pengamatan cermat dilakukan untuk periode waktu tertentu untuk memastikan tidak ada kerusakan lebih lanjut pada otak. Tindakan ini juga dapat diambil jika perdarahan terlalu besar atau terlalu berisiko untuk dioperasi.

Teknik bedah

Teknik bedah meliputi:

  • Kliping - ahli bedah saraf memotong lubang ke tengkorak untuk mengakses otak. Aneurisma yang pecah terletak dan dijepit dengan pembedahan. Namun, kliping mungkin tidak dapat dilakukan jika aneurisma tidak dapat diakses atau berbentuk canggung. Area umum kemudian dibungkus untuk menampung perdarahan.
  • Gulungan endovaskular - pembuluh darah yang terkena dampak diterapi menggunakan IADSA. Koil menit dimasukkan ke dalam aneurisma sampai terisi penuh. Ini menyebabkan area tersebut menggumpal, yang mengeluarkannya dari aliran darah dan mencegah pendarahan lebih lanjut.

Pembedahan otak sangat beresiko, tetapi ini perlu dilakukan karena apabila penadrahan tidak segera ditangani dapat menimbulkan kematian. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini