Makanan dan Diet Sehat

​Manfaat Makan Kurma Saat Puasa Bagi Kesehatan

Dipublish tanggal: Apr 17, 2020 Update terakhir: Apr 21, 2020 Waktu baca: 2 menit
​Manfaat Makan Kurma Saat Puasa Bagi Kesehatan

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Kurma adalah salah satu makanan favorit yang dikonsumsi saat sahur atau yang selalu disediakan dalam menu buka puasa selama bulan Ramadan
  • Beragam kandungan karbohidrat, serat, protein, mineral, dan vitamin pada kurma menjadikannya salah satu makanan sehat yang baik bagi kesehatan
  • Jika kurma dikonsumsi sebagai menu sahur sehat, maka kandungan kalori yang terdapat di dalamnya dapat menjadi sumber energi bagi tubuh dalam beraktivitas sepanjang hari saat puasa
  • Umumnya buah kurma dikonsumsi satu buah saat sahur dan buka puasa. Karena meskipun bermanfaat, tetapi jumlah yang dikonsumsi tetap harus dibatasi terutama bagi para penderita diabetes

Buah kurma merupakan salah satu makanan favorit dan khas yang ada di bulan Ramadan, termasuk saat puasa. Hal ini dikarenakan buah kurma memiliki berbagai kandungan penting seperti karbohidrat, serat, protein, kalium, magnesium, glukosa, serta vitamin.

Rasanya yang manis dan tekstur buah yang lembut pun menjadi alasan mengapa banyak orang menyukai buah kurma. Umumnya umat Islam mengonsumsi satu buah kurma sebagai salah satu makanan pembuka menu buka puasa. Tetapi tidak jarang juga buah kurma dikonsumsi ketika sahur untuk mengurangi rasa lapar saat berpuasa dan menjaga energi tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Manfaat makan kurma saat puasa bagi kesehatan 

1. Sebagai sumber energi

Dengan berpuasa sepanjang hari dan tidak mengonsumsi apapun, tentu nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk tetap beraktivitas akan berkurang. Salah satu solusi yang tepat dan sehat adalah mengonsumsi buah kurma saat sahur dan dalam menu buka puasa. Karena kandungan kalori dan karbohidrat pada kurma akan membantu menambah energi tubuh.

Tak hanya sebagai sumber energi, jika dikonsumsi dalam menu buka puasa kurma yang juga mengandung air dapat mencegah dehidrasi dan membantu menambah cairan tubuh yang hilang selama puasa.

2. Kaya serat untuk melancarkan sistem pencernaan

Buah kurma yang dikonsumsi saat bulan puasa juga baik untuk melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Hal tersebut dikarenakan kandungan serat pada kurma dapat menjaga kesehatan usus dan saluran cerna, termasuk mencegah diare. Selain itu, kandungan serat pada kurma yang diolah tubuh secara optimal akan membantu meningkatkan rasa kenyang lebih lama.

Baca juga: Jenis Makanan Tinggi Serat yang Baik Dikonsumsi Rutin

3. Mengandung antioksidan untuk menjaga sistem imun tubuh

Kandungan polifenol yang terdapat pada kurma cenderung lebih banyak dibandingkan yang ada pada buah lainnya. Polifenol sendiri merupakan senyawa antioksidan yang dapat membantu tubuh mencegah peradangan (inflamasi) serta menjaga sistem imun tubuh.

Selain itu, antioksidan yang terkandung pada kurma juga dapat melindungi tubuh dari efek radikal bebas yang bisa berasal dari sinar matahari berlebih, asap rokok, ataupun infeksi. Karena efek radikal bebas yang berlebihan pada tubuh juga dapat merusak sel tubuh dan menjadi salah satu penyebab penyakit kanker.

Apalagi bulan puasa saat ini bersamaan dengan pandemi Covid-19 yang masih terjadi sehingga daya tahan tubuh harus dijaga dengan baik untuk mencegah penyakit ataupun infeksi virus Covid-19. Maka dari itu, dengan mengonsumsi makanan sehat seperti kurma sebagai salah satu menu puka buasa sangat dianjurkan.

Meski mengandung banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, tetapi buah kurma cukup dikonsumsi dalam batas wajar. Hal tersebut dikarenakan kadar gula pada kurma yang cukup tinggi sehingga pembatasan asupan gula secara keseluruhan harus diperhatikan terutama bagi penderita riwayat penyakit diabetes atau kencing manis. 

Baca Selengkapnya: 5 Menu Buka puasa untuk Penderita Diabetes yang Sehat

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Verywellfit. Dates Nutrition Facts: Calories, Carbs, and Health Benefits. (https://www.verywellfit.com/dates-nutrition-facts-calories-and-their-health-benefits-4110158)
Healthline. 8 Proven Health Benefits of Dates. (https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-dates)
Medicalnewstoday. Are dates good for you? Benefits and nutrition. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322548.php)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app