Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA
Makanan dan Diet Sehat

Kenali Mineral Zinc - Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: NOV 14, 2019 Tinjau pada NOV 14, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.702.324 orang

Kenali Mineral Zinc - Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Zinc (Zn) atau Seng merupakan salah satu kandungan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh kamu. Zinc banyak ditemukan dalam sel tubuh yang berfungsi sebagai katalisator saat terjadinya reaksi-reaksi biokimia di dalam tubuh serta juga menjadi salah satu komponen penting di dalam sel lainnya seperti DNA, RNA dan dalam menyusun asam nukleat.

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Berfungsi melindungi sistem pencernaan & memperbaiki fungsi normal saluran pencernaan saat diare, konstipasi, dan penggunaan antibiotika jangka panjang pada bayi, anak-anak ataupun dewasa. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Zinc umumnya banyak ditemukan di dalam sistem pencernaan, jaringan darah, sistem metabolisme tubuh dan lainnya. Namun fungsi Zinc utama dalam tubuh ialah membantu tubuh untuk bisa berdiri tegak karena tubuh manusia mempunyai sekitar 2-3gram zinc atau sekitar 60% pada otot dan 30% pada tulang manusia

Sisa 10% zinc dalam tubuh, bisa kamu temukan di rambut, kulit, kuku, gigi, sel darah putih, prostat dan lainnya. Zinc juga dipercaya dapat membantu penyembuhan luka, berperan dalam indra perasa dan penciuman, memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu pertumbuhan sel, serta mengurai karbohidrat. 

Berikut ini ialah penjelasan lebih lanjut mengenai efek positif dan negatif bila kelebihan dan kekurangan kandungan Zinc dalam tubuh kamu.

Manfaat Baik Zinc atau Seng bagi Tubuh

  • Mengatur Kekebalan Tubuh Zinc dapat mengaktifkan limfosit T atau sel T yang berada di dalam tubuh dimana sel ini mampu membantu melindungi tubuh dengan cara mengendalikan serta mengatur respon sistem imun dan menyerang langsung sel kanker yang tumbuh secara tidak normal di dalam tubuh.  Bagi kamu yang mengalami kekurangan zat zinc akan sangat rentan terkena berbagai bakteri yang bersifat pathogen sehingga akan mudah sakit.
  • Mengobati Diare Diare memang umum terjadi untuk sebagian besar dari manusia di dunia ini, namun tahukah kamu ternyata diare ialah penyakit yang sudah membunuh 1,6juta anak dibawah 5 tahun setiap tahunnya.  Dari fakta mengejutkan inilah, banyak badan kesehatan di dunia menyarakan setiap individu untuk meningkatkan konsumsi zinc terutama pada anak-anak untuk mengatasi penyakit diare.
  • Menyembuhkan Pilek Untuk kamu yang sedang pilek, ada baiknya mengkonsumsi obat pilek yang memiliki kandungan Zinc didalamnya karena Zinc terbukti 40% lebih efektif dan cepat dalam menyembuhkan penyakit pilek
  • Meningkatkan Fungsi Otak Zinc diteliti mempunyai peran penting dalam menyambungkan neuron di dalam otak, sehingga otak dapat bekerja lebih maksimal dan bisa menyimpan lebih banyak memori. Zinc juga dapat mengatur komunikasi puluhan ribu neuron dengan mengirimkan sinyal satu sama lainnya sehingga menurunkan resiko kerusakan otak akibat oksidatif yang mampu mencegah perkembangan sejumlah penyakit otak seperti Parkinson dan Alzheimer.
  • Menenangkan Mood & Mencegah Depresi Selain memiliki peran penting pada fungsi otak, zinc memiliki efek menenangkan dimana hati yang tenang dapat mengatur mood kamu menjadi lebih stabil dan mencegah kamu dari depresi.  Pada pasien depresi ditemukan kandungan zinc yang rendah dibanding orang sehat yang menyebabkan gangguan penyerapan serotonin pada bagian otak. Zinc juga dipelajari baik dikonsumsi oleh anak yang menderita Autisme.
  • Menjaga Kesehatan dan Meningkatkan Kesuburan Pria Manfaat ini bisa didapat karena zinc memang disimpan di dalam prostat, sperma dan testis pada pria. Maka dengan itu mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zinc akan membuat kaum pria merasakan adanya peningkatan jumlah sperma, morfologi dan motilitas.  Tak hanya itu, zinc pun berperan vital dalam menurunkan risiko pembesaran prostat yang pada umumnya dialami oleh para pria yang usianya diatas 50 tahun di mana mereka lebih memiliki risiko terkait pembesaran prostat atau Benign Prostatic Hyperplasia atau BPH.  Bahkan zinc sangat dibutuhkan remaja laki-laki karena mampu mendukung perkembangan dan pertumbuhan seksual mereka.
  • Sebagai Antioksidan Zinc diketahui mampu melindungi membran sel dari kerusakan akibat dampak dari radikal bebas yang disebabkan oleh kandungan logam berat dalam tubuh seperti besi atau tembaga.  Zinc juga merupakan antioksidan penting dalam tubuh yang disebut superoksida dismutase yang diperlukan organ hati untuk mengikat racun yang akan dibuang dari tubuh.
  • Menjaga Kesehatan Kulit Karena bersifat antioksidan, zinc adalah zat yang menguntungkan bagi tubuh kita dimana zinc membantu produksi kolagen sehingga kulit yang terluka akan lebih cepat sembuh, bahkan dengan adanya kolagen kondisi alergi dan kulit kering pun akan dapat dicegah dengan baik.  Senyawa ini juga dapat diandalkan dalam pengobatan jerawat sebab zinc mempunyai fungsi penting sebagai pengatur kelenjar minyak dan bersifat anti inflamasi pada kulit.
  • Menjaga Kesehatan Mata Bukan hanya makanan yang mengandung vitamin A saja yang bisa membuat penglihatan menjadi tajam, namun zinc juga bisa membuat penglihatan kamu menjadi lebih tajam secara maksimal.  Hal ini dikarenakan fungsi zinc dapat mencegah kerusakan macula di dalam retina mata yang membuat pelambatan dalam degenerasi macula.

