Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Neuroma Akustik - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: NOV 14, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.022.954 orang

Tumor jinak yang tumbuh di sel Schwann merupakan penyakit Neuroma akustik. Sel Schwann dapat ditemukan di selubung mielin di saraf vestibulokoklear. Vestibulokoklear adalah saraf yang menghubungkan bagian dalam telinga dangt;otak. Penyakit ini menyerang kebanyakan usia 30an tahun.

Pertumbuhannya lambat dan sangat jarang terjadi, neuroma akustik memengaruhi pendengaran dan keseimbangan pasien. Namun, ada beberapa kasus di mana tumor jinak ini tumbuh dengan lebih cepat, sehingga memengaruhi fungsi penting otak lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Penyebab Neuroma Akustik

Ada beberapa studi yang menemukan bahwa kelainan gen tersebut merupakan kelainan bawaan, dan biasanya diturunkan dengan penyakit lainnya, yaitu neurofibromatosis tipe 2. Penyakit ini adalah pertumbuhan tumor pada saraf yang berfungsi untuk menciptakan keseimbangan di kedua bagian kepala.

Tanpa ada riwayat penderita neurofibromatosis tipe 2 di keluarga pasien, sekitar 90% kasus neuroma akustik terjadi dengan sendirinya. Sebaiknya pasien langsung menjalani pengobatan setelah didiagnosis menderita penyakit ini, walaupun ketulian total biasanya tidak diketahui atau dilaporkan oleh pasien.

Gejala Neuroma Akustik

Tumor yang menekan saraf yang berdekatan, pembuluh darah di dekatnya, atau struktur otak berkaitan dengan tanda dan gejala neuroma akustik. Beberapa gejala neuroma akustik di antaranya terjadi hanya pada satu sisi telinga atau lebih parah pada satu sisi, gangguan pendengaran bertahap, meskipun dalam beberapa kasus terjadi tiba-tiba. Dering (tinnitus) di telinga yang terkena dampak.

Penderita juga dapat mengalami kehilangan keseimbangan, pusing (vertigo), wajah mati rasa dan kelemahan. Neuroma akustik dapat tumbuh cukup besar sehingga menekan batang otak dan mengancam hidup, meskipun dalam kasus jarang terjadi.

Pengobatan Neuroma Akustik

Radiosurgery stereotactic
Beberapa tumor yang sangat besar tidak dapat diobati dengan radiosurgery stereotactic. Tujuan dari radiosurgery stereotactic adalah untuk menghentikan pertumbuhan tumor, mempertahankan fungsi saraf wajah dan mungkin menjaga fungsi pendengaran.

Dalam radiosurgery stereotactic, seperti Gamma Knife radiosurgery, dokter memberikan radiasi pada tumor tanpa membuat sayatan. Dokter menempelkan bingkai kepala ringan pada kulit kepala Anda, 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

yang telah mati rasa, untuk menjaga kepala Anda selama prosedur. Menggunakan scan pencitraan, dokter menandai titik tumor dan kemudian menentukan plot untuk mengarahkan balok radiasi.

Perlu waktu berminggu-minggu, bulan atau tahun sebelum efek dari radiosurgery menjadi jelas. Dokter akan memantau kemajuan Anda dengan studi pencitraan tindak lanjut dan tes pendengaran. 

Risiko radiosurgery termasuk gangguan pendengaran, dering di telinga, kelemahan wajah, mati rasa pada wajah, masalah keseimbangan dan kegagalan pengobatan.

Operasi pengangkatan

Anda mungkin perlu prosedur operasi untuk mengeluarkan neuroma akustik. Dokter bedah Anda dapat menggunakan salah satu dari beberapa teknik untuk menghilangkan neuroma akustik, tergantung pada ukuran tumor, status pendengaran pra operasi dan faktor lain.

Tujuan dari operasi adalah untuk menghilangkan tumor, melindungi saraf wajah untuk mencegah kelumpuhan wajah dan melindungi pendengaran bila memungkinkan. 

Bedah untuk neuroma akustik dilakukan selama anestesi umum dan melibatkan menghapus tumor melalui telinga bagian dalam atau melalui jendela di tengkorak Anda.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Seluruh tumor mungkin tidak dapat benar-benar dihapus dalam beberapa kasus. Sebagai contoh, jika tumor terlalu dekat dengan bagian-bagian penting dari otak atau saraf wajah. 

Jika saraf kranial atau struktur tertentu yang terpengaruh selama operasi, bedah dapat memperburuk gejala dan membuat komplikasi. Risiko ini sering kali didasarkan pada ukuran tumor dan pendekatan bedah yang digunakan.

Komplikasi dapat mencakup kebocoran cairan serebrospinal melalui luka, gangguan pendengaran, kelemahan wajah, mati rasa pada wajah, dering di telinga, 

masalah keseimbangan, sakit kepala persisten. Bahkan dapat menyebabkan stroke atau pendarahan otak, serta infeksi pada cairan serebrospinal (meningitis).

Pencegahan Neuroma Akustik

Penting untuk Anda catat bahwa pengangkatan tumor dapat menyebabkan komplikasi. Hal ini disebabkan oleh serta saraf pada wajah juga bisa ikut terpotong selama proses operasi, 

serta saraf-saraf yang mengontrol pendengaran, keseimbangan tubuh. Namun kebiasaan dan gaya hidup berikut dapat membantu Anda mengatasi pertumbuhan tumor saraf.

Temui dokter Anda serutin mungkin untuk diuji, dipantau, serta mendapatkan pilihan pengobatan untuk membantu melawan perkembangan penyakit. Ikuti saran yang diberikan oleh dokter Anda. 

Jangan menggunakan obat di luar resep yang telah ditentukan atau berhenti menggunakan obat. Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan solusi terbaik bagi Anda.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai penyakit Neuroma Akustik. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda. Bagi Anda yang menjalani pengobatan atau operasi telinga karena penyakit neuroma akustik, semoga bisa lekas membaik.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Telinga kanan saya agak kerasa budeg sebelah kanan udah 3 hari dok
Pertanyaan ini telah dijawab oleh seorang ahli medis

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini