Penggunaan Minyak Kelapa Untuk Mengobati Wasir

Dipublish tanggal: Okt 30, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 3 menit
Penggunaan Minyak Kelapa Untuk Mengobati Wasir

Wasir adalah pembengkakan pembuluh darah di area anus atau rektum bagian bawah. Kondisi ini cukup umum terjadi dan dapat menyebabkan gejala seperti gatal, perdarahan, dan ketidaknyamanan. Wasir sering juga disebut ambeien atau hemorrhoid juga terkadang disertai oleh rasa nyeri ketika duduk atau saat buang air besar.

Pengobatan ambeien dapat berupa pemberian obat, diet tinggi serat, maupun pembedahan. Perawatan untuk wasir seringkali termasuk mengendalikan pembengkakan, ketidaknyamanan, dan peradangan yang terjadi. Selain meningkatkan konsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah, minyak kelapa juga dapat digunakan untuk membantu mengobati semua gejala wasir.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Baca juga: Makanan untuk Penderita Wasir (Ambeien)

Hal tersebut disebabkan oleh kandungan minyak kelapa yang memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik sehingga memberikan berbagai manfaat kesehatan, termasuk mengobati wasir, baik dengan cara dioleskan atau dicerna secara oral.

Manfaat minyak kelapa untuk mengobati wasir

Minyak kelapa memiliki banyak khasiat dan manfaat kesehatan, salah satunya untuk membantu mengobati wasir (ambeien). Minyak ini memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat untuk membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan. 

Sifat analgesik kuat yang terkandung pada minyak ini dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh wasir, sementara sifat antibakteri memungkinkan wasir untuk sembuh lebih cepat. Minyak kelapa juga dapat membantu meringankan sembelit berkat efek pencahar yang terkandung di dalamnya. Karena sembelit atau mengejan saat buang air besar adalah penyebab umum wasir, manfaat dari minyak ini akan sangat membantu untuk merawat dan mencegahnya kambuh kembali.

Cara penggunaan minyak kelapa untuk mengobati wasir

Saat menggunakan minyak kelapa untuk keperluan pengobatan, gunakan minyak kelapa kualitas terbaik yang dapat Anda temukan. Minyak kelapa murni organik adalah varietas terbaik dan memiliki manfaat kesehatan paling besar. Anda dapat mengonsumsi minyak kelapa dengan cara dimasak atau mengoleskannya pada kulit luar. Kedua metode aplikasi ini dapat secara efektif mengobati gejala wasir.

Berikut ini beberapa cara penggunaan minyak kelapa untuk mengobati wasir:

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

  • Masukkan minyak kelapa ke dalam proses olahan makanan dan Anda bisa memasak dengan menggunakan minyak kelapa. Beberapa orang bahkan mengoleskan satu sendok teh minyak kelapa pada roti panggang bersama selai kacang atau menambahkannya ke popcorn.
  • Campur minyak kelapa cair dengan witch hazel karena penggunaan witch hazel telah lama digunakan sebagai perawatan rumahan untuk mengatasi wasir. Menggunakan kapas dan oleskan campuran tersebut ke wasir luar dan lakukan ini beberapa kali sehari sampai gejala wasir mereda.
  • Buat supositoria minyak kelapa. Anda dapat membuat supositoria minyak kelapa dengan membentuk minyak kelapa menjadi silinder kecil selebar pensil, bekukan sampai siap digunakan. Minyak kelapa dan suhu dingin dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat ambeien.
  • Campur minyak kelapa cair dan kunyit karena kunyit memiliki sifat anti-inflamasi. Membuat campuran antara minyak kelapa dan kunyit merupakan kombinasi yang kuat. Gunakan bola kapas atau tisu lalu oleskan langsung ke wasir bagian luar.
  • Tambahkan sekitar 1/4 hingga 1/2 cangkir minyak kelapa saat mandi. Campuran air hangat dan minyak kelapa akan menyejukkan sekaligus membantu mengecilkan wasir dan mengurangi gejala ambeien. Sebagai manfaat tambahan, minyak kelapa akan membuat kulit menjadi lebih lembut dan halus.

Efek samping dan risiko penggunaan minyak kelapa

Minyak kelapa dapat menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan jika tubuh Anda tidak terbiasa. Selain itu, minyak kelapa juga dapat menyebabkan diare, kram perut, atau gangguan pencernaan lainnya. Karena itu, mulailah dengan hanya mengonsumsi satu sendok teh minyak kelapa per hari secara rutin dan jangan mengonsumsi lebih dari 3 sendok makan per hari.

Jika wasir disebabkan oleh diare, jangan gunakan minyak kelapa, karena dapat memperburuk diare serta gejala wasir. Penggunaan minyak kelapa sendiri aman digunakan oleh ibu hamil untuk mengobati wasir, baik secara topikal maupun eksternal. Tetapi Anda juga bisa memastikannya kembali dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Selain diterapkan untuk mengobati wasir, minyak kelapa dikenal menjadi alternatif yang aman untuk menurunkan kadar kolesterol "jahat" (LDL) dan penyakit jantung, serta membantu mengobati jerawat dan kondisi kulit lainnya.

Baca juga: Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Kulit

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Intahphuak S, et al. (2008). Anti-inflammatory, analgesic, and antipyretic activities of virgin coconut oil. DOI: (https://doi.org/10.3109/13880200903062614)
Elmore L, et al. (2014). Treatment of dermal infections with topical coconut oil. DOI: (https://www.naturalmedicinejournal.com/journal/2014-05/treatment-dermal-infections-topical-coconut-oil)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app