Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR SCIENTIA INU KIRANA ENWA SIWI
Kesehatan Fisik

Pemeriksaan Asam Urat

Update terakhir: SEP 15, 2019 Tinjau pada SEP 15, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.698.900 orang

Pemeriksaan Asam Urat

Pemeriksaan Asam Urat - Untuk mengetahui kadar Asam Urat dalam tubuh biasanya diperlukan pemeriksaan darah. Karena Asam urat ini dihasilkan dari kerusakan alami sel tubuh, juga dari makanan yang Anda makan.

Ginjal menyaring sebagian besar Asam Urat dalam darah dan membuang kelebihan Asam Urat melalui air kencing. Beberapa jumlah asam juga terdapat dalam tinja. Kadar asam urat tinggi dalam darah menunjukkan bahwa 

  • ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat tersebut dari darah
  • atau jumlah asam urat  yang dihasilkan dijaringan oleh tubuh terlampau tinggi.
  • Konsumsi makanan tinggi purin melebihi batas yang dapat dikompensasi tubuh
  • Diet rendah Purin,
  • penyakit Wilson (penyakit hati)
  • sindrom Fanconi (masalah dalam sekresi hormon diuretik)
  • obat-obatan tertentu seperti estrogen, glukosa, kortikosteroid, warfarin, allopurinol, obat yang diresepkan untuk menurunkan gejala gout
  •  kehamilan

Apa Guna Pemeriksaan Asam Urat?

Tes darah sederhana membantu mengukur dan memantau kadar Asam urat dalam darah. Pemeriksaan Ini dapat membantu mendiagnosa Gout. Tes urin dengan urinalisis dapat digunakan untuk mendeteksi gangguan ginjal akibat batu ginjal asam urat.

Pemeriksaan atau tes ulang Asam Urat membantu Anda mengetahui apakah obat yang diresepkan bekerja atau tidak. seringkali, dokter harus memantau kadar asam urat darah dari pasien yang menjalani kemoterapi atau terapi radiasi karena efek dari kemoterapi dan radiasi dapat membunuh sel-sel kanker sebagai konsekuensiya dapat meningkatkan asam urat.

Berapa Kadar Asam Urat Normal?

Rerata kadar asam urat normal yaitu 3-7 mg / dL dianggap sebagai Kadar Asam urat yang normal.  Apabila terdapat kadar yang lebih tinggi dari itu dianggap berbahaya. Nilai normal dapat bervariasi dari orang ke orang tergantung pada usia, jenis kelamin, kesehatan secara keseluruhan dan gaya hidup dari orang tersebut.

Pasien didiagnosis dengan Gout harus mempertahankan tingkat asam urat sekitar 6 mg / dL (0,35 mmol / L). Nilai normal dapat sedikit berbeda antara laboratorium yang berbeda. Lebih lanjut silahkan baca: Nilai Normal Asam Urat

Beberapa kondisi yang dapat menurunkan kadar asam urat seperti

Apabila terdapat Kadar asam urat yang lebih rendah dari itu, jarang diperhatikan dan biasanya bukanlah hal yang serius.

Test Kit Asam Urat

Telah banyak terseda dipasaran Test Kit untuk pemeriksaan Asam Urat. Dengan alat ini, Anda dapat memonitor kadar asam urat secara teratur. Anda dapat melakukan tes di rumah, sehingga perubahan kadar sekecil apapun dapat anda pantau dan menjadi acuan untuk menyemangati anda agar kadar asam urat dapat terjaga.

Jika diperlukan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter tentang efisiensi obat dan perubahan dalam diet. Tes ini tidak memerlukan persiapan khusus, tapi ingat, beberapa obat dan makanan dapat mempengaruhi hasil tes.

Jadi, Anda harus memberitahukan kepada dokter tentang obat-obatan rutin yang Anda minum. Dianjurkan Puasa (tidak makan dan minum) selama 7 jam sebelum Periksa Asam Urat karena membantu mendapatkan hasil yang Akurat.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit