Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Mebhydrolin: Manfaat, Efek Samping dan, Dosis

Update terakhir: Mar 15, 2019 Tinjau pada Mar 28, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.011.145 orang

Mebhydrolin merupakan obat golongan antihistamin yang digunakan untuk meredakan gejala alergi, seperti mata, hidung berair, gatal, serta bersin-bersin. Mebhydrolin disarankan untuk diberikan bersama dengan makanan yaitu pada saat keadaan perut terisi, dapat diminum segera setelah atau pada saat makan. 

Mebhydroline memiliki bentuk sediaan yang bermacam-macam, seperti tablet 50 mg, tablet salut selaput, kapsul, dan suspensi 50 mg/5 mL. Tablet mebhydrolin salut selaput harus dikonsumsi secara utuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Jangan membelah, mengunyah, ataupun menggerus obat, karena dapat mengubah efektivitas obat, sedangkan Mebhydrolin dalam bentuk suspensi harus dikocok terlebih dahulu sebelum diminum. Disarankan untuk menggunakan sendok takar pada kemasan obat, jangan menggunakan sendok biasa karena dosisnya akan berbeda dari yang diresepkan. 

Direkomendasikan untuk memberitahukan atau berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika sedang menggunakan jenis obat-obatan lain, termasuk suplemen dan produk herbal. Hindari penggunaan mebhydrolin pada bayi yang baru lahir.

Obat mebhydrolin tidak boleh dikonsumsi saat serangan asma terjadi, pasien lansia perlu pengawasan dokter jika mengonsumsi obat ini.

Cara kerja obat Mebhydrolin

Mebhydrolin adalah antihistamin atau antialergi yang memiliki mekanisme kerja dengan mengurangi dan mencegah efek histamine, zat alami tubuh penyebab munculnya reaksi alergi. Kadar histamin yang berkurang akan menurunkan gejala alergi sampai alergi mereda.

Manfaat dan efek samping obat Mebhydrolin

Mebhydrolin bermanfaat untuk meredakan gejala alergi, seperti alergi pada mata, hidung berair, gatal, serta bersin-bersin. Seperti obat lain pada umumnya, Mebhydrolin  juga memiliki potensi efek samping.

Efek samping yang mungkin terjadi adalah mulai depresi sistem saraf pusat, stimulasi paradox (dosis tinggi, anak-anak atau lansia), sakit kepala, gangguan psikomotor, mulut kering, sekresi saluran pernapasan menebal, penglihatan kabur, kesulitan kencing atau retensi, konstipasi atau sembelit, peningkatan refluks lambung, mual, muntah, diare, nyeri ulu hati. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Efek samping yang jarang terjadi seperti gangguan darah, konvulsi atau kejang, berkeringat, tremor atau gemetar, efek ekstrapiramidal (EPS), gangguan tidur, depresi, kebingungan, hipotensi, dan kerontokan rambut

Efek samping yang berpotensi fatal yaitu anafilaksis (reaksi alergi yang tergolong berat karena dapat mengancam jiwa). Tidak semua orang mengalami efek samping tersebut, namun apabila anda mengalami keluhan seperti ini, segera hubungi dokter atau petugas medis terdekat.

Mebhydrolin dikontraindikasikan untuk bayi prematur dan neonatus, dan serangan asma akut.

Dosis obat Mebhydrolin

  • Dosis mebhydrolin dalam kondisi alergi dapat diberikan pada orang dewasa adalah 100-300 mg/hari. 
  • Untuk anak berumur < 2 Tahun, dosis mebhydrolin dapat diberikan pada dosis 50-100 mg/hari. 
  • Untuk anak berumur 2-5 tahun, dosis mebhydrolin dapat diberikan pada dosis 50-150 mg/hari. 
  • Untuk anak berumur 5-10 tahun, dosis mebhydrolin dapat diberikan pada dosis 100-200 mg/hari. 
  • Untuk anak > 10 tahun, dosis mebhydrolin dapat diberikan pada dosis 100-300 mg/hari.

Peringatan dan perhatian obat Mebhydrolin 

Mebhydroline tidak disarankan untuk digunakan kepada pasien yang memiliki alergi atau reaksi hipersensitivitas terhadap obat ini. Penggunaan harap berhati-hati pada penderita glaukoma sudut tertutup, retensi urin, pembesaran kelenjar prostat, penyempitan rongga lambung dan usus 12 jari, epilepsi, tua, kehamilan, dan dapat mengganggu kemampuan mengemudi atau mengoperasikan mesin.

Mebhydroline dapat mengganggu tes kulit alergi dengan menekan respon histamine kutaneus terhadap ekstrak alergen. 

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan mebhydrolin pada ibu hamil atau menyusui, sebelum menggunakan obat ini sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi dan instruksi penyimpanan obat Mebhydroline 

Mebhydroline dapat berinteraksi dengan alkohol atau depresan sistem saraf pusat lainnya dengan meningkatkan efek sedasi atau efek mengantuk. Penggunaan bersamaan mebhydroline bersamaan dengan MAOI, atropin, antidepresan trisiklik dengan meningkatkan efek antimuskarinik aditif (misalnya mulut kering, jantung berdebar, penglihatan kabur). Dapat menyamarkan gejala peringatan yang disebabkan oleh agen ototoksik, misalnya antibiotic aminoglikosida.

Mebhydrolin dapat disimpan pada suhu disimpan pada suhu ruangan (25 o C). Hindarkan dari paparan sinar matahari langsung dan tempat lembab. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan.

Berbagai merek obat dari Mebhydroline memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Ikuti instruksi penyimpanan pada kemasan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp