Metode Elektrolisis, Menghilangkan Rambut Atau Bulu Secara Permanen

Metode elektrolisis merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menghilangkan bulu atau rambut yang mengganggu di bagian tubuh dengan menggunakan pinset. Elektrolisis memiliki beberapa macam bentuk, yaitu:
Dipublish tanggal: Agu 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 16, 2020 Waktu baca: 3 menit
Metode Elektrolisis, Menghilangkan Rambut Atau Bulu Secara Permanen

Tumbuhnya bulu atau rambut di tubuh Anda memang merupakan hal yang wajar. Namun, jika hal tersebut tumbuh di daerah yang tidak diinginkan tentu saja dapat mengganggu rasa percaya diri. 

Untuk menghilangkannya, Anda dapat melakukan metode elektrolisis. Metode ini dipercaya ampuh untuk menghilangkan bulu atau rambut secara permanen.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Hair Removal via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket hair removal hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b10 hair removal

Metode elektrolisis merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menghilangkan bulu atau rambut yang mengganggu di bagian tubuh dengan menggunakan pinset. Elektrolisis memiliki beberapa macam bentuk, yaitu:

  • Elektrolisis galvanic
  • Elektrolisis termolisis
  • Elektrolisis galvani dan termolisis (gabungan)

Walaupun memiliki bentuk elektrolisis yang berbeda-beda, tetap saja cara kerjanya sama. 

Elektrolisis ketiganya menggunakan sebuah jarum kecil (pinset) yang akan masuk ke dalam folikel yang memiliki rambut atau bulu, kemudian rambut atau bulu tersebut dicabut menggunakan pinset.

Elektrolisis galvanic bekerja menggunakan sinar elektronik yang memiliki arus listrik untuk merangsang reaksi di dalam larutan air garam untuk menghentikan pertumbuhan rambut atau bulu di akar folikel. 

Berbeda dengan elektrolisis termolisis, folikel rambut dihentikan dengan cara dipanaskan oleh arus listrik.

Menurut FDA (Food and Drugs Administration) metode elektrolisis sangat efektif digunakan. Berdasarkan persentasenya, metode ini memiliki tingkat keberhasilan mencapai 80 persen dalam menghilangkan bulu atau rambut.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Rambut via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan rambut hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b07 perawatan rambut

Namun, beberapa orang sayangnya tidak dapat menggunakan cara ini. Elektrolisis hanya bekerja secara efektif dengan bulu atau rambut yang memiliki akar dangkal. 

Jika tidak tingkat keberhasilannya sangat rendah, mencapai 15 persen saja.

Mitos-mitos mengenai elektrolisis

1. Elektrolisis menyakitkan

Elektrolisis tidak menyakitkan, tetapi menimbulkan rasa kesemutan. Hal ini tentu saja menimbulkan ketidaknyamanan. Untuk menghindarinya, Anda dapat menggunakan obat khusus yang digunakan dengan cara topikal (oles).

 2. Alat elektrolisis dapat dibeli dengan mudah

Metode elektrolisis memang efektif digunakan untuk menghilangkan bulu atau rambut secara permanen. Namun, penggunaan alatnya tidak dapat dibeli sembarangan. 

Beberapa negara memberikan batasan dan izin jika ingin menggunakannya.

3. Cara alternatif lebih baik dibandingkan elektrolisis

Untuk menghilangkan rambut dan bulu dapat dilakukan beberapa cara, seperti menggunakan krim penghilang rambut dan juga waxing. Tetapi, biasanya krim penghilang bulu atau rambut memiliki kandungan kimia dan pemutih. 

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Hair Removal via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket hair removal hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b10 hair removal

Sedangkan waxing memerlukan biaya yang mahal dan juga menyakitkan. Terkadang, ketika dilakukan sendiri hasilnya berantakan.

Perhatikan hal-hal ini sebelum melakukan elektrolisis

Jika Anda memutuskan untuk melakukan elektrolisis, sebaiknya gunakan ahli medis atau elektrologi agar aman ketika dijalankan. Biaya yang dikeluarkan memang besar, tapi hal ini tentu saja mengurangi resiko yang dapat merugikan diri Anda.

Pilihlah ahli medis atau elektrologi yang memiliki izin dan sertifikat sebagai kualifikasinya. Anda juga dapat bertanya pada orang-orang yang sudah berpengalaman melakukan metode elektrolisis sebagai literasi sementara.

Sebelum melakukannya, Anda dianjurkan berkonsultasi ke klinik yang menyediakan prosedur tersebut. Anda dapat bertanya mengenai biaya, seperti apa prosedur yang dilakukan, apakah ada perawatan lanjutan, dan juga menggunakan alat seperti apa.

Beberapa klinik biasanya tidak menggunakan alat dan memakai metode yang berbeda, sehingga bulu atau rambutnya terkadang tidak hilang secara permanen dan dapat tumbuh kembali. 

Anda dapat memperhatikan kenyaman dan kebersihan dari klinik yang akan Anda pilih.

Hasil terbaik akan terlihat setelah Anda melakukan perawatan rutin selama 12 bulan.

Namun hal ini tentu saja tergantung dari beberapa faktor seperti area yang dilakukan perawatan, pertumbuhan rambut, tebalnya rambut, dan juga sensitivitas kulit. Setiap orang akan mendapatkan hasil yang berbeda-beda.

Efek samping elektrolisis

Setelah menjalani sesi perawatan mungkin muncul sedikit ketidaknyamanan, misalnya pembengkakan Ketika Anda melakukan metode elektrolisis, biasanya akan muncul beberapa efek samping seperti munculnya kemerahan dan bengkak. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena hal ini akan hilang dalam sehari.

Beberapa efek samping lainnya juga dapat Anda temukan, misalnya seperti timbul bintik-bintik hitam di pori-pori disertai dengan tekstur kulit yang berubah, Selain itu, keropeng akan muncul, tapi bisa hilang dalam waktu satu minggu.

Efek samping tersebut tidak akan Anda alami terjadi jika dilakukan dengan benar oleh ahlinya. Anda juga akan terhindar dari resiko terjadinya keloid atau munculnya jaringan parut secara permanen. 

Lakukanlah perawatan ini secara bertahap dan tidak terburu-buru agar mendapatkan hasil yang optimal 

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app