Zinc meningkatkan penyerapan air dan elektrolit di usus pada penderita diare. Zinc juga meningkatkan proses regenerasi sel-sel pada usus, meningkatkan enzim pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh dan membuang kuman penyebab diare melalui saluran cerna.

Setelah melihat banyaknya manfaat Zinc bagi tubuh, tentu kamu dapat menarik kesimpulan bahwa kekurangan asupan Zinc tidak akan baik bagi tubuh kamu. Tapi tahukah kamu bahwa kelebihan asupan Zinc pun akan membawa dampak tidak sehat bagi tubuh. 

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Berfungsi melindungi sistem pencernaan & memperbaiki fungsi normal saluran pencernaan saat diare, konstipasi, dan penggunaan antibiotika jangka panjang pada bayi, anak-anak ataupun dewasa. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Dampak bila kamu kelebihan dalam mengkonsumsi Zinc

  • Keracunan  Mineral, vitamin atau nutrisi yang terlalu banyak masuk kedalam tubuh akan membuat tubuh kamu keracunan zat tersebut begitupun dengan Zinc. Diare ialah salah satu dampak kamu keracunan Zinc.
  • Memperparah penyakit Ginjal Pasien penyakit ginjal tidak disarankan mengkonsumi makanan yang banyak mengandung Zinc dikarenakan akan memperparah kondisinya. 
  • Sakit Kepala Mengonsumsi zinc secara berlebihan pun dapat menyebabkan pusing & sakit kepala.
  • Mual dan Muntah Berlebihan dalam memperoleh zinc juga dapat mampu efek kehilangan nafsu makan yang kemudian membuat kamu lebih gampang merasa mual dan ingin muntah.

Maka dengan itu, konsumsilah Zinc secara seimbang, tidak kurang maupun berlebih demi tubuh yang lebih sehat.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini