Penuhi Kebutuhan Vitamin C Saat Puasa, Ini Manfaatnya

Dipublish tanggal: Mar 26, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Penuhi Kebutuhan Vitamin C Saat Puasa, Ini Manfaatnya

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Tubuh mengalami beragam perubahan untuk menyesuaikan dengan pola makan yang baru saat berpuasa, sehingga tubuh gampang lemas atau sakit.
  • Vitamin C dapat membantu memproduksi sel darah putih yang bertugas melawan penyakit, sehingga kekebalan tubuh jadi meningkat.
  • Vitamin C mampu menjaga fungsi sel dan jaringan otak agar tetap optimal, sehingga membantu meningkatkan konsentrasi saat puasa.
  • Hanya dengan mengonsumsi 100 mg vitamin C saja sudah dapat meningkatkan penyerapan zat besi sebesar 67%.
  • Tubuh rentan terserang berbagai penyakit saat puasa, salah satunya pilek. Asupan vitamin C akan membantu mengurangi keparahan pilek.
  • Berbagai jenis makanan sumber vitamin C adalah jeruk, jambu biji, brokoli, bayam, pepaya, kembang kol, paprika, dan cabai.
  • Bila perlu, jaga selalu kesehatan Anda dengan minum vitamin dan suplemen vitamin C yang tersedia di HDmall. Beli sekarang di sini.

Memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari sangat penting dilakukan. Utamanya saat berpuasa, momen di mana tubuh rentan mengalami kekurangan vitamin dan mineral akibat jam makan yang berkurang. Nah, supaya tubuh tetap sehat selama berpuasa, pastikan menu sahur dan buka puasa Anda selalu mengandung nutrisi lengkap, salah satunya vitamin C. Memangnya, apa saja manfaat vitamin C saat puasa? 

Manfaat vitamin C saat puasa

Selama bulan Ramadhan, tubuh akan mengalami berbagai macam perubahan untuk menyesuaikan dengan pola makan yang baru saat berpuasa. Hal inilah yang kerap membuat Anda merasa gampang lemas atau jatuh sakit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Nah, di sinilah pentingnya asupan vitamin C saat puasa. Berikut sejumlah manfaat vitamin C saat puasa, antara lain:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Saat berpuasa, perubahan pola makan dan jam tidur membuat kekebalan tubuh menurun. Nah, sudah saatnya Anda butuh vitamin C saat puasa.

Salah satu manfaat vitamin C adalah meningkatkan kekebalan tubuh, terutama saat Anda harus beraktivitas penuh di bulan Ramadhan. Pasalnya, vitamin C dapat membantu memproduksi sel darah putih yang bertugas melawan penyakit.

Selain itu, vitamin C juga mampu melindungi tubuh Anda dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Vitamin yang terkandung dalam jeruk ini juga dapat membantu mempercepat penyembuhan, lho!

Baca Juga: Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Kulit

2. Meningkatkan konsentrasi dan daya ingat

Wajar saja bila Anda merasa susah fokus saat belajar atau bekerja di bulan puasa. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh kurangnya asupan makanan dan minuman selama berjam-jam berpuasa, sehingga otak pun kekurangan nutrisi untuk bisa berpikir jernih.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Asupan vitamin C yang cukup dapat membantu menjaga fungsi sel dan jaringan otak agar tetap berjalan optimal. Maka itu, pastikan Anda mengonsumsi berbagai jenis makanan mengandung vitamin C saat sahur agar siap dan fokus menjalani hari-hari di bulan puasa.

3. Membantu mencegah kekurangan zat besi

Zat besi merupakan salah satu nutrisi penting yang memiliki banyak peran bagi tubuh. Mulai dari memproduksi sel darah merah hingga membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Salah satu manfaat vitamin C saat puasa adalah membantu mencegah kekurangan zat besi. Jenis vitamin larut air ini akan mengubah zat besi yang sulit diserap menjadi bentuk yang lebih mudah diserap. 

Hanya dengan mengonsumsi 100 mg vitamin C saja sudah dapat meningkatkan penyerapan zat besi sebesar 67%. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari risiko anemia kekurangan zat besi saat sedang berpuasa.

Baca Juga: Waspadai 4 Tanda dan Gejala Kekurangan Vitamin Saat Puasa

4. Mencegah pilek

Karena sistem imun cenderung menurun, tubuh rentan terserang berbagai penyakit saat puasa. Salah satunya pilek.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Begitu mulai muncul tanda-tanda pilek, cobalah konsumsi makanan sumber vitamin C. Pasalnya, vitamin ini mampu mengurangi keparahan pilek dan mempercepat penyembuhannya hingga 8% pada orang dewasa dan 14% pada anak-anak. 

Sumber asupan vitamin C saat puasa

Karena sifatnya larut air, vitamin C tidak bisa bertahan lama dalam tubuh. Agar jumlahnya tetap seimbang, Anda perlu mengonsumsi makanan sumber vitamin C supaya terhindar dari risiko kekurangan vitamin C saat puasa.

Ada banyak jenis makanan sumber vitamin C yang baik dikonsumsi saat puasa, yaitu:

  • Jeruk
  • Jambu biji
  • Brokoli
  • Bayam
  • Pepaya
  • Kembang kol
  • Paprika
  • Cabai

Bila perlu, Anda boleh juga mengonsumsi suplemen vitamin C. Akan tetapi, sebelum minum vitamin C saat puasa, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter untuk menyesuaikan dosis suplemen dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: Minum Vitamin Saat Puasa, Ini Hal yang Harus Diperhatikan

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Medizinische Monatsschrift fur Pharmazeuten. Vitamin C and immune function. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19263912). 2009.
Livestrong. How to Take Vitamins While Fasting. (https://www.livestrong.com/article/262739-how-to-take-vitamins-while-fasting/). 2 Agustus 2019.
Cleveland Clinic. The Benefits of Vitamin C: Why Your Child Needs It. (https://health.clevelandclinic.org/the-benefits-of-vitamin-c-why-your-child-needs-it/). 7 Desember 2017.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app