Mengatasi Hidung Mampet dengan 8 Cara Efektif Ini

Dipublish tanggal: Agu 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 5, 2020 Waktu baca: 2 menit
Mengatasi Hidung Mampet dengan 8 Cara Efektif Ini

Kondisi hidung mampet memang sangatlah menyebalkan, karena dapat mengganggu pernafasan. Penyebab hidung mampet bisa karena pilek maupun flu. Hidung yang tersumbat bisa terjadi karena ingus yang ada di hidung tertahan dan mengendap dalam hidung, sehingga membuat susah bernafas.

Mengatasi hidung yang mampet tidak harus membeli obat di apotek, karena Anda dapat mengatasinya dengan cara alami. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Walaupun ada banyak obat yang terjual di apotek, namun Anda tidak harus mengobati hidung tersumbat dengan obat. Ada cara mudah yang bisa untuk Anda lakukan, yaitu:

Menggunakan bawang putih sebagai anti jamur dan bakteri

Dengan mengkonsumsi bawang putih, hidung yang tersumbat pun dapat teratasi dengan mudah. Hal ini karena bawang putih memiliki kandungan berupa zat anti jamur dan anti bakteri

Melalui kandungan tersebut dapat memberantas bakteri yang menjadi penyebab hidung tersumbat.

Konsumsi makanan pedas

Mengkonsumsi makanan pedas akan sangat membantu untuk mengatasi hidung yang tersumbat. Makanan pedas yang Anda makan dapat mengeluarkan lendir yang ada di hidung dengan sendirinya. Lendir akan keluar karena Anda merasa kepedasan.

Jangan menyimpan ingus di dalam hidung

Membiarkan ingus tetap berada di hidung dapat membuat hidung Anda semakin tidak nyaman. Salah satu cara yang bisa untuk Anda lakukan yaitu dengan sering membuang ingus secara teratur. 

Namun ketika Anda sedang membuang ingus, jangan terlalu keras. Sebab apabila terlalu keras dikhawatirkan dapat menimbulkan kuman yang ada di hidung masuk ke telinga.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Menghirup uap yang hangat

Menghirup uap hangat akan sangat membantu untuk meredakan hidung Anda yang tersumbat. Dengan menggunakan cara ini dapat membantu Anda untuk mengatasi hidung tersumbat. 

Saat menghirup uap hangat, Anda bisa menghirupnya secara perlahan. Resapi dan rasakan kenikmatan menghirup uap hangat ini. 

Cara lainnya yang juga bisa Anda coba adalah dengan mandi dengan air hangat. Selain membuat tubuh terasa lebih segar, badan juga terasa lebih rileks.

Konsumsi banyak cairan

Untuk mengencerkan lendir yang ada di dalam hidung, Anda bisa mengkonsumsi banyak cairan. 

Selain dapat digunakan untuk mencairkan ingus dalam hidung, juga akan mampu meredakan tenggorokan supaya tetap terjaga kelembabannya. Air minum yang sebaiknya Anda minum yaitu air hangat, baik itu air putih hangat atau teh hangat.

Cuci hidung dengan menggunakan air garam

Dengan menggunakan air garam, hidung yang tersumbat pun akan dapat teratasi dengan sangat baik. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Melalui air garam yang Anda pakai untuk mencuci hidung akan membantu untuk menghilangkan bakteri maupun virus yang terdapat dalam hidung. Ini salah satu cara efektif yang bisa Anda coba untuk mengatasi hidung tersumbat. 

Gunakan bantal tambahan

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hidung yang tersumbat yaitu dengan menggunakan bantal tambahan ketika sedang tidur. 

Selain membuat tubuh menjadi lebih rileks, posisi ini pun juga akan membantu Anda untuk bisa menghilangkan kotoran di hidung yang menyebabkan penyumbatan.

Tidur dengan posisi miring

Anda bisa mencoba mengubah posisi tidur. Apabila hidung yang tersumbat pada sebelah kanan, maka Anda bisa tidur dengan posisi miring ke kiri. Begitu juga sebaliknya. Dengan cara ini, hidung yang tersumbat pun akan terasa lebih lega. 

Itulah cara yang dapat untuk Anda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat. Cara yang bisa dilakukan di atas memang cukup mudah dan praktis. 

Untuk mengatasi hidung tersumbat memang tidak harus menggunakan obat. Cukup dengan cara sederhana di atas, hidung tersumbat bisa teratasi dengan cepat. 

Namun jika memang masalah tersebut berlanjut, tidak ada salahnya Anda memeriksakan diri ke dokter terdekat.

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Mayo Clinic Staff. (2017). Allergy medications: Know your options. (https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/allergies/in-depth/allergy-medications/art-20047403)
Georgalas C. (2011). The role of the nose in snoring and obstructive sleep apnoea: an update. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21340561)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app