Mengapa Sulit Mencari Sumsum Tulang Yang Cocok

Dipublish tanggal: Jul 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Mengapa Sulit Mencari Sumsum Tulang Yang Cocok

Cangkok atau transplantasi sumsum tulang adalah prosedur untuk menggantikan sumsum tulang yang rusak atau hancur dengan sel induk sumsum tulang yang sehat.

Sumsum tulang

Sumsum tulang adalah jaringan lunak dan lemak di dalam tulang Anda. Sumsum tulang menghasilkan sel darah. Sel induk adalah sel yang belum matang di sumsum tulang yang menimbulkan semua sel darah Anda yang berbeda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Bagian dari tulang Anda yang disebut "sumsum tulang" membuat sel darah. Sumsum adalah jaringan lunak, sepon di dalam tulang. Ini mengandung sel-sel yang disebut sel-sel batang hematopoietik. 

Sel-sel ini dapat berubah menjadi beberapa jenis sel lainnya. Mereka dapat berubah menjadi lebih banyak sel sumsum tulang. Atau mereka bisa berubah menjadi semua jenis sel darah.

Kanker tertentu dan penyakit lain menjaga sel induk hematopoietik agar tidak berkembang secara normal. Jika mereka tidak normal, tidak ada sel darah yang mereka buat. Transplantasi sel induk memberi Anda sel batang baru. Sel-sel induk baru dapat membuat sel-sel darah baru yang sehat.

Apa itu HLA?

Human leukocyte antigen (HLA) digunakan untuk mencocokkan pasien dan donor untuk transplantasi sumsum tulang atau darah tali pusat. 

HLA adalah protein penanda yang ditemukan pada sebagian besar sel dalam tubuh Anda. Sistem kekebalan Anda menggunakan penanda ini untuk mengenali sel mana yang termasuk dalam tubuh Anda dan mana yang tidak.

Mengapa sangat penting untuk mencocokan donor?

Kecocokan yang erat antara donor dan penanda HLA pasien sangat penting untuk hasil transplantasi yang sukses. Pencocokan HLA mendorong pertumbuhan dan perkembangan sel-sel darah baru yang sehat (disebut engraftment) dan mengurangi risiko komplikasi pasca transplantasi yang disebut penyakit graft-versus-host (GVHD).

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Kecocokan sumsum tulang dengan pendonor

Dokter mencocokkan donor dengan pasien berdasarkan jenis jaringan human leukocyte antigen (HLA) mereka. HLA adalah protein, atau marker, yang ditemukan pada sebagian besar sel dalam tubuh Anda. 

Sistem kekebalan Anda menggunakan penanda ini untuk mengenali sel mana yang termasuk dalam tubuh Anda dan mana yang tidak. Kecocokan HLA yang erat antara donor dan pasien adalah faktor pencocokan yang paling penting.

Cara memilih kecocokan pendonor

Seorang dokter pasien memilih beberapa donor potensial yang HLA-nya cocok dengan pasien pada tingkat dasar. Dokter kemudian meminta pengujian tambahan untuk menentukan donor mana yang paling cocok dengan pasien.

Jika seorang pasien memiliki banyak kecocokan, dokter juga akan mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti usia donor, jenis kelamin, golongan darah, tinggi dan berat badan.

Mengapa sulit untuk mencari donor pada cangkok tulang belakang

Kecocokan yang sangat identik diperlukan untuk melakukan cangkok dari pendonor, namun banyak sekali kendala yang sulit terpenuhi selama mencari pendonor. Mulai dari ketidak cocokan, usia, golongan darah, hingga keterbatasan adat istiadat dan etnis. 

Kecocokan sumsum tulang dengan keluarga harus dilakukan dengan tes DNA. Ini dapat dilakukan dengan mengusap beberapa sel dari bagian dalam pipi atau dengan mengambil sampel darah. Sampel kemudian dikirim ke laboratorium pengujian DNA khusus.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Jika orang tersebut cocok dengan HLA, pemeriksaan fisik terperinci dan riwayat kesehatan akan dilakukan untuk menentukan apakah dia cukup sehat untuk menjadi donor.

Apa yang terjadi bila tidak ada anggota keluarga yang cocok dengan sumsum tulang?

Jika anggota keluarga tidak dapat menjadi pendonor Anda, pusat transplantasi Anda akan mulai mencari donor yang tidak terkait dengan jenis sumsum Anda (unrelated) 

Pencarian akan mencakup donor sukarela dewasa. Jika pusat transplantasi Anda melakukan transplantasi darah tali pusat, pencarian inventaris internasional unit darah tali pusat juga akan dilakukan.

Jenis HLA donor potensial akan dibandingkan dengan Anda untuk menentukan apakah mereka akan menjadi donor yang baik untuk Anda.

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Stem cell basics. (2015, March 31) (http://stemcells.nih.gov/info/basics/)
Mayo Clinic Staff. (2014, May 30). Blood and bone marrow donation (http://www.mayoclinic.com/health/bone-marrow/MY00525/DSECTION=why-its-done)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Apakah Seorang Perokok Boleh Melakukan Donor Darah?
Apakah Seorang Perokok Boleh Melakukan Donor Darah?

Saat Anda menyumbangkan darah, Anda harus menjawab beberapa pertanyaan tentang kesehatan, gaya hidup, dan riwayat perjalanan Anda untuk menentukan kelayakan Anda. Apakah kebiasaan merokok membuat Anda didiskualifikasi sebagai pendonor darah? Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut.

Buka di app