Mengapa Harus Menjauhkan Anak-anak dari Asap Rokok?

Dipublish tanggal: Jun 21, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Tinjau pada Sep 4, 2019 Waktu baca: 2 menit
Mengapa Harus Menjauhkan Anak-anak dari Asap Rokok?

Kerugian akibat kegiatan merokok tidak hanya dialami oleh perokok saja atau perokok aktif. Namun juga sangat berpengaruh terhadap orang yang terpapar oleh asap rokok yang Anda keluarkan, mereka adalah perokok pasif. Hal tersebut semakin berisiko tinggi terhadap kesehatan jika korban yang terpapar adalah anak-anak.

Belum berfungsinya berbagai organ tubuh pada bayi dan anak-anak menjadi salah satu alasan mengapa mereka harus jauh dari asap rokok. 

Iklan dari HonestDocs
Dermal Fillers Treatment di Reface Clinic

Dermal Filler merupakan perawatan wajah yang berfungsi untuk memperbaiki area tertentu yang memang diperlukan. Misalnya, untuk membantu mengatasi kerutan, garis halus atau cekungan yang disebabkan penuaan, meratakan tekstur dan menghaluskan kulit, hingga menghilangkan bekas luka. Perawatan wajah ini dilakukan dengan menyuntikan cairan seperti asam hialuronat atau kolagen, maupun zat sintesis kebagian wajah yang bermasalah, Contohnya pipi,hidung,bibir,rahang,dagu,area sekitar muka, dan lainnya. Perawatan dermal filler akan menjadikan wajah menjadi lebih berisi sehingga keriput atau garis-garis halus jadi tersamarkan.

Dermal fillers treatment di reface clinic

Sebab terdapat beberapa risiko kesehatan yang akan dialami dengan cepat pada tubuh anak-anak seperti alergi, gangguan pernafasan, iritasi mata dan pada sejumlah bayi terdapat kemungkinan sindrom yang menyebabkan bayi meninggal secara tiba-tiba.

Rokok menjadi salah satu kumpulan zat yang bisa memberikan peluang lebih besar terhadap timbulnya penyakit kronis di masa depan. Hal itu semakin didukung oleh adanya berbagai penelitian jika paparan asap rokok kepada anak-anak merupakan kelalaian terbesar para orangtua.

Mengapa anda perlu menghindarkan interaksi anak dengan asap rokok? Simak penjelasannya berikut ini.

Karena Ruangan di Rumah Anda

Ketika Anda merokok di dalam rumah maka konsentrasi asap rokok menyebar pada hampir setiap sudut rumah. Sehingga udara tersebut dipenuhi dengan asap berbahaya seperti karbon monoksida, zat karsinogenik dan zat kimia yang paling merusak adalah penyebaran nikotin.

Dengan demikian Anda tidak boleh merokok di dalam rumah, hal tersebut perlu dilakukan supaya anak-anak yang berada di rumah tidak terkonsentrasi untuk menghirup asap yang merugikan sehingga bersemayam di dalam tubuh.

Karena Nikotin Masih Bersama Anda

Ternyata selain menyebar melalui udara ruangan, asap rokok menjadi salah satu asap mematikan yang menempel di berbagai tempat. Tak hanya pada berbagai barang, namun juga menempel pada pakaian, rambut badan dan tentu saja di area tangan.

Iklan dari HonestDocs
Derma Filler Wajah Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk meninggikan hidung, membentuk dagu supaya lebih Vshape, membentuk bibir supaya lebih menawan, dan menghilangkan kantung mata. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Derma filler wajah di genese clinic

Dengan demikian hindari kontak langsung dengan anak-anak, tepat setelah anda merokok. Apalagi hal tersebut sangat merugikan terhadap kesehatan bayi. Cuci tangan, mandi dan mengganti pakaian menjadi salah satu cara ampuh untuk mengurangi kerugian interaksi rokok pada anak-anak.

Karena Masa Depan Anak-Anak Perlu Dilindungi

Sejak dalam kandungan, Anda begitu menjaganya dengan baik. Apalagi yang berkaitan dengan segala sesuatu yang membahayakan. Dengan demikian kiranya tidak baik bagi ibu hamil yang menjadi perokok aktif. Dimana nikotin di dalam tubuhnya bisa masuk ke dalam tubuh bayi melalui jalur plasenta.

Sehingga anak Anda telah menjadi perokok pasif sejak masih berada d dalam kandungan. Sedangkan orangtua dengan kegiatan perokok aktif dapat meningkatkan risiko anak lahir cacat dan kurangnya kemampuan kognitif.

Karena Anda Harus Peduli

Diakui ataupun tidak tentang bahaya rokok yang tidak hanya mengancam kesehatan perokoknya saja namun semua orang termasuk anggota keluarga. Dimana Anda bisa memberikan risiko kesehatan yang buruk pada keluarga yang sering tidak disadari oleh para perokok itu sendiri.

Kepedulian yang harus Anda miliki adalah mulai menjauhkan rokok dari anak-anak. Kemudian Anda juga harus berencana untuk segera melepaskan diri dari pengaruh rokok itu sendiri.

Karena Anak-Anak Merupakan Investasi Masa Depan

Anda sebagai orangtua wajib memberikan kecukupan pangan, pendidikan dan kasih sayang. Hal tersebut memiliki dampak yang signifikan terhadap perilaku anak di masa depan. 

Tentu saja ia akan bangga memiliki orangtua yang hebat di masa kini dan tanpa pengaruh rokok. Karena baik disadari atau tidak, rokok akan memperpendek usia normal manusia akibat berbagai produk kimia yang dimilikinya.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Keeping Your Kids Tobacco-free. American Cancer Society. (https://www.cancer.org/healthy/stay-away-from-tobacco/keeping-your-kids-tobacco-free.html)
How We Can Protect Our Children from Secondhand Smoke: A Parent's Guide. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (https://www.cdc.gov/tobacco/basic_information/secondhand_smoke/protect_children/native-american-population/index.html)
Kids and Smoking (for Parents). Nemours KidsHealth. (https://kidshealth.org/en/parents/smoking.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app