ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

5 Menu Buka Puasa Sehat untuk Menangkal Virus Corona COVID-19

Dipublish tanggal: Apr 8, 2020 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 4 menit
5 Menu Buka Puasa Sehat untuk Menangkal Virus Corona COVID-19

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Berpuasa di saat wabah virus corona COVID-19 tentu menjadi tantangan tersendiri. Konsumsi makanan bergizi sangat penting agar tubuh tetap fit setiap hari.
  • Kurma merupakan menu buka puasa andalan di bulan Ramadhan. Selain kaya serat, kurma mengandung 3 jenis antioksidan yang mampu menjauhkan tubuh dari penyakit.
  • Menu sup ayam makaroni mengandung protein yang berperan dalam pembentukan immunoglobulin atau antibodi untuk melawan penyakit dan infeksi.
  • Sayur bayam mengandung vitamin E yang mampu mendongkrak sistem imun tubuh jadi lebih sehat. Cocok menjadi makanan sehat buka puasa di saat wabah virus corona COVID-19.
  • Jangan lupa lengkapi menu sehat buka puasa Anda dengan buah-buahan mengandung vitamin C, seperti jeruk, mangga, kelengkeng, stroberi, melon, atau anggur.

Puasa menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Namun, tentu akan jadi tantangan tersendiri jika dilakukan pada saat wabah virus corona COVID-19 seperti sekarang ini. Anda tentu harus lebih berhati-hati memilih makanan saat sahur maupun buka puasa agar sistem imun tetap kuat dan tidak mudah sakit. Bingung harus menyiapkan menu buka puasa sehat apa untuk hari ini? Tenang, Honestdocs telah menyiapkan pilihannya untuk Anda.

Menu buka puasa sehat untuk hadapi virus corona COVID-19

Karena obat dan vaksin untuk mengobati virus corona belum ditemukan, maka kunci terpentingnya adalah menjaga daya tahan tubuh sendiri. Dengan sistem imun yang kuat, tubuh tentu akan mampu melawan berbagai infeksi yang masuk.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Terlebih, perubahan pola makan dan pola tidur saat puasa kerap membuat tubuh gampang lemas bahkan jatuh sakit. Karena itulah, penting bagi kita untuk mengatur asupan bernutrisi selama berpuasa agar tubuh tetap sehat dan fit sepanjang hari.

Nah, berikut ini pilihan menu buka puasa sehat yang bisa Anda coba untuk menghadapi wabah virus corona COVID-19, yaitu:


1. Kurma 3 buah

Kurma merupakan buah khas bulan Ramadhan dan paling sering disajikan sebagai menu sehat buka puasa. Dilihat dari nutrisinya, satu buah kurma mengandung 20 kalori, 5,3 gram serat, serta beragam mineral seperti kalium, tembaga, dan mangan.

Kandungan serat pada kurma dapat membantu menghambat sinyal lapar dalam tubuh. Alhasil, berbuka puasa dengan kurma saja bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Tak hanya mengenyangkan, makan kurma juga bisa membantu menjauhkan Anda dari penyakit, lho! Hal ini berkat kandungan zat antioksidan dalam kurma seperti flavonoid, karotenoid, dan asam fenolat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Ketiga jenis antioksidan tersebut mampu melindungi tubuh dari paparan radikal bebas penyebab penyakit. Bahkan, buah khas Ramadan ini juga bisa melindungi Anda dari risiko terkena diabetes, penyakit jantung, gangguan mata, hingga kanker.

Bila Anda ingin menyiapkan kurma sebagai makanan buka puasa, cukup sediakan 3 buah kurma saja. Hal ini sudah cukup untuk mengembalikan kadar gula darah dan energi Anda setelah seharian berpuasa. 

2. Sup ayam makaroni

Protein adalah salah satu nutrisi penting bagi tubuh. Selain sebagai sumber energi, protein juga berperan dalam pembentukan immunoglobulin alias antibodi untuk membantu melawan penyakit dan infeksi. 

Karena itulah, Anda perlu menambahkan asupan protein dalam menu buka puasa, terutama di tengah wabah virus corona COVID-19 seperti sekarang ini. Salah satu contohnya dengan memasak sup ayam makaroni.

Sajian sup ayam makaroni bisa membantu mendongkrak energi sekaligus memenuhi kebutuhan cairan yang hilang selama berpuasa. Tambahkan beberapa gram makaroni untuk menambah asupan karbohidrat di dalamnya.

3. Sayur bayam wortel

Agar tubuh lebih kuat terhadap berbagai jenis infeksi, termasuk virus corona COVID-19, pastikan tubuh Anda mendapatkan asupan vitamin E yang cukup. Nah, zat gizi yang satu ini bisa dipenuhi dengan mengonsumsi makanan sumber vitamin E, contohnya bayam.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Semangkuk sayur bayam cocok dihidangkan sebagai makanan buka puasa yang sehat. Setiap 100 gram bayam mengandung 2,03 mg vitamin E yang mampu mendongkrak sistem imun tubuh jadi lebih sehat. Selain itu, fungsi vitamin E juga penting untuk meningkatkan ketahanan fisik dan energi. 

Supaya menu buka puasa Anda kian lengkap, tambahkan dengan wortel dan jagung untuk menambah cita rasa.

Baca Selengkapnya: Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin E

4. Kentang rebus tumbuk (mashed potato)

Bingung harus menyiapkan menu sehat buka puasa apa untuk hari ini? Coba sajikan kentang tumbuk atau mashed potato yang praktis, sehat, dan tentunya mudah dibuat.

Dibandingkan dengan nasi, kentang memiliki jumlah kalori, karbohidrat, dan lemak yang lebih sedikit. Menu sehat buka puasa ini juga cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet.

Baca Selengkapnya: 10 Menu Buka Puasa Sehat untuk Diet Anda

Setiap 100 gram kentang rebus dengan kulit mengandung 1,8 gram serat, sedangkan nasi mengandung 0,4 gram serat. Maka terlihat jelas bahwa kentang mengandung lebih banyak serat dan akan lebih lambat diserap oleh tubuh. Alhasil, Anda akan kenyang lebih lama dan lebih fit untuk lanjut beribadah atau beraktivitas.

5. Salad buah

Setelah menyiapkan takjil hingga makanan berat, jangan lupa lengkapi makanan sehat buka puasa Anda dengan buah-buahan. Secara alami, buah-buahan mengandung beragam vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

Di tengah pandemi virus corona COVID-19 seperti sekarang ini, sebaiknya perbanyaklah konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C. Sebab, vitamin C memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu menguatkan daya tahan tubuh.

Vitamin yang khas terdapat di buah jeruk ini akan mendorong produksi limfosit dan fagosit, yakni sel darah putih yang melindungi tubuh dari infeksi. Selain itu, vitamin C juga membantu sel darah putih agar lebih efektif melindungi tubuh dari paparan radikal bebas.

Jika Anda bosan makan buah secara langsung, Anda bisa mengolahnya menjadi jus atau salad buah. Tambahkan yogurt dan berbagai jenis buah kaya vitamin C dalam satu mangkuk seperti jeruk, mangga, kelengkeng, stroberi, melon, hingga anggur. Dijamin ampuh melegakan dahaga setelah seharian berpuasa.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Tetap Fit Saat Puasa

Beragam pilihan menu buka puasa sehat di atas bisa membantu meningkatkan sistem tubuh Anda, terutama saat wabah virus corona COVID-19. Pastikan makanan sehat buka puasa Anda penuh nutrisi supaya tubuh tetap fit dan berenergi untuk beraktivitas.

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Medical News Today. 10 foods rich in vitamin E. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324308). 29 Januari 2019.
Healthline. Potatoes 101: Nutrition Facts and Health Effects. (https://www.healthline.com/nutrition/foods/potatoes). 7 Maret 2019.
Healthline. 9 Important Functions of Protein in Your Body. (https://www.healthline.com/nutrition/functions-of-protein). 20 Juni 2018.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app