Mengapa Kolesterol Dibutuhkan oleh Tubuh?

Dipublish tanggal: Jul 18, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Mengapa Kolesterol Dibutuhkan oleh Tubuh?

Dengan semua berita buruk mengenai kolesterol, orang sering terkejut mengetahui bahwa kolesterol itu sebenarnya diperlukan oleh tubuh kita.

Yang juga mengejutkan adalah tubuh kita memproduksi kolesterol secara alami. Kolesterol tidak semuanya baik, juga tidak semuanya buruk. Mari simak lebih lanjut mengenai informasi kolesterol.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Kolestrol via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 29

Apa itu kolesterol?

Kolesterol adalah zat yang dibuat dalam hati yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Anda juga bisa mendapatkan kolesterol melalui makanan. Karena tidak dapat dibuat oleh tanaman, Anda hanya dapat menemukannya di produk hewani seperti daging dan susu.

Dalam tubuh kita, kolesterol memiliki tiga tujuan utama, yaitu:

  • Membantu dalam produksi hormon seks.
  • Sebagai blok bangunan untuk jaringan manusia.
  • Membantu dalam produksi empedu di hati.

LDL vs HDL

Ketika orang berbicara tentang kolesterol, mereka sering menggunakan istilah LDL dan HDL. Keduanya adalah lipoprotein, yang merupakan senyawa yang terbuat dari lemak dan protein yang bertanggung jawab untuk membawa kolesterol ke seluruh tubuh dalam darah.

LDL adalah lipoprotein densitas rendah, sering disebut kolesterol "jahat". HDL adalah lipoprotein densitas tinggi, atau kolesterol "baik". 

Mengapa LDL buruk?

LDL dikenal sebagai kolesterol "jahat" karena terlalu banyak kolesterol ini dapat menyebabkan pengerasan pada pembuluh darah.

Menurut American Heart Association, LDL mengarah ke akumulasi plak pada dinding arteri Anda. Ketika plak ini menumpuk, hal ini dapat menyebabkan dua masalah yang terpisah dan sama buruknya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Kolestrol via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 29

Pertama, kondisi ini dapat mempersempit pembuluh darah, menekan aliran darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh. Kedua, dapat menyebabkan gumpalan darah, yang dapat terlepas dan menghambat aliran darah, menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Ketika datang ke angka kolesterol Anda, LDL Anda harus berada dalam kadar rendah - idealnya kurang dari 100 miligram per desiliter (mg / dL).

Mengapa HDL bagus?

HDL membantu menjaga kesehatan sistem kardiovaskular Anda. Kolesterol HDL ini sebenarnya membantu dalam penghapusan LDL dari arteri.

Kolesterol ini membawa kolesterol jahat kembali ke hati, di mana itu dipecah dan dihilangkan dari tubuh.

HDL tingkat tinggi juga terbukti melindungi terhadap stroke dan serangan jantung, sementara HDL rendah terbukti meningkatkan risiko tersebut.

Menurut National Institutes of Health (NIH), kadar HDL 60 mg / dL dan lebih tinggi dianggap protektif, sementara mereka yang di bawah 40 mg / dL memiliki faktor risiko penyakit jantung.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Goal total kolesterol

Ketika kolesterol Anda diperiksa, Anda akan menerima pengukuran untuk HDL dan LDL Anda, tetapi juga untuk kolesterol total dan trigliserida.

Tingkat kolesterol total yang ideal lebih rendah dari 200 mg / dL. Kadar antara 200 dan 239 mg / dL adalah batasan, dan kadar di atas 240 mg / dL tergolong tinggi.

Trigliserida adalah jenis lemak lain dalam darah Anda. Seperti halnya kolesterol, terlalu banyak trigliserida dalam tubuh adalah hal yang buruk. 

Trigliserida tinggi biasanya menyertai kolesterol tinggi dan dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Tetapi tidak jelas apakah trigliserida tinggi merupakan faktor risiko.

Dokter umumnya menimbang pentingnya jumlah trigliserida Anda terhadap pengukuran lain seperti obesitas, kadar kolesterol, dan banyak lagi.

Rutin monitor kadar kolesterol dalam tubuh

Ada beberapa hal yang memengaruhi angka kolesterol Anda - beberapa di antaranya dapat Anda kendalikan. Sementara faktor keturunan mungkin juga berperan, demikian juga diet, berat badan, dan olahraga.

Mengonsumsi makanan yang rendah kolesterol dan lemak jenuh, berolahraga secara teratur, dan mengatur berat badan, semua hal ini akan bermanfaat dalam menjaga kolesterol lebih rendah dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app