Perawatan Tubuh

Menurunkan Berat Badan

Dipublish tanggal: Mar 11, 2019 Update terakhir: Mar 28, 2020 Tinjau pada Mar 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Menurunkan Berat Badan

Tubuh yang ideal adalah idaman semua orang. Setiap orang memiliki cara masing-masing untuk mempertahankan tubuh yang ideal serta terhindar dari berbagai penyakit. 

Banyak cara yang dapat dilakukan agar dapat mengatur komposisi tubuh sesuai yang yang diinginkan. Mulai dari makanan yang sehat, berolahraga teratur, kebiasaan hidup yang baik, dan menkomsumsi suplemen guna memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh. 

Dalam topik ini kita akan membahas bagaimana cara terbaik untuk menurunkan berat badan yang dapat dicontoh dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Setiap orang memiliki postur yang berbeda-beda. Dalam kenyataannya, pola hidup telah menjadi salah satu alasan bagaimana fisik seseorang untuk menjaga batas normal berat badan. 

Dalam dunia medis, angka idealisme berat badan dapat dihitung menggunakan indeks massa tubuh atau Body mass index (BMI). Sesuai anatomi, massa tubuh pada pria didominasi pada komposisi massa otot, sedangkan wanita lebih ke komposisi lemak. 

Kalkulasi indeks massa tubuh dapat dihitung mulai usia 20 tahun karena rata-rata masa pertumbuhan manusia akan berhenti pada usia tersebut.

Cara menghitung indeks massa tubuh dapat dinilai dengan mengetahui tinggi badan dan berat badan seseorang. Rumus yang digunakan adalah

Berat badan (Kilogram) / Tinggi badan (Meter)2

Dari hasil penghitungan, satuan yang didapat pada skor BMI adalah kg/m2. Standar berat badan yang telah dihitung melalui BMI akan menilai apakah seseorang memiliki kurang, ideal, lebih (overweight), atau mengalami kegemukan akibat penumpukan lemak berlebih (obesitas). Nilai BMI menurut kriteria World Health Organisation yaitu

  • BMI <18,5 Kg/M2 : UNDERWEIGHT
  • BMI 18,5 – 24,9 Kg/M2   : HEALTHY WEIGHT
  • BMI 25 – 29,9 Kg/M2  : OVERWEIGHT
  • BMI 30-40 Kg/M2   : OBESE  tingkat I
  • BMI > 40 Kg/M2   : OBESE  tingkat II 

Cara Menurunkan Berat Badan

Menjaga berat badan adalah cara penting yang dilakukan secara rutin yang perlu dilakukan agar terhindar dari berat badan berlebih dan obesitas.

Penumpukan lemah berlebih pada tubuh dapat memicu berbagai penyakit seperti penyakit jantung, hipertensi, diabetes dan kolesterol tinggi. Berat badan dapat diturunkan mulai dari menjaga makan dan mengatur pola hidup. Berikut beberapa cara menurunkan berat badan.

1. Makan makanan yang sehat

Saat masih sekolah kita pasti mengenal kata 4 Sehat 5 Sempurna.  Makanan 4 sehat yaitu nasi, sayur-sayur, lauk pauk, dan buah-buahan. 5 sempurna adalah susu. 

Nasi mengandung karobhidrat , sayur-sayuran kaya akan mineral dan serat, lauk-pauk banyak mengandung lemak dan protein,buah-buahan mengandung vitamin, dan susu kaya akan kalsium, dan vitamin B.  Ini sudah mencakup seluruh kebutuhan untuk mendapat tubuh yang sehat dan menjaga berat badan.

2. Makan secukupnya

Setelah kebutuhan pokok sudah mencukupi, kita perlu memperhatikan porsi makan kita sehari-hari. Tubuh secara umum memerlukan asupan makanan 3 kali sehari, terdiri dari sarapn, makan siang dan makan malam. 

Makan yang berlebihan sangat tidak disarankan karena kalori yang masuk akan melebihi batas normal, dan akan butuh waktu lama untuk membakar kalori sehingga berat badan sulit turun.

3. Kurangi Cemilan

Semua orang suka cemilan karena mudah, rasanya enak, dan membuat ketagihan. Mengonsumsi cemilan tidak dilarang, asalkan tidak berlebihan. 

Cemilan seperti biskuit, cokelat, dan makanan ringan lainnnya memang cocok untuk menahan lapar atau menjadi asupan ekstra untuk menambah energi dalam beraktivitas terutama pada sore hari. 

Apabila terlalu banyak makan cemilan, ini akan mengakibatkan berat badan sulit turun dan menganggu jadwal makan kita sehari-hari.

4. Kurangi makanan berlemak

Lemak sangat penting bagi tubuh kita. Lemak akan diproses oleh tubuh menjadi energi untuk beraktivitas. Akan tetapi, mengonsumsi makanan berlemak terlalu banyak akan mengakibatkan kegemukan dan rentat terkena berbagai macam penyakit. 

Kita dapat mengatur asupan lemak dari makanan yang kita makan dengan mudah . 

Seperti dengan mengurangi makanan berminyak, membatasi asupan daging yang memiliki lemak tinggi seperti daging sapi dan babi, dan konsumsi daging ikan karena daging ikan kaya akan lemak baik dan omega 3.

5. Mengatur Pola Diet

Diet adalah cara yang ampuh untuk menurunkan berat badan. Setiap orang memiliki cara berbeda-beda untuk mengatur diet mereka. 

Terdapat berbagai macam diet seperti diet daging, diet dengan makan buah buahan, diet mengurangi nasi, dan cara diet lainnya. Diet ketat dapat menjadi cara menurunkan berat badan lebih cepat. 

Diet ketat bukan berarti tidak makan, diet ketat dapat dilakukan dengan lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan ketimbang  makanan dengan lemak dan karbohirdat tinggi. Waktu makan yang sesuai juga merupakan cara diet yang sehat.  

6. Rajin berolahraga  

Jangan lewatkan waktu luang kita untuk berolahraga. Mulailah mengatur waktu paling tidak 5  kali seminggu dengan durasi 30menit setiap hari untuk berolahraga. Berolahraga dapat melancarkan metabolisme, membakar kalori tubuh, dan menurunkan berat badan. 

Beberapa olahraga yang cocok untuk menurunkan berat badan seperti, jogging/lari, bersepeda, skipping, naik-turun tangga, dan senam aerobik.

 

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to lose weight fast: 9 scientific ways to drop fat. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322345)
12 tips to help you lose weight on the 12-week plan. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/healthy-weight/12-tips-to-help-you-lose-weight/)
Weight Loss & Diet Plans - Find healthy diet plans and helpful weight loss tools. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/default.htm)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app