Makanan dan Diet Sehat

7 Manfaat Oatmeal yang Jarang Diketahui

Dipublish tanggal: Apr 30, 2020 Update terakhir: Mei 14, 2020 Waktu baca: 3 menit
7 Manfaat Oatmeal yang Jarang Diketahui

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Oatmeal adalah salah satu menu sarapan pagi yang sehat karena mengandung banyak nutrisi penting bagi kesehatan tubuh, termasuk vitamin dan mineral. Beberapa kandungan nutrisi dalam semangkuk oatmeal adalah magnesium, zat besi, fosfor, zinc, folat, protein, serat, hingga vitamin B1 dan B5
  • Salah satu manfaat oatmeal adalah menjaga kesehatan saluran cerna dengan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dan kandungan serat di dalamnya membantu mencegah terjadinya gangguan pencernaan seperti sembelit
  • Manfaat oatmeal lainnya adalah menjaga kadar gula darah dan kolesterol sekaligus menjaga kesehatan jantung, serta mengurangi risiko penyakit asma pada anak-anak
  • Dengan kandungan serat pada oatmeal juga sangat baik dikonsumsi untuk orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan atau demi menjaga berat badan ideal karena oatmeal dapat memberi rasa kenyang lebih lama

Selain roti, susu, sereal, ataupun bubur ayam, salah satu menu makan yang bisa dijadikan menu sarapan sehat adalah oatmeal. Begitu banyak manfaat oatmeal yang bisa kita rasakan sebab memang makanan yang terbuat dari gandum utuh ini memiliki beragam kandungan dan nutrisi penting untuk kesehatan. Tetapi ada pula beberapa produk oatmeal (oats) yang mengandung gula dan sodium tinggi, sehingga perlu diperhatikan kembali komposisi yang ada dalam kemasan.

Apa itu oatmeal?

Oatmeal atau dikenal juga dengan istilah oats atau havermut ini merupakan salah satu menu makanan sehat yang kaya nutrisi karena mengandung banyak vitamin dan mineral namun rendah kalori. Makanan rendah kalori umumnya penuh dengan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, tetapi dapat pula membantu menjaga kestabilan berat badan. Beberapa kandungan oat antara lain magnesium, zat besi, fosfor, zinc, folat, protein, serat, hingga vitamin B1 dan B5.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Selain dikenal sebagai menu makanan sehat, semangkuk oatmeal juga dapat dinikmati bersama bahan sehat lainnya, seperti tambahan kacang almond, kacang kenari, buah kering, atau tambahan susu favorit sehingga oatmeal akan terasa lebih nikmat dan meningkatkan manfaat kesehatan yang dimiliki.

Baca juga: 10 Menu Sarapan Pagi Terbaik Bagi Kesehatan

7 Manfaat oatmeal untuk kesehatan

1. Menjaga kesehatan saluran cerna

Oatmeal dengan kandungan serat larut beta-glucan membentuk zat seperti gel ketika dilarutkan dengan air sehingga dapat membantu melapisi perut dan saluran pencernaan. Hal itu juga mempengaruhi peningkatan pertumbuhan bakteri baik dalam usus untuk menjaga kesehatan saluran cerna.

Manfaat oatmeal lainnya terkait sistem pencernaan adalah untuk mencegah terjadinya gangguan pencernaan seperti sembelit atau konstipasi yang dikarenakan adanya kandungan serat larut dan serat tidak larut yang ada pada havermout.

2. Mengontrol kadar gula darah

Secara umum, manfaat oatmeal yang mengandung serat larut beta-glucan berfungsi untuk meningkatkan respon hormon insulin dalam mengontrol kadar gula darah. Oleh karena itu, para penderita diabetes tipe 2 disarankan untuk mengonsumsi oatmeal sebagai menu sarapan pagi yang menyehatkan.

3. Menjaga kadar kolesterol

Dengan mengonsumsi oat diperkirakan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menjaga kadar kolesterol total. Hal ini disebabkan karena kandungan beta-glucan pada oatmeal yang juga dapat menurunkan kadar kolesetrol jahat (LDL).

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

4. Mengandung antioksidan

Manfaat oatmeal dengan gandum utuh mengandung antioksidan yang tinggi khususnya polifenol sehingga dapat membantu meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Antioksidan polifenol yang merupakan senyawa nabati yang kaya akan avenanthramides dapat memberikan manfaat kesehatan seperti menurunkan tekanan darah, memperlancar peredaran darah, dan mengurangi peradangan, mencegah iritasi kulit ataupun rasa gatal, serta menjaga kesehatan jantung.

5. Menjaga berat badan

Kandungan serat larut yang terdapat pada oatmeal (havermut) sangat penting untuk mempertahankan rasa kenyang lebih lama dalam perut. Hal tersebut juga baik bagi mereka yang sedang dalam program penurunan berat badan atau demi menjaga berat badan ideal. Penelitian juga menyebutkan bahwa efek makan oatmeal bisa mengurangi keinginan untuk makan dan menahan lapar hingga 4 jam sehingga khasiat oatmeal sangat terasa bagi Anda yang ingin menjaga berat badan.

6. Mengurangi risiko penyakit asma

Penyakit asma merupakan penyakit kronis bawaan yang cukup sering dialami anak-anak. Beberapa gejala asma antara lain batuk terus menerus, suara mengi, dan sesak nafas. Untuk mencegah atau mengurangi risiko penyakit asma pada anak-anak, pengenalan pada makanan berbahan gandum seperti oatmeal dirasa perlu ketika bayi masih berada di bawah usia 6 bulan.

Asma sendiri terjadi akibat adanya peradangan pada saluran pernapasan yang mengalirkan udara dari dan ke paru-paru. Selain oatmeal, makanan lain yang dapat mengurangi risiko asma adalah sereal gandum, ikan, dan telur.

7. Menurunkan risiko kanker

Salah satu manfaat oatmeal yang bisa dirasakan adalah menurunkan risiko kanker, dalam kasus ini adalah kanker usus besar. Oatmeal yang memiliki serat tinggi terbukti bisa menurunkan risiko kanker usus besar. Hal ini juga terbukti dari berbagai macam penelitian yang sudah dilakukan akhir-akhir ini.

Baca juga: Menyadari Bahaya dan Cara Mengobati Penyakit Asma

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
WebMD. Oatmeal: Tasty, Healthy, Quick. (https://www.webmd.com/diet/oatmeal-benefits#1)
Medicalnewstoday. What are the benefits of oatmeal? (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324176#managing-weight)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app