Merokok Merusak Kecantikan Wanita

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Tinjau pada Sep 11, 2019 Waktu baca: 2 menit
Merokok Merusak Kecantikan Wanita

Merokok berbahaya bagi kesehatan, tentu Anda telah tahu.  Rokok sudah disebutkan dapat merusak jantung, paru-paru, otak bahkan kehidupan ranjang Anda dan suami, serta janin di dalam kandungan. Namun, dampak ini tidak akan langsung Anda alami saat Anda baru mulai merokok. Dibutuhkan waktu tahunan untuk membuat Anda sakit akibat kebiasaan buruk ini, dan selama hal itu belum terjadi, Anda mungkin belum termotivasi untuk berhenti.

Merokok Merusak Kecantikan?

Jangan tunggu sakit baru berhenti merokok, karena tanpa Anda sadari, kebiasaan mengisap tembakau juga merusak kecantikan Anda. Ini alasan mengapa Anda harus berhenti merokok sekarang juga: 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

1. Muncul kantong mata

Kebiasaan merokok akan dengan mudah mencetak kantong di bawah mata sehingga Anda akan selalu terlihat lelah. Salahkan nikotin atas kondisi ini.

2. Gigi yang berubah warna dan terlihat jorok

Nikotin di dalam rokok yang Anda isap akan secara langsung menodai gigi Anda dan membuat gigi terlihat hitam. Perlu usaha dan biaya untuk memutihkan gigi Anda.

3. Penuaan dini dan keriput yang muncul lebih awal

Adakah wanita yang tidak ingin awet muda? Jika Anda tidak menghentikan kebiasaan merokok, maka penuaan dini akan segera menghampiri  serta keriput akan lebih mudah muncul. Rata-rata, wanita yang merokok tampak sekitar 1.4 tahun lebih tua dari para wanita yang tidak merokok. Penyebabnya adalah kandungan rokok yang menghalangi suplai darah ke jaringan-jaringan kulit untuk membuat kulit terlihat tetap kenyal, muda dan sehat.

4. Jari yang berubah warna kekuningan

Nikotin di dalam rokok dan asapnya juga dapat membuat jari-jari di tangan Anda berubah kekuningan. Cara satu-satunya untuk mengatasi jari yang berubah warna ini adalah dengan repot-repot memeras sari jeruk untuk dioleskan ke jari, memakai produk pemutih serta menyikat jari dengan bahan steel wool. Lebih baik jika Anda berhenti sebelum jari-jemari kekuningan.

5. Rambut yang menipis

Rambut wanita yang merokok lama-kelamaan akan semakin menipis karena adanya kerusakan pada DNA folikel rambut dan penambahan sel-sel radikal bebas yang sifatnya merusak. Selain itu, rambut juga jadi gampang sekali beruban.

6. Gigi yang mudah tanggal

Kandungan di dalam rokok sangat keras sehingga gigi dan rongga mulut Andalah yang akan menjadi target berikutnya. Anda berisiko mengalami kanker mulut, penyakit gusi dan segala macam penyakit gigi jika Anda terus-menerus merokok.

7. Cahaya alami di wajah Anda akan hilang

Kulit yang cerah, sehat dan bercahaya dari dalam akan segera menghilang dari para wanita yang merokok. Penyebabnya adalah asap rokok yang mengandung karbon monoksida, yang menggantikan keberadaan oksigen di dalam kulit, dan nikotin, yang melambatkan aliran darah dan menyebabkan kulit kering dan pudar warnanya. Vitamin C di dalam tubuh juga akan kalah khasiatnya untuk memperbaiki kulit jika Anda terus merokok.

8. Perut bergelambir

Kesal karena gelambir pada perut tidak kunjung hilang? Rokok yang Anda isap beberapa kali dalam sehari mungkin menjadi penyebabnya. Lemak yang menggantung di perut disebut sebagai lemak visceral, dan walaupun rokok terbukti sanggup membuat orang yang mengisapnya menjadi lebih kurus karena menurunkan nafsu makan, lemak visceral masih tetap akan muncul dan meningkatkan risiko terjadinya diabetes pada pemiliknya.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Dry Hair: Causes, Treatments, and Diagnosis. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/health/dry-hair)
Hair Problems: Gray Hair, Damaged Hair, Greasy Hair, and More. WebMD. (Accessed via: https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/hair-loss/hair-problems)
What Your Hair & Scalp Say About Your Health. WebMD. (Accessed via: https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/ss/slideshow-hair-conditions)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app